Bangun Tidur Tubuh Sakit, Ternyata Ini Penyebabnya

Bangun tidur tubuh sakit bisa disebabkan beberapa faktor. Foto: Net/Ist.
Bangun tidur tubuh sakit bisa disebabkan beberapa faktor. Foto: Net/Ist.

Bangun tidur tubuh sakit bisa disebabkan beberapa faktor. Tidur merupakan salah satu aktivitas yang wajib dilakukan semua orang. Dengan tidur, tubuh Anda akan merasa lebih rileks dan tenang.

Bahkan, bisa juga menghilangkan semua kepenatan, dan berharap saat bangun tidur akan menambah semangat beraktivitas.

Namun, bagaimana jika Anda bangun tidur sering merasakan tubuh sakit?  Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui daftar penyebab tubuh sakit saat bangun tidur pada pagi hari.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini lima penyebab banguna tidur tubuh terasa sakit yang perlu Anda Ketahui.

Bangun Tidur Tubuh Sakit, Ini Penyebabnya

Baca Juga : Adab Sebelum Tidur Menurut Islam yang Sesuai Anjuran Rasulullah

Merasa Gelisah dan Banyak Gerak

Mungkin sangat banyak orang yang memiliki kebiasaan saat tidur banyak gerak atau grasak-grusuk. Seperti halnya waktu tidur semalam berbaring dengan keadaan berbaring lurus.

Namun, yang terjadi esok paginya posisi kepala berada di tempat kaki. Begitupun bantal sudah tercecer di lantai. Hal tersebut bisa menandakan bahwa Anda sedang mengalami sindrom kaki gelisah.

Nah, orang yang terbiasa mengalami hal tersebut biasanya akan mudah merasa kesemutan. Kebiasaan ini pada akhirnya akan membuat tubuh akan terasa sakit saat bangun.

Minum Alkohol Sebelum Tidur

Jika Anda salah satu orang yang sering mengalami bangun tidur tubuh sakit, salah satu penyebabnya bisa jadi akibat mengonsumsi minuman beralkohol sebelum tidur.

Banyak yang menganggap bahwa minum alkohol sebelum tidur bisa membuat nyenyak ketika tidur. Padahal pada kenyataannya tidak seperti itu.

Baca Juga : Bahaya Tidur Pakai Headset, Bisa Menyebabkan Kematian Lho!

Selain itu, perubahan siklus tidur yang membuat Anda mimpi buruk, sehingga mudah membuat Anda sering terbangun saat tengah malam. Sehingga, ketika bangun tidur pada pagi harinya badan terasa lelah.

Sering Bolak-balik Buang Air Kecil Tengah Malam

Kebiasaan buang air kecil saat tengah malam juga dapat menyebabkan bangun tidur tubuh sakit dan terasa lelah. Hal tersebut menyebabkan ritme sirkadian atau siklus tidur Anda menjadi kacau dan tidak tertata.

Sehingga, Anda akan mudah merasakan rasa sakit dan lelah saat bangun tidur. Selain itu, kebiasaan tersebut juga dapat dipengaruhi oleh faktor usia, serta kondisi fisik yang kurang baik. Seperti infeksi ginjal hingga diabetes.

Menggeratkan Gigi saat Tidur

Kebiasaan menggeratkan gigi Anda saat sedang tidur juga dapat memicu rasa sakit yang akan Anda alami setelah bangun tidur.

Hal tersebut disebabkan karena rahang dan otot-otot mulut yang secara terus-menerus bergerak dan mengencang ketika tidur.

Baca Juga : Manfaat Tidur Menggunakan Guling, Tubuh Bisa Lebih Sehat

Sayangnya, kebiasaan tersebut tanpa Anda sadari sedang mengeluarkan energi yang justru merugikan tubuh. Oleh karena itu, segeralah konsultasikan atau periksakan ke dokter untuk pengobatannya.

Mempunyai Sleep Apnea

Sleep apnea merupakan gangguan tidur kronis. Penyebabnya akibat berhentinya napas untuk sesaat. Dan hal itu dapat terulang beberapa kali yang membuat Anda tidur dalam keadaan ngorok.

Gangguan tersebutlah yang menyebabkan tubuh Anda lelah, sehingga tidur pun tidak bisa nyenyak. Bahkan cenderung gelisah.

Itulah beberapa penyebab bangun tidur tubuh sakit yang tanpa Anda sadari menjadi kebiasaan setiap hari. Dengan demikian, sangat penting jika Anda mempelajari gejala seperti tersebut di atas.

Apabila hal itu terus berulang, maka sebaiknya Anda segera konsultasi atau memeriksakannya ke dokter atau tenaga medis Puskesmas. (Eva/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah