Aplikasi WPS Office, Spesifikasi, Versi, Kekurangan dan Kelebihannya

Aplikasi WPS Office, Spesifikasi, Versi, Kekurangan dan Kelebihannya
Aplikasi WPS Office, Foto: Ist/net

Aplikasi WPS Office merupakan sebuah akronim untuk writer, spreadsheets, dan juga presentation. Aplikasi yang satu ini sebelumnya kita kenal sebagai Kingsoft Office.

WPS Office adalah sebuah paket layanan digital perkantoran untuk berbagai macam software. Seperti halnya, Microsoft Windows, iOS, Linux, dan juga Android OS.

Aplikasi ini merupakan hasil dari pengembangan perangkat lunak yang berasal dari Tiongkok. Yang mana telah berbasis di Zhuhai.

Aplikasi WPS Office

WPS Office ini juga dikenal sebagai paket aplikasi perkantoran yang terbagi menjadi tiga komponen utama. Seperti halnya WPS Writter, WPS Spreadsheet, dan WPS Presentation.

Versi dasar pada aplikasi ini untuk perorangan dapat kita gunakan secara gratis. Akan tetapi, suatu tanda air bisa tercetak di semua hasil cetakan sesudah berakhir masa percobaan 30 hari.

Aplikasi WPS Office, Spesifikasi, Versi, Kekurangan dan Kelebihannya

Selain versi dasar, ada pula versi kelas profesional yang dapat kita gunakan. Varian kelas profesional ini memiliki berbagai macam fitur yang lengkap.

Baca juga: Aplikasi Untuk Membuka Dokumen di WA, Gratis Wajib Dicoba!

Kita juga dapat menggunakannya dengan biaya berlangganan. Versi WPS Office untuk saat ini yang bisa kita gunakan adalah WPS Office 10.

Spesifikasi Aplikasi WPS Office

Aplikasi ini memiliki spesifikasi yang sangat menguntungkan bagi sejumlah pengguna. Sehingga, aplikasi ini marak digunakan, terutama bagi para pelajar, mahasiswa, maupun pekerja kantoran.

Secara keseluruhan WPS Office ini memiliki ukuran yang sangat kecil. Kita tidak perlu merasa terbebani dengan ukurannya yang dapat membuat penuh ruang penyimpanan.

Selain itu, installer yang dimiliki oleh aplikasi ini hanya memerlukan ruang sebesar 80 MB saja. Setelah berhasil melakukan proses install, hanya akan mengambil ruang hardisk sebesar 350 MB.

Bila kita bandingkan dengan Microsoft Office, aplikasi WPS Office ini sangatlah menguntungkan. Pasalnya, Microsoft Office yang kita gunakan dapat menggunakan hardisk sebesar 3 GB setelah melakukan proses install.

Tidak hanya dari segi ruangan hardisk yang minim saja ketika menggunakan aplikasi ini. Spesifikasi yang tak kalah menarik adalah dari segi tampilannya.

WPS Office memiliki tampilan yang sangat familiar seperti tampilan Microsoft Office. Sehingga bagi anda yang sudah terbiasa dengan Microsoft Office kemudian beralih ke WPS Office, tidak akan bingung maupun kesusahan.

Selain itu, aplikasi WPS Office juga memiliki fitur yang serupa dengan Microsoft Office. Tak terkecuali dengan fungsi dan juga shortcutnya.

Menariknya lagi, WPS Office ini memang sengaja dirancang sedemikian rupa untuk kompatibel dengan berbagai macam file Microsoft Office. Bagi anda yang ingin mencoba maupun belajar untuk menggunakan WPS Office ini, maka tidak akan menemukan kendala maupun kesulitan.

Spesifikasi yang handal ini pun telah dirangkum menjadi satu untuk dapat kita gunakan secara gratis atau tidak berbayar sama sekali. Terutama bagi mereka yang menggunakannya secara penuh.

Benarkah Aplikasi WPS Office Ini Gratis?

Mungkin sebagian dari kita bertanya-tanya, apakah benar aplikasi ini dapat kita gunakan secara gratis? Kita dapat melihat lebih detailnya pada situs resmi WPS Office ini bahwa ternyata versi gratisnya ini bukanlah satu-satunya versi.

WPS Office telah merilis beberapa versi yang dapat kita gunakan. Hal ini yang membuat WPS Office serupa dengan Microsoft Office.

Seperti yang kita tahu bahwa dalam Microsoft Office terdapat banyak versi. Untuk WPS Office mengeluarkan versi antara lain home & student, ultimate, hingga profesional.

Baca juga: HP Oppo Kamera Putar, Produk Lawas dengan Aktivitas Selfie Maksimal

Hal yang membedakan dengan versi-versi pada Microsoft Office ini adalah berdasarkan kelengkapan fitur utamanya. Versi yang ada pada aplikasi WPS Office ini tidak memiliki sebuah kemampuan maupun kelengkapan fiturnya.

Akan tetapi, hanya berdasarkan dengan kemampuan masing-masing versi dalam mengkonversi file PDF ke file yang berbentuk Word. Selain itu, juga terdapat kemunculan iklan dan jumlah instalasi yang bisa dilakukan oleh sebuah file installer.

Secara garis besar, kita dapat membedakan WPS Office ini ke dalam tiga versi. Seperti versi free yang marak kita gunakan, versi premium, dan juga versi profesional.

Untuk versi free jelas kita tidak akan dikenakan biaya sama sekali. Akan tetapi, untuk versi premium dan versi profesional akan dikenakan tarif berbayar atau tidak gratis.

Sehingga, dapat kita simpulkan gratis atau tidak saat menggunakan aplikasi WPS Office ini tergantung versi apa yang kita gunakan.

Perbedaan WPS Office dengan Microsoft Office

Masih terdapat banyak hal lainnya yang menjadi nilai positif dari WPS Office ini. Baik itu kita lihat secara keseluruhan, sriter, spreadsheets, maupun presentation.

Baca juga: Bangun Kerajaan Bisnis dengan Virtual Office Bersama Office99

Berikut ini adalah beberapa poin penting yang menjadi keunggulan WPS Office bila kita bandingkan dengan Microsoft Office. Penilaian ini dapat kita buktikan setelah penggunaan kurang lebih satu bulan lamanya.

Aplikasi WPS Office Secara Keseluruhan

  • Memiliki ukuran yang sangat kecil, baik itu sebelum maupun setelah melakukan penginstallan
  • Waktu yang dibutuhkan oleh pengguna untuk membuka sebuah file akan lebih cepat bila kita bandingkan dengan Microsoft Office
  • Memiliki user interface yang sangat serupa dengan Microsoft Office
  • Beban dari CPU dan RAM juga lebih ringan
  • Secara langsung dapat terhubung dengan cloud storage yang aplikasi WPS Office sediakan
  • Selain itu, juga terhubung dengan bank template yang berbayar maupun gratis
  • Memiliki proses buka tutup dokumen yang lebih cepat bila kita bandingkan dengan Microsoft Office

WPS Wrier

  • File yang tersimpan dalam format docx
  • Memiliki fitur pengguna bahasa atau dictionary atau spell check yang dapat dengan mudah kita aktifkan maupun dinonaktifkan
  • Selain itu, juga terdapat fitur Import PDF to Word dan juga Picture to Text
  • Memiliki fitur yang sangat mirip dengan fitur yang ada di Microsoft Word

WPS Spreadsheets

  • File yang tersimpan dalam format xlsx
  • Insert banyak row dan juga column bisa berjalan dengan cepat, tanpa kita harus melakukan hal yang sama berulang kali
  • Memiliki fitur yang sangat mirip dengan Microsoft Excel

WPS Presentation

  • File yang ada tersimpan ke dalam format pptx
  • Mode slide show yang dapat kita gunakan sudah terbagi menjadi 2 tampilan yang berbeda saat menggunakan layar extend
  • Memiliki fitur yang serupa dengan Microsoft Power Point

Kelebihan Menggunakan Aplikasi WPS Office

Menggunakan WPS Office ini tentu saja dapat memudahkan pekerjaan kita. Pasalnya, aplikasi yang satu ini memiliki berbagai macam kelebihan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah kelebihannya.

  1. WPS Office mempunyai fasilitas reading dengan tampilan layout yang dapat kita scroll atau gulung dari atas ke bawah maupun sebaliknya. Selain itu, juga dapat flip atau membalik lembaran demi lembaran seperti ketika kita membaca buku.
  2. Aplikasi ini memiliki tampilan layar yang dapat diperbesar dengan tulisan yang bisa kita wrap. Sehingga tulisan tidak akan terpotong oleh bagian tepi-tepi layarnya.
  3. Terdapat tombol yang dapat kita gunakan untuk menampilkan keyboard maupun aplikasi lainnya yang mengharuskan user mengetuk-ngetuk layar hingga keyboard muncul. Ketukan pada layar di aplikasi lainnya seringkali mengakibatkan pindahnya cursor ke posisi yang tidak sengaja terketuk
  4. Aplikasi WPS Office ini sangatlah ringan. Sehingga pengguna tidak perlu menunggu terlalu lama sampai pekerjaan berhasil kita selesaikan.
  5. Memiliki fasilitas untuk mengonvert file ke dalam bentuk PDF
  6. Selain itu, juga memiliki fasilitas pengaturan font yang sangat user frendly
  7. Terdapat fasilitas bullet dan juga numbering yang sangat user frendly. Sehingga pengguna akan mendapatkan kemudahan untuk mengatur bullet maupun memberikan penomoran meskipun melalui perangkat mobile atau HP

Kekurangan Aplikasi WPS Office

Selain memiliki serangkaian kelebihan, aplikasi ini juga mempunyai kekurangan. Akan tetapi, kekurangan ini tidak akan mengganggu pengguna untuk menggunakannya.

Baca juga: Aplikasi Bahasa Sunda Terlengkap dan Praktis Belajar Bahasa Sunda

Terkadang pengguna akan mengalami kegagalan untuk menampilkan PPT. Yang mana di dalamnya terdapat sebuah halaman yang tulisan maupun gambarnya tidak muncul.

Akan tetapi untuk memunculkannya satu per satu, kita harus klik beberapa kali. Sehingga ini terkesan kurang fleksibel.

Soal kekurangan ini WPS Office selalu memberikan penampilan halaman presentasi tersebut sekaligus. Dengan begitu, seluruh gambar maupun tulisan yang kita atur dapat muncul satu per satu dalam tampilan sekaligus pada layar.

Itulah tadi informasi selengkapnya mengenai WPS Office. Anda dapat mudah mendapatkannya dengan melakukan pengunduhan.

Caranya, anda hanya perlu menuliskan aplikasi WPS Office pada laman pencarian. Setelah itu, akan muncul beberapa situs yang dapat anda kunjungi. Buka salah satu situs tersebut, kemudian anda dapat melakukan pengunduhan secara gratis. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang Hermansyah