Sabtu, Oktober 23, 2021
BerandaBerita TerbaruAnatomi Tulang Panggul Wanita yang Ukurannya Lebih Besar dari Pria

Anatomi Tulang Panggul Wanita yang Ukurannya Lebih Besar dari Pria

Anatomi tulang panggul wanita terlihat berbeda secara fisik jika dari luar. Tulang panggul atau pelvis milik wanita jauh lebih lebar dari seorang pria. Tidak perlu jauh-jauh dengan pria, pelvis antara satu wanita dengan wanita lainnya saja sudah berbeda.

Setiap wanita memiliki panggul yang unik dan berbeda. Hal ini karena adanya pengaruh genetik, gaya hidup, aktivitas fisik, makanan, dan lain sebagainya. Tetapi, pada umumnya fungsi panggul pada wanita ini sama-sama untuk melindungi organ reproduksi.

Panggul merupakan bagian penting yang letaknya di bawah perut. Lalu berada di antara kedua tulang pinggul dan kaki. Pada umumnya anatomi tulang panggul ini merupakan alat gerak pada manusia, baik wanita maupun pria.

Untuk mengetahui keberadaan dari tulang ini, anda bisa melakukan gerakan bertolak pinggang. Pasti anda akan merasakan ada benjolan tulang pada bagian samping. Tulang inilah yang merupakan tulang panggul.

Baca Juga: Anatomi Telapak Kaki Manusia dan Jenis Pronasi pada Kaki

Anatomi Tulang Panggul pada Wanita

Tulang panggul atau pelvis merupakan serangkaian tulang yang letaknya antara tulang punggung dan kaki. Area pelvis ini sangat penting karena merupakan saraf utama. Selain itu, pelvis merupakan pelindung dari organ reproduksi, kandung kemih, dan usus.

Panggul sebenarnya adalah cincin tulang yang melekatkan otot kaki, otot punggung, dan otot perut. Tulang panggul wanita memiliki sendi putar yang menempel pada tulang paha dan kaki. Hal ini mampu menjaga tubuh agar tetap tegak, menekuk, dan memuntir.

Selain itu, tulang panggul juga membantu wanita untuk berjalan dan berlari. Panggul wanita memiliki ukuran yang lebih besar dan lebih rendah daripada seorang pria. Hal ini tak lain karena kebutuhan seorang wanita pada masa yang akan datang, yaitu menghadapi kehamilan dan melahirkan.

Tulang panggul pada wanita ada tiga macam. Ketiga dari mereka adalah tulang panggul, sakrum, dan tulang ekor. Bagian dari tulang pinggul ada tiga, sebagai berikut:

Ilium

Bagian yang pertama dari anatomi tulang panggul wanita adalah ilium yang merupakan tulang terbesar atau utama pada panggul. Tulang ini terletak pada kedua sisi tulang belakang dan melengkung ke bagian depan tubuh wanita. Ketika anda memegang perut, pasti akan merasakan adanya tulang yang menonjol, yaitu puncak iliaka.

Pubis

Bagian yang kedua adalah pubis yang berada dekat dengan alat kelamin wanita. Memiliki gabungan pubis yang bernama simfisis pubis dan bersifat sangat kuat. Ketika wanita melahirkan, akan memudahkan kepala bayi melewati bagian ini dengan lebih fleksibel.

Baca Juga: Anatomi Hati Manusia dan Kerja Struktur Organnya

Ischium

Bagian berikutnya adalah ischium yang letaknya berada di bawah ilium dan samping pubis. Tulang ini sangat tebal sebab terbentuk oleh dua tulang yang menyatu dan melingkar. Pada bagian inilah tulang paha akan bertemu dengan tulang panggul.

Sakrum

Masuk pada bagian sakrum yang terlepas dengan tulang pinggul. Sakrum merupakan anatomi tulang panggul yang berbentuk segitiga. Letaknya berada pada bagian belakang panggul.

Sakrum tersusun dari lima tulang belakang yang menyatu. Lalu, pada bagian bawah sakrum terdapat tulang ekor wanita.

Kanal Panggul

Selanjutnya ada bagian kanal panggul yang memiliki permukaan berbentuk bundar yang meliputi tulang kemaluan pada bagian depan. Sedangkan pada kedua sisi belakangnya terdapat ischium. Kanal panggul ini memiliki bentuk yang melengkung karena adanya sebuah perbedaan ukuran bagian depan dan belakangnya.

Baca Juga: Anatomi Kelenjar Saliva Berdasarkan Histologi yang Perlu Diketahui

Ukuran dan Bentuk Panggul

Setelah mengetahui anatomi tulang panggul pada wanita, kini anda harus mengetahui ukuran dan bentuk tulang panggul. Ukuran panggul pada wanita akan sangat mempengaruhi proses persalinan masa mendatang. Wanita yang memiliki panggul luas akan berpotensi mudah dalam melakukan persalinan yang normal.

Demikian dengan wanita yang memiliki panggul sempit, memiliki kemungkinan kecil bisa melakukan persalinan normal. Perkembangan ukuran tulang pada manusia karena adanya pengaruh asupan makan sejak kecil. Kekurangan mineral akan membuat perkembangan tulang panggul abnormal.

Tak hanya itu, wanita juga banyak yang mengalami stuntings saat kecil. Hal ini juga bisa sebagai penyebab pinggul wanita dewasa akan menyempit.

Nah, itulah beberapa anatomi tulang panggul pada wanita yang bisa anda pelajari. Rawatlah tulang sejak kecil dengan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang. Sehingga saat dewasa nanti tidak akan ada gangguan yang menyerang tulang panggul. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img