Aplikasi Scan Barcode Terbaik Android, Penggunaan Mudah dan Gratis

Aplikasi Scan Barcode
Ilustrasi Aplikasi Scan Barcode. Foto: Ist/Net

Aplikasi scan barcode dapat memberi kemudahan dalam memindai kode QR atau barcode melalui smartphone Android yang ada miliki. Kode batang atau yang lebih populer dengan sebutan barcode sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Ketika kita berbelanja pada salah satu supermarket, barang-barang yang terjual pada umumnya ditempeli dengan adanya barcode.

Dengan adanya kode ini, maka dapat memudahkan dalam pengecekan harga barang. Anda akan mengetahui harga produk apapun yang mempunyai barcode.

Selain code, terdapat istilah lain yakni QR Code ataupun Quick Response Code. Perlu anda ketahui, kode QR adalah sejenis dari barcode.

Sama halnya dengan barcode, kode QR juga berisi mengenai informasi yang dapat terbaca oleh mesin mengenai item yang terlampir dalam sistem tersebut.

Untuk dapat membaca barcode ataupun kode QR, saat ini smartphone yang beredar di pasaran mempunyai kemampuan untuk membaca barcode atau kode QR dengan memanfaatkan adanya aplikasi tertentu.

Baca juga: Aplikasi Cari Kost Terbaik dan Terakurat, Peroleh Kost Aman dan Nyaman

Daftar Aplikasi Scan Barcode

Pada awalnya, untuk membaca barcode diperlukan adanya alat khusus dan hanya orang-orang tertentu yang dapat melakukannya.

Akan tetapi, untuk saat ini, hampir semua orang dapat melakukan hal tersebut tanpa harus menggunakan alat khusus. Yang anda perlukan adalah sebuah perangkat smartphone yang dilengkapi dengan adanya aplikasi pembaca barcode.

Berikut ini beberapa jenis aplikasi scan barcode yang dapat anda manfaatkan melalui ponsel anda, antara lain:

QR Code Reader

Salah satu aplikasi yang dapat memberi kemudahan bagi anda dalam membaca kode QR atau barcode. Aplikasi ini telah banyak diunduh pengguna lebih dari 100 juta kali.

Melalui QR Code Reader, menawarkan suatu aplikasi yang simpel serta sangat mudah untuk anda gunakan. Sehingga anda dapat membuka aplikasi serta langsung memindai barcode yang anda inginkan.

NeoReader

Aplikasi scan barcode berikutnya adalah NeoReader. Aplikasi ini merupakan pembaca kode QR universal yang dapat memindai semua jenis barcode standar. Seperti Matrix, EAN, kode Azter, UPC, PDF 471, kode QR, serta kode 128.

Selain itu, NeoReader terbukti sebagai pemain papan atas dari antara aplikasi pemindai kode QR terbaik untuk Android dan iPhone.

Hal menarik dari NeoReader adalah dapat mendeteksi tipe barcode secara otomatis serta memindai Kode QR dari segala arah.

Selain itu, pengguna dapat membuat kode QR sendiri serta membagikannya dengan menggunakan email, Facebook, Twitter, atau SMS. Aplikasi NeoReader dapat menyimpan riwayat pemindaian kode QR untuk referensi pada masa yang akan datang.

Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah mendukung pemindaian menggunakan kamera depan serta belakang. Mengenai URL eksternal, maka aplikasi akan mengkonfirmasi situs web sebelum akhirnya mengunjungi situs tersebut.

NeoReader sangat mudah dalam penggunaannya. Hanya dengan sekali klik, maka pengguna akan menuju ke halaman web khusus.

Official QR Code® Reader “Q”

Aplikasi scan barcode selanjutnya adalah Official QR Code® Reader “Q”. Aplikasi ini mampu membaca kode QR dengan sangat cepat.

Selain memiliki kemampuan untuk membaca kode QR saja, akan tetapi Official QR Code® Reader “Q” juga mampu membaca Barcode dan Frame QR. Official QR Code® Reader “Q” juga dapat membuat kode QR yang berasal dari URL, kontak, peta, serta teks.

Baca juga: HP Vivo V2056A Hadir dengan Qualcomm Snapdragon 888 Terbaru

QR & Barcode Scanner

Salah satu aplikasi scan barcode yang memungkinkan pengguna untuk dapat memperoleh hasil pemindaian secara lebih cepat.

Selain mampu mengungkap detail kode, QR & Barcode Scanner juga dapat mengarahkan pengguna ke halaman web, detail WiFi, lokasi, serta informasi produk yang lebih lengkap.

Terdapat pula elemen belanja yang terdapat pada aplikasi ini. Pada saat pengguna memindai barcode produk, maka aplikasi ini dapat menunjukkan harga online secara langsung dari beberapa pengecer serta membantu pengguna dalam menentukan pilihan.

Selain itu, QR & Barcode Scanner juga dapat membantu pengguna untuk lebih menghemat banyak uang melalui belanja online.

Aplikasi ini mempunyai fungsionalitas yang cukup sederhana. Para pengguna hanya perlu membuka aplikasi serta mengarahkan kamera pada kode.

Selain itu, pengguna juga dapat mengecek riwayat pemindaian dengan cepat bisa kembali ke barang yang telah dipindai sebelumnya. Aplikasi scan barcode satu ini dapat anda gunakan secara gratis dan mudah. (R10/HR-Online)

Editor: Muhafid