Sabtu, Juli 2, 2022
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi ID Q, Ketahui Cara Kerja dan Penerapan Untuk Cegah Covid-19

Aplikasi ID Q, Ketahui Cara Kerja dan Penerapan Untuk Cegah Covid-19

Aplikasi ID Q merupakan salah satu aplikasi identitas digital yang berupa kode QR. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini, anda dapat melakukan berbagai aktivitas hanya dengan menggunakan smartphone.

Salah satunya adalah menginformasikan identitas anda secara online. Anda dapat menemukan cara baru untuk menginformasikan identitas anda dengan menggunakan kode unik yang berupa QR Code.

Sehingga identitas anda akan terjamin keamanannya dan menjadi lebih praktis. Dengan aplikasi ini, maka identitas diri yang pada awalnya berbentuk fisik dapat anda ubah menjadi identitas digital.

Aplikasi ID Q

Identitas digital merupakan suatu sistem yang hadir dengan tujuan untuk mempermudah anda dalam melakukan berbagai proses dokumentasi atau registrasi yang memerlukan penggunaan identitas kependudukan.

Memanfaatkan identitas digital dapat menjadi lebih mudah dari segi keamanan yang lebih canggih dan terpercaya. Selain itu, identitas digital tidak dapat hilang, tidak dapat dipalsukan, dicuri, ataupun digandakan seperti halnya identitas fisik.

Baca juga: Lenovo Legion 7i, Spesifikasi Low Profile Dengan Performa Tinggi

Fitur Aplikasi ID Q

Berikut ini beberapa fitur yang tersedia dalam ID Q, antara lain:

Pemindai QR Code

Aplikasi ini mampu pindai QR Code dari Q-ID Rewards yang telah tersedia pada tiap pintu masuk serta pintu keluar area umum atau merchant yang turut berpartisipasi.

Identitas Digital

Bagi setiap pengguna akan mempunyai kode unik yang berupa QR Code dan dapat mereka gunakan dalam berbagai kebutuhan registrasi.

Point Loyalti

Dalam setiap aktivitas check-in ataupun check out ketika mengunjungi area publik serta merchant tertentu, maka pengunjung akan memperoleh point royalti yang dapat mereka tukarkan dengan e-voucher dari merchant yang berpartisipasi.

Kartu IDQ

Fitur yang terdapat pada ID Q berikutnya adalah QR Code. QR Code yang ada pada aplikasi ini juga dapat dicetak dalam bentuk kartu. Hal ini dapat anda lakukan dengan mendatangi lokasi layanan ID Q terdekat.

Kelebihan Aplikasi ID Q

Dari segi keamanannya, para pengguna ID Q tidak perlu khawatir. Pasalnya, ID Q telah terenskripsi dengan adanya teknologi yang sangat mutakhir.

Aplikasi ini juga telah resmi memperoleh Tanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik yang berasal dari Kementrian Komunikasi dan Informatika.

Saat ini ID Q dapat anda gunakan dalam sejumlah lokasi seperti ITC Cipulir, Plaza Kalibata, JCC, Graha BIP, Citywalk Gajah Mada, Food Centrum, dan lain sebagainya.

Selain itu ,aplikasi ini juga telah bekerjasama dengan 20.000 merchant seperti pada restoran, kafe, dan yang lainnya yang telah tersebar di berbagai wilayah. Seperti Bekasi, Tangerang, dan DKI Jakarta.

Dengan adanya kolaborasi tersebut, maka Pemerintah Provinsi DKI akan dengan mudah untuk mengirimkan himbauan secara discreert yang memiliki sifat preventif.

Himbauan tersebut hadir dalam bentuk notifikasi yang pemerintah tujukan kepada para pengguna ID Q untuk menjalani karantina mandiri atau dapat pula melakukan rapid test.

Hal ini dilakukan apabila pengguna pernah mendatangi atau berada dalam satu lokasi dengan orang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Baca juga: Cara Melacak Posisi HP Hilang dengan Cepat dan Mudah, Wajib Coba!

Penerapan Aplikasi ID Q dalam Upaya Pencegahan Corona

Salah satu upaya pencegahan penyebaran virus Corona yang pemerintah jalankan adalah dengan melakukan pembatasan pengunjung pada ruang publik. Adanya kebijakan pembatasan dalam ruang publik ini juga dilakukan oleh pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan pendataan terhadap pengunjung pada tempat kerja. Hal ini pemerintah lakukan untuk mempermudah proses penyelidikan epidemiologi apabila terdapat kasus terkonfirmasi Covid-19.

Sebagai bentuk dukungan pelaksanaan kebijakan pemerintah tersebut, PT Jelajah Data Semesta (JDS) menghadirkan aplikasi untuk perangkat bergerak yang bernama ID Q.

Dengan adanya aplikasi ini, dapat membantu para pengelola gedung dalam memantau okupansi gedung. Dengan demikian, proses real time monitoring okupansi sangat mudah untuk dijalankan.

Dalam penggunaan aplikasi ID Q, maka identitas pengunjung akan tersimpan dengan bentuk kode QR. Maka proses registrasi dan identifikasi dapat mereka lakukan dengan mudah saat beraktivitas dalam ruang publik.

Setiap lokasi yang telah bekerjasama dengan aplikasi ini, maka secara otomatis akan terdapat kode QR pada setiap akses pintu masuk dan keluar. Sehingga para pengunjung akan secara mudah dalam melakukan scan kode QR untuk melakukan chek in ataupun check out.

Hal menarik lain yang dapat anda temukan dengan adanya aplikasi ID Q adalah telah berkolaborasi dengan aplikasi JAKI. Kedua aplikasi ini bekerjasama melalui checkpoint monitoring dan tracing dalam melakukan program 3T, yakni Testing, Tracing, serta Treatment Pemerintah. (R10/HR-Online)

Editor: Muhafid

- Advertisment -