Sabtu, Agustus 20, 2022
BerandaBerita TerbaruArti dari Istiqomah dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari

Arti dari Istiqomah dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari

Arti dari istiqomah penting untuk anda ketahui dengan lebih jelas. Meskipun kata istiqomah sering terucap dalam kehidupan sehari-hari, terutama berhubungan dengan agama, namun tak sedikit yang belum mengerti apa yang menjadi makna dari kata istiqomah itu sendiri.

Hal ini menjadi sangat penting karena istiqomah kita perlukan untuk mendukung segala aktivitas, baik yang berhubungan dengan keagamaan maupun yang berhubungan dengan sesama manusia dan lingkungan sekitar.

Sehingga, memahami makna istiqomah sebagai salah satu ibadah, dapat memberikan keuntungan dan manfaat yang besar untuk kita.

Baca juga: Rasul Ulul Azmi Beserta Mukjizat-Mukjizat yang Dimilikinya

Arti dan Makna dari Istiqomah

Dapat kita katakan jika kata istiqomah seringkali terdengar atau bahkan sering mengucapkannya. Akan tetapi, tak sedikit masyarakat yang mengerti arti dari kata tersebut. Karena, istiqomah sering terucap pada sejumlah kegiatan maupun kesempatan.

Istiqomah mempunyai makna yang selaras dan tegak lurus dalam bahasa bakunya, yakni konsisten. Hal ini sama seperti yang berasal dari arti bahasa Arabnya, yaitu istiqomah yang artinya tegak lurus.

Bentuk lain dari istiqomah yakni mustaqim yang juga memiliki makna tegak lurus. Sementara jika mengacu pada KBBI yang mana istiqomah dimaknakan sebagai sikap teguh pada pendirian serta selalu konsisten.

Arti dari istiqomah secara umum tersebut, kita dapat memahami jika istiqomah merupakan sikap yang teguh terhadap pendirian serta siap menerima semua resiko yang berasal dari sikap tersebut. Kemudian, arti kata siap menerima segala konsekuensi dari sikap tersebut terkadang sulit, berat, dan tidak menyenangkan.

Makna Istiqomah Berdasarkan Beberapa Ahli

Istiqomah mempunyai makna yang tegak lurus atau dalam bahasa bakunya adalah sikap yang konsisten. Lalu, menurut beberapa ahli, terdapat beberapa pengertian istiqomah yang dapat kita ketahui.

Pertama, yakni menurut Ali bin Abi Thalib yang mana maknanya jika istiqomah merupakan suatu tindakan yang melakukan suatu hal kewajiban.

Selanjutnya yang kedua adalah menurut Ibnu Abbas. Ia memaknai dari kata istiqomah dengan tiga makna. Istiqomah melalui lisan dengan sikap yang bertahan dalam bacaan syahadat.

Lalu arti dari istiqomah yang kedua yaitu istiqomah melalui hati, yang mana selalu diikuti dengan niat tulus dan jujur. Ketiga adalah istiqomah dengan jiwa, yang mana seseorang menjalankan ibadah dan juga ketaatan pada Allah SWT terus-menerus.

Berikutnya adalah berdasarkan pendapat An-Nawawi yang memaknai istiqomah sebagai wujud ketaatan. Dengan demikian, istiqomah sendiri mempunyai makna jika seseorang tersebut ada dalam ketaatan serta pada jalan yang lurus ketika menjalankan ibadah pada Allah SWT.

Selanjutnya adalah pendapat dari Mujahid, yang mana memaknai istiqomah sebagai wujud komitmen pada kalimat syahadat serta tauhid sampai bertemu dengan Allah SWT.

Baca juga: Perbedaan Infaq dan Shodaqoh yang Wajib Diketahui, Apa Saja?

Penerapan Istiqomah untuk Kehidupan Sehari-hari

Arti dari istiqomah sangat penting untuk penerapan ibadah dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini akan membuat aktivitas beribadah menjadi lebih ringan dan terasa mudah.

Penerapan istiqomah dapat kita terapkan dengan senantiasa menjalankan perintah Allah SWT serta selalu menjauhi segala yang Allah SWT larang untuk semua kondisi yang kita jalankan.

Lalu, penerapan juga dapat kita lakukan dengan menjalankan sholat lima waktu secara tepat waktu. Lalu, dalam kehidupan bermasyarakat, istiqomah dapat kita lakukan dengan menaati aturan yang ada, baik dalam rumah, sekolah, hingga lingkungan sekitar.

Kemudian, penerapan arti dari istiqomah ini Allah SWT jamin untuk kita surga bagi yang menjalankannya. Lalu terhindar dari segala kekhawatiran serta kesedihan.

Seperti yang tertuang dalam firman Allah SWT QS. Al-Ahqaf: 13, yang artinya ” Sesungguhnya, orang-orang yang mengatakan: Tuhan kami adalah Allah, lalu mereka tetap istiqamah. Maka tak akan ada kekhawatiran kepada mereka serta mereka tidak pula berduka cita.”

Istiqomah adalah salah satu ibadah yang Allah SWT cintai. Istiqomah juga seringkali memiliki makna konsisten. Walaupun termasuk ibadah kecil, istiqomah yang kita lakukan dengan konsisten, maka hasilnya akan menjadi lebih baik.

Arti dari istiqomah ini dapat kita bandingkan dengan amalan-amalan besar, tetapi jarang untuk kita lakukan. Hal ini juga tertuang dalam sebuah hadits. Dimana berbunyi ” Berbuatlah sesuatu yang tepat serta benarlah kalian dan amal yang paling Allah cintai, yaitu amalan yang terus-menerus walaupun sedikit” (HR Bukhari). (Muhafid/R6/HR-Online)