3 Bulan Pupuk Subsidi Langka, Petani di Tambaksari Ciamis Mengeluh

Petani Tambaksari Ciamis
Ilustrasi pupuk subsidi langka. Foto: Ist/Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pupuk subsidi sejak tiga bulan terakhir sulit didapat, petani di wilayah Desa/Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengeluh. Pasalnya, kelangkaan pupuk subsidi, mengakibatkan, para petani terpaksa harus membeli pupuk Non Subsidi yang harganya mahal. 

Dedis, petani dari Tambaksari, mengatakan, menjelang masa tanam, para petani kesulitan mendapat pupuk subsidi. Kondisi kelangkaan pupuk subsidi dirasakan sejak tiga bulan terakhir. Akibat adanya kelangkaan ini petani terpaksa harus membeli pupuk non Subsidi yang harganya mahal. 

“Padahal pupuk sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas tanaman padi. Semua petani butuh pupuk untuk meningkatkan produktivitas,” katanya, Sabtu (5/12/2020).

Menurut Dedis, kelangkaan pupuk bersubsidi sangat merugikan para petani, karena jika tanaman tidak dipupuk hasil panen tidak akan maksimal. 

“Banyak juga keluhan dari para petani lainnya, bukan hanya saya saja. Karena sulit untuk  mendapatkan pupuk bersubsidi,” ucapnya.

Dedis berharap Dinas terkait dapat mengajukan penambahan anggaran pupuk subsidi. Sehingga Pemerintah cepat merespon kelangkaan pupuk yang sudah terjadi sejak tiga bulan terakhir.

“Kalau pupuk bersubsidi langka berarti ada pengurangan anggaran pengadaan pupuk subsidi dibanding tahun sebelumnya,” katanya. (Edji/R7/HR-Online)

Editor: Ndu

Aegis Boost Pro