Senin, Oktober 25, 2021
BerandaBerita TerbaruAdab Sebelum Tidur Menurut Islam yang Sesuai Anjuran Rasulullah

Adab Sebelum Tidur Menurut Islam yang Sesuai Anjuran Rasulullah

Adab sebelum tidur termasuk penting untuk kita ketahui. Apalagi, dalam agama Islam juga mengatur dan menganjurkan mengenai adab tidur yang baik agar kinerja dari organ tubuh bisa berjalan dengan sebaik-baiknya. Karena kualitas tidur menjadi sangat penting, ada baiknya mulailah membiasakan cara tidur yang baik.

Adab Sebelum Tidur

Tidur merupakan sebuah kebutuhan manusia yang mana memerlukan istirahat setelah lelah seharian penuh beraktivitas. Akan tetapi, yang harus kita ingat jika waktu yang tepat dan baik untuk istirahat atau tidur adalah malam serta siang hari.

Pada waktu malam, tidur yang baik harus lebih awal dan tidak menganjurkan untuk begadang. Sedangkan pada waktu siang hari, jam istirahat untuk tidur yakni pada pukul 11.00 hingga 12.00 sebelum masuk waktu dzuhur.

Perlu anda ketahui, tidur juga merupakan sebuah ibadah. Agar tidur tersebut menjadi ibadah seperti apa yang telah Nabi Muhammad SAW anjurkan, terdapat beberapa adab sebelum tidur sebagai berikut.

Baca juga: Pernak-Pernik Kamar Tidur Anak Perempuan, Lucu dan Menggemaskan

Berwudhu Sebelum Tidur

Bersuci dengan berwudhu bukan hanya anda lakukan ketika akan melakukan ibadah sholat saja. Akan tetapi, sebelum anda istirahat atau tidur, Rasulullah menganjurkan agar bersuci terlebih dahulu.

Sebagaimana sabda yang berbunyi: “Jika kamu mendatangi tempat tidurmu, maka berwudhulah seperti untuk solat. Lalu berbaringlah dengan sisi kanan badanmu.” (HR. Bukhari).

Tidur Berbaring ke Posisi Sebelah Kanan

Sebuah hadits di atas juga dapat menerangkan jika Rasulullah menganjurkan umatnya untuk tidur dengan posisi badan yang miring sebelah kanan. Adab sebelum tidur dengan posisi tidur seperti itu akan membuat seseorang tidak kesulitan untuk bangun malam.

Kemudian, ia juga tidak akan mengalami masalah kesehatan karena posisi tidur dengan miring sebelah kanan akan sangat baik untuk jantung.

Membaca Ayat Kursi Sebelum Tidur

Ketika anda hendak pergi tidur, biasanya membaca doa sebelum tidur. Namun terdapat anjuran lain yang Rasulullah sebutkan dalam sebuah hadits, yakni untuk membaca ayat kursi.

“Barang siapa membaca ayat kursi saat akan tidur, maka Allah senantiasa menjaganya serta setan tidak akan menghampirinya sampai waktu subuh.” (HR. Bukhari).

Mematikan Lampu serta Menutup Wadah Makanan dan Minuman

Rasulullah menganjurkan kepada para umatnya untuk menutup pintu, mematikan lampu, mengamankan bejana, serta mengamankan makanan-minuman.

Hal tersebut tertuang dalam sebuah hadits yang berbunyi: “Matikanlah lampu-lampu kalian jika hendak tidur. Dan tutuplah pintu, tutuplah bejana, serta wadah makanan dan minuman kalian.” (HR. Bukhari).

Membersihkan Tempat Tidur

Selain itu, membersihkan tempat tidur termasuk salah satu adab sebelum tidur yang Rasulullah anjurkan. Seperti dalam sebuah hadits yang berbunyi:

Jangan Tidur Larut Malam

Pada umumnya, manusia memerlukan waktu untuk beristirahat atau tidur yang cukup, yakni sekitar 7-8 jam setiap harinya. Selain tidak memiliki efek baik bagi tubuh, begadang atau terjaga pada malam hari juga bukan hal yang Rasulullah sukai.

Karena begadang dapat berarti menyia-nyiakan waktu serta mempengaruhi waktu ibadah menjadi terlewatkan. Seperti yang Abu Barzah r.a. riwayatkan dalam sebuah hadits yang berbunyi:

“Bahwasannya, Rasulullah membenci tidur malam sebelum sholat isya dan juga berbincang-bincang yang tak bermanfaat setelahnya.” (HR. Bukhari Muslim).

Baca juga: Bahaya Tidur Pakai Headset, Bisa Menyebabkan Kematian Lho!

Membaca Surat Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Naas Sebelum Tidur

Adab sebelum tidur dengan aktivitas membaca surat-surat pendek sangat Rasulullah anjurkan. Setelah itu, mengusapkan kedua tangan ke wajah, tangan, dan juga ke bagian-bagian tubuh yang terjangkau.

Hal inilah yang Rasulullah lakukan sebelum tidur. Seperti yang Aisyah r.a. istri Nabi Muhammad SAW sampaikan.

Adab sebelum tidur di atas sebaiknya kita biasakan setiap hari atau dengan mendengarkan murotal melalui HP atau mp3 serta menghilangkan kebiasaan mendengarkan musik. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img