Aplikasi Info BMKG, Beragam Fitur Hingga Peroleh Penghargaan Dunia

Aplikasi Info BMKG
Ilustrasi Aplikasi Info BMKG. Foto: youtube.com

Aplikasi Info BMKG menyediakan adanya informasi cuaca hingga gempa bumi. Banyaknya bencana yang terjadi di Indonesia menjadikan aplikasi rilisan BMKG ini menjadi urutan pertama pada Play Store dalam kategori cuaca.

Dengan hadirnya aplikasi ini, para pengguna dapat memperoleh informasi perkiraan cuaca, iklim, serta gempa. Aplikasi yang dikembangkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ini dapat membantu anda dalam memperoleh informasi secara real time. Melalui aplikasi ini, pengguna juga dapat memperoleh siaran pers yang resmi dari BMKG.

Aplikasi Info BMKG

BMKG adalah satu dari sekian Lembaga Pemerintah Non-Departemen yang memiliki ketua seorang kepala badan. Lembaga ini terbentuk untuk melaksanakan aktivitas pemerintahan pada bidang Meteorologi, Klimatologi, Kualitas Udara serta Geofisika yang sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Baca Juga : Aplikasi Tambahan Gojek Tanpa Root, Orderan Lebih Lancar dan Gacor

Dalam menjalankan tugasnya, BMKG mempunyai berbagai fungsi. Salah satunya adalah pemberian pelayanan data serta informasi dalam bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika.

Selain itu, lembaga ini juga bermanfaat dalam menyampaikan informasi kepada beberapa instansi, pihak terkait, beserta masyarakat yang berhubungan dengan perubahan iklim.

Menyampaikan informasi dan peringatan secara dini kepada instansi, pihak terkait, dan masyarakat yang berhubungan dengan bencana karena adanya faktor meteorologi, klimatologi, dan geofisika.

Manfaat Aplikasi Info BMKG

Dalam era kemajuan teknologi dan serba online saat ini, BMKG pun menghadirkan adanya aplikasi yang terkait dengan informasi yang berhubungan dengan segala aktivitas lembaga ini.

Aplikasi tersebut bernama Info BMKG. Dengan menggunakan Info BMKG, para pengguna akan memperoleh informasi cuaca, kualitas udara, iklim, serta gempa bumi yang terjadi di Indonesia.

Baca Juga : Aplikasi Jurnal Harian Terbaik dan Terpopuler 2020, Ini Pilihannya!

Berikut ini beberapa manfaat dari Info BMKG, antara lain:

Update Prakiraan Cuaca

Melalui aplikasi ini, memungkinkan anda memperoleh update prakiraan cuaca harian pada seluruh kabupaten atau kota di Indonesia. Lalu pada beberapa lokasi sekitar yang mengaktifkan GPS pada ponsel.

Beragam Fitur Menarik

Kelebihan lain dari aplikasi Info BMKG adalah hadirnya beragam fitur yang menginformasikan peta iklim, kualitas udara pada suatu daerah, serta titik panas atau geo-hotspot. Titik panas ini memiliki fungsi untuk mengetahui potensi kebakaran hutan atau lahan.

Info Terkini Potensi Bencana

Yang terpenting dari Info BMKG adalah dapat memberikan informasi terkini tentang potensi bencana yang mungkin terjadi, seperti gempa bumi.

Dengan menggunakan aplikasi ini, dapat mendeteksi gempa bumi terkini minimal 5.0 skala richter beserta lokasi gempa. Selanjutnya info gempa bumi tersebut akan disampaikan atau diinformasikan dalam waktu kurang dari 5 menit.

Informasi Cuaca Perjalanan

Baca Juga : Aplikasi Download Gambar Instagram, Ini Rekomendasinya!

Manfaat lain dari Info BMKG adalah dapat membantu pengguna untuk mengetahui cuaca saat berada dalam perjalanan. Dengan demikian, aplikasi ini dapat memberikan informasi cuaca bandara, cuaca maritim tentang ketinggian gelombang laut, serta cuaca jalur mudik.

Cara Download Info BMKG

Berikut ini cara download Info BMKG pada perangkat Android anda, antara lain:

Unduh Aplikasi Mobile Info BMKG pada Google Play Store

  1. Langkah unduhan pertama buka aplikasi Play Store pada Android.
  2. Selanjutnya pada bagian pencarian (search) pengguna dapat mengetikkan “Info BMKG”, maka akan muncul layanan mobile Info BMKG resmi.
  3. Proses berikutnya dapat anda instal untuk mengunduh instalasi Info BMKG pada perangkat Android yang anda gunakan.
  4. Lalu klik OPEN apabila proses unduh telah selesai.

Penghargaan Untuk Aplikasi Info BMKG

Perlu anda ketahui, Info BMKG pada tahun 2020 ini memperoleh penghargaan dari Organisasi Meteorologi Dunia atau World Meteorological Organization/WMO.

Penghargaan tersebut mereka terima dalam International Weather Award Apps Award 2020. Acara ini merupakan salah satu ajang bergengsi dunia bagi para pengembang aplikasi yang bergerak dalam bidang cuaca di dunia.

Penghargaan tersebut merupakan salah satu bentuk pengakuan dunia internasional terhadap BMKG. Diperolehnya penghargaan ini berkat kerja sama semua pihak.

Pengumuman pemenang dilakukan secara virtual pada Selasa 15 Desember 2020. Aplikasi ini menang dalam kategori Weather Information For Sectoral/Specialised Users (Aviation, Marine, Health, Others).

Aplikasi Info BMKG dibuat serta dikembangkan oleh insan BMKG dengan menggunakan adanya open data BMKG serta dapat anda unduh secara gratis pada Apps Store dan Google Play.

Selanjutnya, hingga saat ini, Info BMKG telah berhasil terunduh sebanyak 6.640.000 oleh pengguna berbasis Android serta 572.000 oleh pengguna iOS. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah