Aplikasi Android di Windows 10 Akan Hadir di Tahun 2021

Aplikasi Android di Windows 10 Akan Hadir di Tahun 2021
Ilustrasi. Aplikasi Android di Windows 10. Foto Istimewa.

Aplikasi Android di Windows 10 nampaknya akan segera berjalan untuk tahun 2021. Hal ini berbeda dengan aplikasi yang harus dengan bantuan emulator. Tentu akan lebih mempermudah pengguna dalam menjalankan aplikasi Android.

Microsoft telah melakukan pembaruan ke ranah yang lebih canggih. Tentu adanya pembaruan ini sangat menarik perhatian publik. Sebab resolusi resmi untuk mengunduh dan menjalankan aplikasi dari Microsoft sudah ada.

Sebenarnya kabar dari aplikasi untuk Windows 10 ini sudah bocor sejak lama. Berawal dari bocornya Project Astoria yang memperlihatkan kerja aplikasi Android sebagai subsistem. Ada kemungkinan bahwa mereka juga akan melakukan uji coba aplikasi.

Dalam percobaan ini tim Project Astoria gagal menemukan cara agar aplikasi Android bisa berjalan pada perangkat komputer. Mereka mengatakan bahwa aplikasi yang berkaitan dengan Google Play Service tidak akan berjalan. Kedepannya pasti akan ada langkah yang bisa menampilkan aplikasi Android untuk komputer.

Baca juga: Aplikasi WPS Office, Spesifikasi, Versi, Kekurangan dan Kelebihannya

Aplikasi Android di Windows 10 Geser Google Play Service

Setelah adanya project Astoria, banyak yang berprasangka bahwa suatu saat nanti Microsoft mampu menjalankan layanan Android pada perangkat Windows 10. Benar saja dugaan atas project ini. Microsoft akan mengalihkan Google Play Service dengan layanan terbarunya.

Selama ini layanan Android bisa berjalan pada perangkat Windows 10 hanya dengan bantuan software berupa emulator. Tetapi tidak untuk tahun 2021 mendatang, aplikasi bisa dengan mudah berjalan pada Windows 10. Tidak perlu menggunakan emulator lagi untuk mengoperasikan aplikasi Android.

Hal ini tentu memberikan banyak kemudahan bagi pengguna komputer. Mereka bisa mengakses aplikasi dengan simple dan praktis. Kini mereka tidak harus bersusah payah menggunakan emulator yang sifatnya terbatas.

Menurut laporan, Windows Central sedang mempertimbangkan keputusan untuk membawa aplikasi Android di Windows 10. Tentunya akan menggunakan toko aplikasi Microsoft Store. Rencana ini tentu mendapatkan banyak apresiasi dari pengguna komputer.

Ternyata, ini adalah bagian dari rencana tahun depan dari proyeksi Microsoft. Chief Product Officer Microsoft Panos Panay akan melakukan pembaruan Windows 10 secara besar-besaran. Namun, rencana ini tidak ada kejelasan secara rinci terkait dengan bagaimana cara aplikasi Android ini berjalan pada komputer.

Bagaimana dengan Aplikasi yang Membutuhkan Akses Google Play?

Masih banyak aplikasi yang membutuhkan akses dari Google Play. Misalnya Gmail yang memerlukan dukungan dari layanan Google Play. Tentunya pihak Microsoft juga harus mempertimbangkan hal semacam ini.

Dalam hal ini, kemungkinan Microsoft akan membuat toko aplikasi seperti Huawei dan Samsung. Ini adalah langkah yang tepat dalam melakukan pembaruan Windows 10. Kabarnya tak hanya itu Android di Windows 10 saja, Microsoft juga akan memperkenalkan fitur untuk memperbarui tampilan UI.

Selain memasukkan aplikasi Android, ada rencana untuk memasang emulasi aplikasi pada Windows 10 dalam versi x86 64bit. Pemasangan ini khusus perangkat Windows 10 pada ARM. Dengan adanya langkah ini, aplikasi sudah bisa berjalan pada desktop dan perangkat ARM seperti Surface Pro X.

Microsoft dan Android

Menengok ke belakang bahwa Microsoft pernah mencoba sesuatu pada era Windows 10 Mobile masih ada. Namun, hasilnya tidak maksimal dan akhirnya proyek ini terpaksa tutup. Khusus pengguna Samsung, kini sudah bisa membuka aplikasi pada Android dalam komputer.

Namun, untuk bisa masuk harus menggunakan aplikasi bernama Your Phone. Microsoft juga membuat launcher mengenai Office dan berbagai aplikasi. Tak perlu heran, sebab Microsoft mempunyai ponsel Surface Duo yang menjalankan sistem operasi Android.

Baca juga: Fungsi OTG HP yang Beragam, Ketahui Juga Cara Menggunakannya

Proyek Latte Akan Umumkan Pembaruan Awal 2021

Mendatangkan aplikasi Android di Windows 10 merupakan suatu proyek Latte. Proyek yang membawa aplikasi Android menuju ke Windows 10. Dalam hal ini, Microsoft memanfaatkan Windows Subsystem for Linux untuk melakukan pembaruan ini.

Kemungkinan akan ada subsistem untuk Android berdasarkan subsistem untuk Linux. Nantinya Windows 10 tidak akan mendapatkan akses dari Play Store. Tetap adanya Play Store khusus perangkat Android dan Chrome OS.

Jika proyek ini berhasil, maka akan mengubah tatanan penggunaan komputer ke ranah yang lebih baik. Sebab komputer Windows akan lebih fleksibel dalam menjalankan fungsinya.

Akankah proyek Latte ini berhasil? Berdasarkan informasi akan segera ada pengumuman pada awal tahun 2021. Jika Microsoft menggagalkan proyek Latte ini, berarti batal membawa aplikasi Android di Windows 10. (R10/HR-Online)

Aegis Boost Pro