Abrasi Sungai Ciputrahaji Terus Meluas, Ancam Puluhan Rumah

Abrasi Sungai Ciputrahaji Terus Meluas, Ancam Puluhan Rumah
Abrasi sungai Ciputahaji terus meluas, bahkan kini bahu tanggul yang ada di Dusun Cikohkol, Desa Sukasari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis ambrol dan mengancam puluhan rumah warga. Foto:Suherman/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Gerusan sungai Ciputrahaji terus meluas, bahkan kini bahu tanggul yang ada di Dusun Cikohkol, Desa Sukasari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis ambrol.

Selain itu, geusan juga mengancam sebuah warung dan puluhan rumah warga.

Yati, pemilik warung mengatakan. longsoran tebing sungai Ciputrahaji yang berada di belakang warungnya tersebut terus mengalami peningkatan.

Bahkan kini tinggal menyisakan beberapa meter saja.

“Sudah seminggu ini longsoran terus terjadi dengan tingkat yang lebih besar, seperti hari Jumat kemarin, begitu ada hujan tebing dan tanggul kembali ambruk, bahkan lebih besar dari sebelumnya,” ujar Yati Kamis (24/12/2020).

Menurut Yati, selain terjadi karena gerusan sungai, longsoran juga terjadi akibat adanya mata air besar yang muncul.

“Di bawah itu ada semacam mata airnya, jadi saat air sungai kecil pun longsor terus terjadi. Hal itu mungkin karena adanya mata air sehingga terjadi pergerakan di bawah longsoran,” katanya.

Eli warga lainnya mengungkapkan, saat ini beberapa warga tengah resah akibat terjadinya longsoran yang terus mengalami peningkatan.

“Sebagai warga disini kami jelas merasa was was, apalagi saat hujan turun, ya gimaba tidak was was. Saat ini kan tanggulnya sudah putus sehingga rawan akan terjadinya luapan air Sungai Ciputrahaji,” ungkap Eli

Maka dari itu, kata Eli, warga kini berharap adanya tindakan serius dari pemerintah.

“Harapan kami secepatnya ada penanganan, karena jika hal ini dibiarkan, bukan hanya warung dan pemukiman warga, jembatan jalan nasional yang menuju Kabupten Pangandaran juga akan terancam,” pungkasnya. (Suherman/R8/HR Online)

Editor: Jujang