Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita TerbaruAdab Terhadap Tetangga yang Diajarkan Rasulullah SAW dalam Islam

Adab Terhadap Tetangga yang Diajarkan Rasulullah SAW dalam Islam

Adab terhadap tetangga adalah salah satu hal yang perlu anda ketahui dalam ajaran agama Islam. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan terhadap tetangga. Sebab, tetangga merupakan orang yang paling dekat dengan anda.

Bahkan dalam agama Islam, tetangga juga memiliki hak tertentu yang sudah ada dalam hadist Rasulullah. Maka dari itu, anda harus memberikan hak yang wajib diperoleh oleh tetangga.

Selain itu, ada juga adab atau aturan bagaimana anda memperlakukannya. Sebab, orang yang berdekatan dengan rumah anda memiliki kedudukan terhormat dalam Islam. Nabi Muhammad SAW juga sudah mengajarkan kepada umatnya agar bisa memuliakan tetangga.

Bahkan haram bagi siapa saja yang mengganggu baik dengan lisan maupun perbuatan. Hal ini juga sudah tertulis jelas dalam sabda Rasulullah SAW yang isinya tentang kehormatan tetangga bagaikan kehormatan ibu.

Sama seperti haramnya tetangga serasa haramnya mengganggu ibu kandung. Dari penjelasan yang sudah tertulis menunjukkan bahwa orang yang memiliki rumah dekat dengan anda perlu dimuliakan.

Jangan sampai anda mengganggu ketenangan dan kedamaian terhadap tetangga. Seperti halnya manusia merupakan makhluk sosial dimana tidak bisa hidup seorang diri.

Sejak lahir bahkan saat meninggal pun seseorang selalu membutuhkan jasa orang lain. Maka dari itu, sebaiknya gunakan adab terhadap tetangga untuk selalu menjaga silaturahmi yang baik.

Sebab, tetangga merupakan orang terdekat yang bisa membantu kapan saja anda membutuhkan. Selalu berusahalah untuk menjaga kerukunan dengan tetangga.

Baca juga: Adab Menerima Tamu yang Baik Sesuai Ajaran Rasulullah SAW

Adab Terhadap Tetangga

Sebagai umat Islam, tentu diajarkan untuk selalu berbuat baik kepada siapa saja. Salah satunya dengan tetangga yang menjadi orang terdekat dengan rumah. Dengan menjalin hubungan baik kepadanya, tentu akan membawa keberkahan tersendiri.

Tetangga menjadi seseorang yang pertama kali mengetahui dan merasakan kebaikan maupun keburukan anda. Karena alasan inilah menjalankan adab menurut ajaran Islam sangat wajib adanya.

Tetangga menjadi orang yang paling tahu akan kehidupan sehari-hari anda. Bahkan dalam syariat Islam, anda perlu memenuhi hak-hak terhadapnya.

Maka dari itu, betapa pentingnya orang yang paling dekat dengan pintu rumah anda. Ada beberapa anjuran dari agama Islam yang menjelaskan hal yang baik, antara lain:

Mendahului Menyampaikan Salam

Adab terhadap tetangga yang pertama yaitu mendahului menyampaikan salam. Sebagai orang yang bertetangga, tentu menyampaikan salam menjadi hal utama. Pastikan anda menyampaikannya terlebih dulu.

Sebab, dengan begitu, tentu bisa mendapatkan pahala yang lebih banyak. Maka dari itu, berlomba-lombalah untuk mendahului mengucapkannya agar bisa memperoleh pahala yang lebih.

Tidak Lama-Lama Berbicara

Hal yang harus anda jaga terhadap tetangga selanjutnya yaitu tidak berlama-lama berbicara. Sebaiknya anda berbicara tidak terlalu lama. Sampaikan hal yang penting saja.

Hal ini untuk menghindari adanya ghibah atau menggunjing orang lain. Sehingga bisa membuat fitnah terhadap orang lain. Itulah alasan adanya larangan tersebut.

Menjenguk yang Sakit

Menjenguk tetangga yang sedang sakit menjadi salah satu adab terhadap tetangga. Sehingga ketika tetangga anda ada yang sakit, sebaiknya segeralah untuk menjenguknya.

Artinya anda tidak perlu memandang status sosial pihak yang sakit. Bertetangga pada umumnya berteman dan menyamakan semua kesetaraan antara siapa saja tanpa memandang hal tersebut.

Tidak Mengganggunya

Adab terhadap tetangga selanjutnya yaitu tidak mengganggunya. Misalnya tidak mengeraskan suara televisi sehingga mengganggunya.

Bahkan ketika anda ingin mengadakan acara, sebaiknya untuk meminta izin kepada tetangga terlebih dulu. Sehingga tidak ada yang terganggu dan terbebani.

Baca juga: Doa Kedua Orang Tua, Dapatkan Keutamaan Memanjatkannya

Berbela Sungkawa

Saat tetangga terkena musibah, ada hal yang wajib anda lakukan yaitu dengan ikut berbela sungkawa. Sebaiknya kunjungi untuk takziah dan menunjukkan rasa duka. Selain itu, juga mendoakan kebaikan, terutama bagi yang meninggal.

Masih ada banyak lagi hal-hal yang perlu anda berikan kepada tetangga. Selain itu, bersikaplah ramah untuk bisa membuat hadirnya rasa nyaman antara kedua belah pihak.

Seperti yang sudah dijelaskan dalam agama Islam jika ada beberapa adab terhadap tetangga untuk menghormatinya. Dengan menjalankannya, anda bisa hidup rukun. Bahkan memperoleh amalan yang cukup besar. (Muhafid/R6/HR-Online)