Selasa, Mei 17, 2022
BerandaBerita TerbaruAmalan Penghapus Dosa, Lakukan untuk Mengurangi Kesalahan

Amalan Penghapus Dosa, Lakukan untuk Mengurangi Kesalahan

Amalan penghapus dosa menurut Islam bisa anda lakukan sebagai pengampun. Ada banyak jenis amalan yang bisa menjadi pengampun dan menerima taubat setiap makhluk.

Semua orang tentu pernah melakukan yang namanya kesalahan. Bahkan tidak ada satu orang pun yang terlepas dari namanya dosa. Agar bisa membersihkan baik dosa besar atau kecil, anda bisa membuat pengampunan dengan menjalankan berbagai hal.

Sebesar apapun dosa yang dibuat, anda bisa bertaubat dan membersihkannya. Dengan menyadari perbuatannya yang sudah pernah dilakukan, maka membuat siapa saja selalu berusaha untuk berbuat kebaikan.

Selain itu, dengan menjalankan semua perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya, bisa menjadi salah satu cara yang bisa anda lakukan. Semua kelakuan baik yang dilakukan mampu memberikan pahala.

Bahkan ada yang bisa menghapus berbagai macam dosa kecil hingga besar. Bahkan diantara banyaknya dosa yang dilakukan setiap hari, bisa anda gunakan amalan untuk menghapus dosa.

Seperti halnya yang sudah tertulis oleh Abu Nawas dalam syair Al-I’tiraf. Isi dari syair tersebut merupakan pengakuan dosa yang menggambarkan kegelisahan setiap manusia.

Bahkan dosanya selalu bertambah setiap hari dengan jatah umur yang selalu berkurang. Dalam syair ini juga tertulis bahwasanya puncak terakhir yang menjadi kepasrahan pengakuan dosa.

Semua perbuatan dosa yang telah membuat manusia merasa gelisah ini ternyata ada pedomannya. Allah SWT dan Rasulullah SAW memberikan pedoman untuk melakukan amalan penghapus dosa.

Baca juga: Macam Macam Sholat Sunnah, Bisa Menambah Pahala Jika Dilakukan

Beberapa Amalan Penghapus Dosa Menurut Ajaran Agama

Setiap orang tentu pernah melakukan dosa, baik besar atau kecil. Bahkan semua masih terus melakukannya setiap hari. Allah memiliki sifat maha pengampun.

Sehingga bagi siapa saja yang mau memohon ampun dan bertaubat, tentu akan terampuni. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengurangi kesalahan yang sudah terjadi.

Meski tanpa sadar, terkadang kesalahan bisa terjadi. Ketika seseorang mau bertaubat dan mengakui kesalahannya, tentu akan terampuni.

Hal ini juga sudah ada dalam ajaran agama Islam jika ada beberapa cara untuk menghapus kesalahan tersebut. Bagi anda yang ingin menghapus kesalahan, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, antara lain:

Sholat 5 Waktu

Amalan penghapus dosa yang bisa anda lakukan yaitu dengan menjalankan sholat 5 waktu. Sholat menjadi ibadah wajib yang perlu anda lakukan setiap hari.

Ibadah ini bisa menjadi salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk memohon ampun. Bahkan cara ini mampu menghapus dosa kecil atau besar.

Dalam hadist riwayat Muslim menyebutkan akan adanya amalan yang diperoleh. Adapun ibadah yang bisa menghapusnya yaitu sholat 5 waktu. Hal ini akan terampuni dosanya selama manusia mau menjauhi berbagai dosa besar.

Berbuat Baik

Salah satu amalan penghapus dosa yang lainnya yaitu dengan berbuat baik. Hal ini sudah ada dalam sabda Rasulullah SAW yang isinya untuk selalu berbuat baik niscaya akan menghapus dosa.

Allah SWT juga sudah berfirman dalam QS. Hud: 114 mengenai perbuatan baik yang menghapus dosa. Salah satu yang bisa anda lakukan untuk berbuat baik yaitu dengan melaksanakan sholat.

Maka dari itu, bagi siapa saja yang menginginkan dosanya terampuni, yaitu dengan melaksanakan sholat, terutama lima waktu. Hal ini menandakan jika manusia masih mengingat adanya Allah SWT.

Selalu Bertaubat

Setiap orang memang tidak luput dari kesalahan. Maka dari itu, selalu berusahalah untuk melakukan amalan penghapus dosa.

Allah SWT dan Rasulullah SAW sudah menjelaskan jika ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghapus kesalahan yaitu dengan selalu bertaubat.

Jangan sampai anda putus asa dengan langsung berpasrah diri. Namun, anda sebaiknya melakukan taubat dengan mengakuinya dan berjanji untuk tidak melakukannya kembali.

Baca juga: Cara Masuk Surga dengan Amalan Ibadah yang Sesuai Anjuran Agama

Puasa Ramadhan

Ramadhan merupakan bulan yang penuh rahmat dan ampunan. Sehingga barang siapa yang menjalankan puasa Ramadhan dengan niat karena Allah, maka terhapuslah dosanya.

Allah SWT telah memerintahkan umat Islam untuk menjalankannya. Dalam hadist riwayat Bukhari menjelaskan jika siapa saja yang menjalankannya bisa menjadi amalan penghapus dosa. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid

- Advertisment -