Aplikasi Pembuat Video Animasi Terbaik

Aplikasi Pembuat Video Animasi Terbaik

Berita Teknologi, (Harapanrakyat.com).- Video animasi bisa menjadi salah satu konten yang cukup menjanjikan. Karena animasi-animasi singkat biasanya lebih menarik ketimbang dengan hanya foto atau teks. Terlebih lagi jika Anda memiliki keahlian menggambar. Anda bisa mengembangkan bakat dengan aplikasi pembuat video animasi.

Ada banyak pilihan aplikasi yang bisa yang bisa Anda gunakan untuk membuat video animasi baik menggunakan laptop maupun smartphone. Berikut adalah rekomendasi aplikasi pembuat animasi yang bisa Anda pilih.

Daftar Aplikasi Pembuat Video Animasi Terbaik

Aurora 3D Maker

Aplikasi ini bisa anda gunakan untuk menambahkan objek 3D ke dalam video yang telah Anda buat. Jadi jika Anda memiliki video dan ingin membuatnya lebih menarik, aplikasi ini sangat kami rekomendasikan.

Tidak hanya menambahkan objek dalam video, Anda juga bisa membuat presentasi menggunakan ini. Presentasi tersebut bisa Anda buat dengan menggunakan efek animasi 3D.

Meskipun tidak disarankan untuk dunia animasi profesional, namun Aurora 3D Maker ini bisa pemula gunakan, khususnya yang sedang belajar cara pembuatan video animasi.

Blender

Aplikasi pembuat video animasi satu ini cukup populer di kalangan freelancer, karena aplikasi ini gratis dan open source.

Artinya blender bisa anda gunakan baik dalam sistem operasi Windows, Linux, maupun MacOS. Aplikasi Blender sangat mudah anda gunakan karena user friendly.

Aplikasi ini bisa anda gunakan untuk membuat animasi tiga dimensi, melakukan modifikasi terhadap tekstur, model, cahaya dan post-processing. Semua proses tersebut Blender sajikan secara komplit.

Blender ini juga bisa anda gunakan untuk membuat game serta motion tracking, dan hal-hal lainnya. Aplikasi ini bisa pemula atau juga bisa profesional gunakan dalam proses pembuatan video animasi kualitas tinggi.

Animaker

Animaker merupakan software yang memiliki fitur untuk membuat video animasi dua dimensi dan 2.5D. Selain itu, aplikasi ini juga cukup mudah untuk anda gunakan.

Fitur lain yang tersedia dalam aplikasi ini adalah handicraft, infografis, whiteboard hingga animasi untuk tipografi. Banyak yang menggunakan Animaker untuk sarana integrasi, seperti presentasi atau sebagai alat bantu pembelajaran.

Aplikasi ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mengembangkan bakat dan belajar lebih dalam dunia animasi. Hanya saja software ini tidak tersedia secara gratis, Anda harus membayar dengan harga $12 setiap bulan.

Synfig Studio

Aplikasi selanjutnya adalah synfig studio, aplikasi ini bisa Anda gunakan secara gratis di laptop. Aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang sedang belajar untuk membuat aplikasi dua dimensi. Terutama untuk pemula yang masih belajar.

Synfig memiliki keunggulan yang sangat menguntungkan bagi pemula, yaitu interfacenya yang terbagi menjadi empat, yaitu editing, tool, parameter, dan navigator windows. Keempat interface tersebut akan sangat membantu Anda dalam membuat animasi.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan berbagai macam referensi serta video tutorial yang bisa Anda gunakan untuk belajar. Synfig studio juga menyediakan video tutorial aplikasi ini dalam berbagai bahasa.

Pivot Animator

Aplikasi Pivot Animator adalah aplikasi pembuat video animasi yang cukup sederhana, karena aplikasi ini menghasilkan stickman. Melalui stickman ini, Anda justru akan belajar membuat video animasi yang lebih baik lagi.

Kelebihan lain dari stickman adalah Anda bisa mempelajari cara membuat gerakan yang jauh lebih halus. Kemampuan ini sangat penting nantinya untuk diterapkan dalam dunia animasi.

Intinya Pivot Animator adalah aplikasi yang bisa anda gunakan sebagai dasar pembelajaran video animasi.

FilaClip

Aplikasi ini sedikit berbeda dengan aplikasi lainnya, karena FilaClip bisa Anda gunakan di perangkat android. Meskipun bisa anda gunakan pada android, namun kualitas aplikasi ini tidak bisa anda ragukan lagi.

FilaClip bisa membuat storyboard, sketsa atau gambar animasi yang lain sesuai dengan fitur yang tersedia. 

Hasil animasi yang telah anda buat bisa Anda eksport dalam format GIF atau MP4, dan bisa juga anda unggah ke berbagai media sosial seperti youtube, tik tok, Instagram dan platform lainnya.

Pixel Animation Studio MP4 GIF

Aplikasi ini sesuai dengan namanya Pixel Animation Studio MP4 GIF yang bisa anda gunakan untuk membuat video animasi dengan basis pixel.

Aplikasi ini sangat mudah untuk anda operasikan, karena anda hanya perlu menyatukan piksel-piksel yang ada dan membentuk gambar yang anda inginkan.

Kemudian pixsel-pixsel tersebut bisa Anda jadikan animasi. Ada fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi ini yang bisa membantu Anda untuk mengubah gambar pixsel yang telah anda buat menjadi animasi.

Veeme Avatan Creator

Aplikasi pembuat video animasi yang juga tersedia di perangkat android adalah Veeme Avatan Creator. Aplikasi ini bisa membantu Anda membuat animasi 3D. Anda bisa membuat karakter yang sesuai dengan imajinasi.

Anda juga bisa menambahkan background supaya tampilan animasi menjadi lebih menarik. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menambahkan foto-foto dalam video yang anda buat, agar membuat hasilnya sesuai dengan keinginan.

Aplikasi ini bisa Anda unduh melalui browser pada smartphone yang anda miliki. (Deni/R4/HR-Online)

Editor : Deni Supendi