Selasa, Januari 18, 2022
BerandaBerita PangandaranWarga Cijalu Pangandaran Dikejutkan Penemuan Bunga Bangkai

Warga Cijalu Pangandaran Dikejutkan Penemuan Bunga Bangkai

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com).- Warga Dusun Cijalu, Desa Langkaplancar, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran menemukan bunga bangkai yang tumbuh subur di Gunung Cijalu.

Tokoh Pemuda Desa Langkaplancar, Ijang, mengatakan, bunga bangkai atau bunga raflesia arnoldi pertama kali ditemukan warga bernama Dahori ketika hendak pergi ke kebun.

Menurut Ijang, Dahori kaget ketika menemukan bunga dengan ukuran tinggi 40 centimeter dan lebar sekitar 12 centimeter yang mekar di Gunung Cijalu.

“Karena khawatir ada orang yang merusak bunga itu, akhirnya saya beserta warga lainnya berinisiatip memindahkan bunga itu ke pekarangan rumah biar lebih aman,” ucapnya, Sabtu (14/11/2020).

Bunga yang tergolong langka ini menjadi perhatian masyarakat sekitar. Tidak sedikit masyarakat yang datang hanya ingin melihat bunga itu dari dekat.

“Bunga seperti ini baru pertama kali ditemukan di daerah ini. Maka tidak heran jika masyarakat penasaran ingin melihat dari dekat,” katanya.

Ijang mengungkapkan, bunga tersebut ditemukan 4 hari lalu, namun baru mekar hari ini.

“Selain bunga ini, sepertinya adalagi bunga yang tumbuh di sekitar bunga ini ditemukan. Karena ada bunga lain berkuruan lebih kecil yang tumbuh  dan belum mekar,” imbuhnya.

Karena sekarang sedang marak masyarakat yang memburu tanaman hias, maka ia berniat memindahkan kembali bunga-bunga tersebut ke pekarangan.

“Saya akan memindahkan bunga-bunga bangkai itu dan akan saya bawa kesini, biar lebih ama. Dan kalau masyarakat atau anak-anak ingin melihatnya, jadi lebih gampang, tanpa harus menaiki gunung,” pungkasnya. (Cenk/R4/HR-Online)

Editor : Deni Supendi

- Advertisment -