Bakso Cuanki Bandung, Kuliner Tradisional Khas dan Mengenyangkan

Bakso Cuanki Bandung
Bakso Cuanki Bandung. Foto: youtube.com

Bakso Cuanki Bandung salah satu kuliner tradisional yang cukup mengenyangkan dan juga legendaris. Makanan tradisional ini berbahan dasar ikan, daging sapi, tepung tapioka, serta bumbu penyedap lainnya.

Kuliner ini disajikan dengan kuah kaldu yang kuat dengan berisi bakso, siomay goreng, siomay rebus, hingga tahu rebus. Tidak lupa pula tambahan bawang goreng serta potongan daun seledri.

Cuanki sendiri dapat dengan mudah anda temukan pada pedagang kaki lima yang menjajakan dagangannya dengan dipikul sembari berjalan kaki dan membunyikan suara kentongan yang khas.

Bakso Cuanki Bandung

Resep bakso Cuanki hampir sama dengan resep bakso pada umumnya. Dengan kuah panas lengkap dengan bola-bola bakso, tahu, dan mie.

Akan tetapi, dari segi rasa agak berbeda dari jenis bakso pada umumnya. Dengan menyantap Cuanki, anda akan kembali segar dengan rasa gurih dan nikmat yang ditawarkan sehingga membuat anda tidak merasa bosan saat menyantapnya.

Baca Juiga : Burayot Khas Garut, Camilan Tradisional dengan Citarasa Melegenda

Bagi anda yang sedang berlibur ke Kota Bandung dan ingin merasakan citarasa Cuanki Bandung yang sangat menggoyang lidah, tak perlu bingung. Banyak sekali tempat jual Cuanki yang dapat anda kunjungi yang populer dengan cita rasa khas.

Asal Mula Bakso Cuanki Bandung

Cuangki pertama kali diperkenalkan oleh orang Tionghoa pada tahun 60an. Hal yang menarik dari nama Cuanki adalah berasal dari singkatan “Cari Uang Jalan Kaki”.

Hal ini berawal dari kisah para penjual Cuanki yang menjajakan dagangannya dengan berjalan kaki. Sambil memikul dari satu kampung ke kampung yang lain. Para pedagang tersebut dalam menjanjakan dagangannya sembari membunyikan suara kentongan yang khas “tok..tok..tok”.

Suara khas tersebut terkenal sebagai penanda penjual Cuanki yang sedang melintas. Namun seiring berjalannya waktu serta teknologi, para penjual Cuanki tidak lagi menjajakan dagangannya dengan berjalan kaki.

Meskipun masih ada beberapa yang berjualan dengan berjalan kaki keliling. Saat ini sebagian besar penjual Cuanki menjajakan jualannya dengan cara menetap ataupun menjual Cuanki instan yang dapat anda sajikan hanya dalam waktu yang singkat.

Cuanki instan dapat anda sajikan kapan saja serta bisa anda kirim ke berbagai daerah dengan menggunakan pengiriman online.

Rekomendasi Bakso Cuanki Bandung Paling Hist

Berikut ini beberapa rekomendasi Bakso Cuanki Bandung paling hits dan populer yang dapat anda kunjungi saat berlibur ke Kota Bandung, antara lain:

Cuanki Serayu Bandung

Nama Cuangki Serayu Bandung merupakan salah satu tempat makan Kota Bandung yang cukup populer. Selain karena menyuguhkan citarasa Cuanki yang sangat lezat, pusat kuliner Kota Bandung satu ini dapat dikatakan sebagai tempat jual Cuanki Bandung yang legendaris.

Tempat kuliner ini telah ada sejak tahun 1990an yang berlokasi di Jalan Serayu Kota Bandung. Awal mula hadirnya Cuanki Serayu Bandung adalah dengan menjual Cuanki menggunakan gerobak keliling hingga akhirnya memiliki tempat usaha menetap seperti saat ini.

Baca Juga : Makanan Korea untuk Mukbang yang Cocok di Lidah Orang Indonesia

Cuanki Serayu Bandung terkenal dengan rasa kuahnya yang khas. Rasa kuah tersebut anda peroleh dari rebusan tulang ikan. Selain menu utama bakso Cuanki, tempat ini juga tersedia menu lain yang tidak kalah populer, yakni batagor yang renyah.

Cuanki Endos

Salah satu tempat jual bakso Cuanki Bandung yang cukup populer dan wajib anda kunjungi selanjutnya adalah Cuanki Endos. Selain rasanya yang sangat nikmat, isian dari menu Cuanki yang tersaji memiliki ukuran sangat besar.

Oleh karena itu, sangat cocok bagi anda yang ingin menikmati makanan berkuah yang nikmat, hangat, serta mengenyangkan. Menariknya lagi, anda dapat menambahkan topping ceker ayam serta tulang ayam. Dengan sajian kuah kaldu yang gurih serta bikin ketagihan yang berbeda dengan kuah bakso pada umumnya.

Kuah kaldu yang anda peroleh dari Cuanki Endos terbuat dari rebusan tulang ayam. Anda dapat mengunjungi Cuanki Endos ini yang beralamat di Jl, Kliningan No. 1 Buah Batu, Kota Bandung.

Masih banyak lagi tempat jual Bakso Cuanki Bandung populer yang dapat anda kunjungi. Seperti Cuanki Dara Kembang Bandung, Cuangki CLBK Bandung, Cuanki Express Ginding, dan lain sebagainya. Masing-masing kedai ini memiliki sajian Cuanki dengan ciri khas tersendiri. (R10/HR-Online)

Editor : Dadang