Aplikasi Pembayaran Digital, Efektifkan Segala Transaksi Pembayaran

Aplikasi Pembayaram Digital
Ilustrasi Aplikasi Pembayaran Digital . Foto: youtube.com

Aplikasi pembayaran digital cukup beragam saat ini. Dengan hadirnya aplikasi tersebut, dapat memberikan kemudahan dalam setiap transaksi pembayaran yang anda lakukan tanpa harus menggunakan uang tunai.

Perkembangan zaman yang semakin cepat juga membuat teknologi turut berkembang secara pesat. Salah satu yang mendapat pengaruh dari adanya kemajuan teknologi tersebut adalah adanya sistem pembayaran yang beralih ke digital.

Sistem ini hadir dengan semakin meningkatnya jumlah transaksi online. Hal ini membuat banyak inovator menciptakan adanya layanan untuk pembayaran secara digital yang dapat digunakan setiap orang untuk transaksi tersebut.

Baca juga: Game Modifikasi Mobil Terbaik Android 2020, Wajib Coba!

Aplikasi Pembayaran Digital

Fungsi dasar dari layanan pembayaran secara digital adalah sebagai cashless payment atau alat transaksi pembayaran tanpa harus menggunakan adanya uang tunai.

Apapun profesi seseorang serta seberapa besar penghasilan yang mereka miliki, tentu sangat memerlukan adanya jasa pembayaran digital. Dalam hal ini, para pengembang lebih banyak berorientasi pada para pengguna ponsel pintar.

Meskipun pada kenyataannya, aplikasi ini dapat pengguna akses melalui web browser dari laptop atau komputer. Berikut ini beberapa pilihan aplikasi pembayaran digital terbaik 2020 yang dapat anda manfaatkan, antara lain:

OVO

Dengan mempunyai jumlah merchant ratusan ribu yang tersebar di seluruh Indonesia. OVO merupakan salah satu penyedia jasa pembayaran digital terbaik saat ini.

Bagi anda yang sudah memiliki akun OVO, maka anda dapat membeli berbagai jenis barang. Mulai dari makanan hingga kosmetik secara online ataupun offline.

Untuk pembayaran offline, maka aplikasi pembayaran digital satu ini dapat anda gunakan dengan cara scan QR Code. Selain itu, melalui aplikasi ini anda dapat melakukan berbagai jenis pembayaran seperti langganan listrik, pulsa, internet, dan lain sebagainya.

Top up saldo OVO dapat anda lakukan melalui ATM, Internet Banking, m-Banking, Debit Card, atau melalui merchant-merchant tertentu.

DOKU

Aplikasi pembayaran digital terbaik selanjutnya adalah DOKU. DOKU merupakan salah satu digital payment yang multifungsi. Selain bermanfaat untuk pembayaran digital, layanan ini juga dapat anda gunakan untuk pembayaran tagihan bulanan secara online.

Aplikasi DOKU juga dapat anda gunakan untuk transaksi e-commerce luar negeri seperti AliExpress. Selain itu, DOKU juga dapat anda pakai pada AlfaOnline, KAI, Citilink, dan lain sebagainya.

Go-Pay

Merupakan salah satu layanan berbentuk financial technology atau fintech dari Go-Jek. Seperti yang kita ketahui, Go-Jek merupakan aplikasi ojek online yang cukup populer.

Saldo yang terdapat pada pembayaran digital satu ini dapat anda gunakan untuk berbagai kebutuhan pembayaran online seperti pembayaran tagihan, belanja, isi pulsa, dan lain sebagainya. Selain itu, anda juga dapat isi saldo melalui driver gojek, ATM, atau minimarket.

LinkAja

Jika anda menggunakan nomor ponsel dari Telkomsel, maka anda dapat menggunakan layanan uang non tunai dari operator ini yang bernama LinkAja.

Aplikasi ini sudah mendapatkan izin operasi dari Bank Indonesia dan sangat aman untuk anda gunakan. Melalui aplikasi pembayaran digital dari Telkomsel ini, maka anda dapat melakukan beragam jenis transaksi finansial.

Untuk menggunakannya, anda perlu mengisi saldo akun LinkAja yang anda miliki. Hal ini dapat anda lakukan pada GraPari Telkomsel, transfrer bank, hingga minimarket-minimarket terdekat anda.

DANA

Salah satu aplikasi pembayaran secara digital terbaik selanjutnya yang dapat anda gunakan adalah DANA. Merupakan aplikasi dompet digital yang masih baru di Indonesia.

Akan tetapi, kepopulerannya mampu menyalip beberapa aplikasi sejenis pendahulunya. Dengan menggunakan aplikasi ini, anda dapat melakukan transaksi tanpa harus menggunakan uang tunai ataupun kartu kredit.

Selain itu, anda juga dapat melakukan transfer uang ke sesama pengguna aplikasi DANA. Dengan aplikasi ini, anda dapat melakukan pembayaran berbagai jenis tagihan.

Baca juga: Samsung Galaxy Book Flex 2 Berikan Perangkat Berkualitas

Sakuku

Salah satu layanan pembayaran dengan uang elektronik dari Bank BCA. Untuk mengaktifkan aplikasi ini, anda memerlukan nomor ponsel yang anda miliki.

Nomor ponsel tersebut nantinya akan menjadi akun nomor anda tanpa terbebani adanya biaya bulanan. Terdapat banyak transaksi perbankan yang dapat anda lakukan dengan menggunakan aplikasi Sakuku.

Seperti top up atau cash pada ATM BCAm BCA Mobile, transfer uang ke rekening BCA, penarikan uang tunai ATM BCAm KLIKBCA individual, dan lain sebagainya.

Aplikasi pembayaran digital satu ini memiliki layanan yang lebih lengkap dan disebut dengan Sakuku Plus. Beberapa transaksi perbankan di atas hanya dapat anda lakukan melalui Sakuku Plus. (R10/HR-Online)

Editor: Muhafid