Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita CiamisWarga Janggala Ciamis Tangkap Ular Sanca Pemangsa Dua Ekor Merpati

Warga Janggala Ciamis Tangkap Ular Sanca Pemangsa Dua Ekor Merpati

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Warga Lingkungan Janggala, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, berhasil tangkap ular sanca manuk yang telah memangsa dua ekor merpati, Senin (2/11/2020).

Ular sanca dengan panjang 3 meter ini terjebak dalam kandang karena tidak bisa keluar setelah perutnya membuncit usai memakan merpati. Warga sekitar kaget dengan adanya ular sanca dalam kandang, karena ini baru pertama kali terjadi di wilayah perkotaan Ciamis.

Dede Koko, pemilik kandang merpati, mengaku sangat kaget ketika hendak memberikan pakan burung merpatinya. Dari kejauhan sudah tidak terlihat dua burung tersebut, ternyata ada ular sanca besar yang memakannya.

“Saya kaget ada ular sanca dalam kandang. Tapi ular tersebut hanya diam saja mungkin kenyang setelah memakan dua ekor burung merpati,” ujar Dede Koko.

Karena sempat berpengalaman dalam menangani ular sanca sejak dalam perantauan, Dede berhasil tangkap ular sanca ini sendirian.  Ular tersebut tidak melawan dan dengan mudah Dede memasukan ular sanca ini ke dalam karung.

“Waktu dulu pernah menemukan ular seperti ini bahkan lebih besar, waktu sedang bekerja sebagai perantau. Jadi ada pengalaman, dengan tata cara tertentu saya berhasil mengamankan ular ini dan tidak melilit sama sekali,” katanya.  

Kemungkinan besar, ular sanca manuk ini berasal dari Sungai Cileueur yang tak jauh dari permukiman warga. Karena biasanya pada musim hujan, ular tersebut biasa keluar dari sarangnya untuk mencari mangsa. Namun kebetulan saat ini mangsanya adalah merpati dalam kandang.

“ setelah tangkap ular sanca ini, sementara akan menyimpan ular ini, tapi kalau ada yang mau silahkan datang saja. Kerugian untuk merpati ya ada karena sudah mati. sempat memakannya tapi mengeluarkannya lagi,” jelasnya. (Dang/R9/HR-Online/Editor: Dadang)

- Advertisment -