Angka Partisipasi Pilkades Serentak Ciamis Tinggi Meski Pandemi

Partisipasi Pilkades Serentak Ciamis
Sekdis DPMD Ciamis sebut angka Partisipasi Pilkades Serentak Ciamis tinggi. Foto : Fahmi/HR

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Angka partisipasi masyarakat pada Pilkades serentak Ciamis, Jawa Barat, tinggi. Masyarakat tetap antusias dalam memilih kepala desa meski dalam kondisi Pandemi Covid-19.

“Angka partisipasi bisa saya katakan sangat luar biasa. Padahal dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, partisipasi masyarakat untuk memilih kepala desa tidak surut,” ujar Sekdis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Ciamis Dian Budiyana, Selasa  (22/12/2020).

Berdasarkan data yang masuk dari 143 desa yang mengikuti Pilkades serentak 2020, angka partisipasi Pilkades serentak Ciamis mencapai angka 75,28 persen.

Menurut Budiana, keikutsertaan masyarakat dalam memilih kepala desa sangat penting.Hal tersebut menunjukkan bahwa masyarakat benar-benar menginginkan wilayahnya maju. Dengan kepemimpinan kepala desa baru, masyarakat berharap banyak untuk kemajuan dari mulai infrastruktur hingga perekonomian.  

“Masyarakat menginginkan pemimpin yang benar-benar terlahir dari sebuah proses demokrasi  hasil pilihan mayoritas masyarakatnya. Sehingga diharapkan partisipasi aktif tersebut dapat membawa perubahan ke arah pembangunan yang lebih baik kedepannya,” ungkapnya.

Budiyana menjelaskan walaupun dalam masa Pandemi Covid-19, pelaksanaan Pilkades serentak Ciamis menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat sehingga partisipasi tetap tinggi.

“Alhamdulilah, dari hasil monitoring pada pelaksanaan Pilkades serentak  kemarin berjalan lancar dan mematuhi protokoler kesehatan.  Mudah-mudahan setelah pelaksanaan Pilkades ini selesai tidak ada kasus positif dari klaster Pilkades. Semua masyarakat aman dan sehat,” pungkasnya.  (Fahmi/R9/HR-Online)

Editor : Dadang