Angka Partisipasi Pemilih dalam Pilbup Pangandaran Meningkat

Angka partisipasi pemilih dalam Pilbup Pangandaran meningkat. Foto: Enceng/HR.
Angka partisipasi pemilih dalam Pilbup Pangandaran meningkat. Foto: Enceng/HR.

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com),- Angka partisipasi pemilih dalam Pilkada Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, pada 9 Desember 2020 kemarin mengalami peningkatan.

Ketua KPU Kabupaten Pangandaran, Muhtadin, mengatakan, meski Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran berlangsung di masa pandemi Covid-19, namun angka partisipasi pemilih mengalami kenaikan.

“Angka partisipasi pemilih pada pemilihan bupati dan wakil bupati tahun ini mengalami peningkatan 84 persen, dan jauh melampaui target nasional yaitu 77,5 persen,” katanya, Jum’at (11/12/2020).

Muhtadin mengatakan, pada pemilihan bupati dan wakil bupati sebelumnya, angka partisipasi pemilih tidak sampai 80 persen. Namun, pada pemilihan yang sekarang mengalami peningkatan cukup bagus.

Dari 10 Kecamatan yang ada di Kabupaten Pangandaran, Kecamatan Cijulang yang tingkat partisipasinya paling tinggi, yaitu 90,30 persen. Sedangkan, kecamatan yang paling rendah yaitu Kecamatan Padaherang, yakni 78 persen.

Baca Juga : Ikuti Quick Count LSI Pilkada Serentak Pangandaran dan Tasikmalaya

Rincian Partisipasi Pemilih di 10 Kecamatan se-Kabupaten Pangandaran:

1. Kecamatan Parigi 88,54 persen

2. Kecamatan Mangunjaya 79 persen

3. Kecamatan Padaherang 78 persen

4. Kecamatan Cigugur 84,53 persen

5. Kecamatan Kalipucang 81,72 persen

6. Kecamatan Cimerak 85,2 persen

7. Kecamatan Cijulang 90,30 persen

8. Kecamatan Langkaplancar 83,96 persen

9. Kecamatan Pangandaran 86 persen

10. Kecamatan Sidamulih 85 persen

Muhtadin juga mengucapkan terima kasih kepada para petugas KPPS yang sudah bekerja secara maksimal. Begitu pula kepada semua stakeholder yang telah ikut serta mensosialisasikan Pilkada Pangandaran 2020, sehingga angka partisipasi pemilih meningkat. (Cenk/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah