Alasan Tidur Penting Bagi Tubuh Secara Ilmiah, Bisa Perkuat Sistem Imun

Alasan tidur penting Bagi Tutuh Secara Ilmiah, Bisa Perkuat Sistem Imun
Alasan tidur penting Bagi Tutuh Secara Ilmiah, Bisa Perkuat Sistem Imun

Alasan tidur penting bagi tubuh karena tidur merupakan hal yang penting bagi sistem tubuh manusia. Kelebihan atau kekurangan tidur akan mengganggu stabilitas tubuh, dan tentunya berpengaruh pula pada kinerja organ lainnya.

Tidur pada manusia dan spesies lainnya merupakan masa istirahat alami yang sangat penting. Merangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa alasan pentingnya tidur bagi tubuh manusia secara ilmiah.

Alasan Tidur Penting Bagi Tubuh Manusia

Merupakan Siklus Alami

Baca Juga : Baju Tidur Kimono Hadir dengan Beragam Pilihan Bahan yang Nyaman

Manusia termasuk makhluk hidup yang juga mempunyai siklus alami untuk berfase aktif dan pasif. Tidur merupakan fase pasif, dan istirahat dalam siklus hidup manusia.

Jadi sebetulnya secara alami kita tahu kapan waktu untuk tidur dan beraktivitas kembali. Jika terasa lelah dan ingin tidur, berarti itu adalah fase istirahat atau fase pasif Anda.

Recharge (Mengumpulkan Energi)

Seperti halnya ponsel yang butuh charge (mengisi) baterai, manusia juga butuh mengumpulkan energi (recharge) melalui tidur. Selain untuk mengumpulkan energi tubuh, tidur juga berguna untuk mengumpulkan energi dalam otak.

Maka dari itu, jika orang kurang tidur ia akan merasa letih dan lesu. Itulah salah satu alasan tidur penting bagi tubuh manusia.

Baca Juga : Bahaya Tidur Pagi, Lesu dan Depresi Mengintai!

Memperbaiki Sel Tubuh yang Rusak

Setiap harinya banyak sel tubuh manusia yang rusak dan harus diperbaiki. Contohnya, pertumbuhan sel otot, sintesis hormon, dan produksi hormon.

Segala proses tersebut hanya akan terjadi saat tubuh manusia sedang tidur. Karena itu, tidur yang cukup juga berguna untuk anti-aging dan menjaga agar sel tetap remaja.

Proses Belajar atau Mempertajam Ingatan

Alasan tidur penting bagi tubuh manusia berikutnya yaitu sebagai proses atau mempertajam ingatan. Saat Anda tidur selama tujuh sampai delapan jam, maka Anda mengalami beberapa fase, seperti fase REM serta slow wave sleep.

Fase-fase tersebut memperlancar proses belajar dan mengingat, serta berpikir kreatif. Sebab, otak memproses, memperkuat, dan menggabungkan memori kita sepanjang hari.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Memperkuat sistem kekebalan tubuh menjadi alasan tidur penting bagi kita. Karena dengan tidur yang cukup akan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sehingga, berbagai jenis penyakit bisa Anda hindari.

Jam tidur yang berantakan akan meningkatkan penyakit stroke, gagal jantung, ginjal, detak jantung tidak teratur. Bahkan hipertensi, diabetes, dan bisa mengakibatkan hormon stress naik.

Baca Juga : Kesehatan Mental Terganggu Akibat Kebiasaan Bangun Tidur Langsung Buka HP

Mengendalikan Nafsu Makan

Sering begadang hingga kurang tidur bukannya justru membuat tubuh menjadi kurus. Tapi justru sebaliknya, pola tidur yang kurang akan membuat nafsu makan menjadi tidak terkendali, sehingga memicu obesitas.

Pada saat tidur, tubuh menjaga hormon lapar (ghrelin) dan hormon kenyang (leptin) tetap seimbang. Menurut sebuah studi pada tahun 2014 menunjukkan fakta bahwa, anak yang kurang tidur mengalami obesitas.

Membantu Pertumbuhan Badan

Membantu pertumbuhan badan menjadi alasan tidur penting bagi tubuh. Pada usia pertumbuhan, yakni usia anak dan remaja membutuhkan waktu tidur yang cukup. Hal ini akan membantu proses pertumbuhan anak.

Ketika badan istirahat dalam tidur, hormon pertumbuhan akan terlepas, dan bertugas mendukung pertumbuhan serta perkembangan normal sebuah tubuh yang sehat.

Menjaga untuk Tetap Aktif saat Siang Hari

Tidur dengan periode yang cukup akan membantu Anda tetap aktif pada siang hari. Orang yang kurang tidur akan menjadi kurang produktif dalam menyelesaikan pekerjaan.

Biasanya orang lebih banyak melakukan kesalahan, dan cenderung ‘lemot’ atau lambat. Kurang tidur satu jam atau dua jam saja akan membuat Anda tidak tidur selama satu atau dua hari.

Banyak sekali alasan kalau tidur itu penting bagi tubuh. Namun, bukan berarti Anda harus tidur terus-menerus. Tidurlah secara proporsional selama 8 jam sehari.

Alasan tidur penting untuk memenuhi proses-proses alami. Hasilnya tubuh Anda akan terus bugar, tetap produktif. Bahkan, dengan waktu tidur yang cukup dapat mencegah kepikunan. (Eva/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah