Minggu, Agustus 14, 2022
BerandaGaya HidupBuah Rendah Gula Ini Sangat Baik dan Sehat Dikonsumsi

Buah Rendah Gula Ini Sangat Baik dan Sehat Dikonsumsi

Buah rendah gula sangat baik untuk para penderita diabetes. Sebab, untuk mereka yang memiliki penyakit diabetes atau kencing manis, harus membatasi dalam mengkonsumsi buah-buahan yang tinggi akan kandungan gula.

Adapun buah-buahan yang tinggi kadar gulanya antara lain nanas, apel, pisang, mangga, anggur, delima dan lain sebagainya.

Memang, tidak sedikit orang yang beranggapan, bahwa cara diet yang baik adalah dengan cara mengkonsumsi buah-buahan secara rutin.

Baca Juga : Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

Akan tetapi, nyatanya ada beberapa buah yang banyak mengandung kadar gula tinggi. Dan itu sangat buruk untuk mereka yang memiliki riwayat penyakit diabetes.

Buah Rendah Gula, Ini Daftarnya

Jika Anda sedang melakukan program diet, maka Anda perlu mengetahui daftar buah yang memiliki kandungan gula yang tidak tinggi. Apa saja? berikut ulasannya.

Semangka

Buah semangka merupakan buah yang sangat menyegarkan. Selain itu, semangka juga mengandung banyak air yang dianjurkan untuk dikonsumsi, bagi Anda yang sedang menjalani program diet.

Tidak hanya mengandung kadar air yang tinggi, kandungan kadar gula dalam semangka ini juga sangat rendah. Sehingga, mampu meningkatkan metabolisme dalam tubuh dengan lebih baik.

Perlu Anda ketahui, bahwa dalam secangkir penuh cairan air semangka, hanya terdapat kurang dari dari 10 gram kandungan gula di dalamnya.

Lemon dan Jeruk Nipis

Buah rendah gulayang dapat Anda konsumsi selanjutnya adalah lemon dan jeruk nipis. Kedua buah ini sangat baik untuk menyempurnakan program diet Anda.

Lemon dan jeruk nipis ini mengandung kadar gula yang rendah jika membandingkannya dengan buah jeruk biasa. Yaitu, sekitar 1 sampai 2 gram gula dalam satu buah utuh yang berukuran sedang.

Baca Juga : Buah untuk Asam Lambung yang Efektif, dari Pisang hingga Apel

Sehingga, kedua buah tersebut sangat cocok untuk mengurangi nafsu makan, karena rasanya yang asam.

Kiwi

Selain lemon dan jeruk nipis, Kiwi yang masuk dalam daftar dengan rendah gula selanjutnya ini, ternyata juga memiliki kadar gula yang tidak tinggi.

Selain itu, kandungan vitamin C dalam buah kiwi ini sangat tinggi, dan baik untuk kesehatan tubuh.

Perlu Anda ketahui bahwa satu buah dalam kiwi ini hanya mengandung 6 gram kadar gula.

Sedangkan kandungan antioksidan yang ada dalam buah Kiwi ini, mampu menangkal radikal bebas yang masuk. Selain itu juga mampu melawan tumbuhnya infeksi.

Alpukat

Banyak orang yang belum mengetahui jika buah alpukat ini juga termasuk dalam kategori buah yang memiliki kadar gula rendah.

Meskipun dalam alpukat ini terkenal dengan kandungan lemak sehat yang tinggi, namun alpukat sangat rendah gula. Karena, dalam 100 gram alpukat hanya terdapat rata-rata 0,7 gram kadar gula. Sehingga, alpukat ini masih aman untuk Anda konsumsi setiap hari.

Keluarga Beri

Kategori buah berkadar gula rendah selanjutnya adalah keluarga beri, seperti halnya strawberry, raspbery, dan blackberry. Keluarga beri ini mengandung rata-rata kadar gula per 150 gramnya hanya terdapat 4-7 gram saja.

Baca Juga : Daftar Manfaat Daun Kelor untuk Diabetes, Penting Anda Ketahui!

Sehingga, dengan begitu kini Anda tidak perlu takut untuk mengkonsumsinya. Selain itu, antioksidan dan vitamin C yang ada dalam keluarga Beri ini, baik untuk kesehatan kulit dan mampu melancarkan pencernaan.

Blewah

Kemudian buah yang memiliki kandungan kadar gula tidak tinggi adalah blewah. Dalam satu cangkir blewah memiliki kandungan gula sebanyak kurang dari 13 gram saja.

Meskipun terbilang rendah, namun blewah yang banyak tersedia pas bulan Ramadan, ternyata kadar gulanya masih lebih tinggi jika membandingkan dengan buah-buahan yang ada di atas.

Selain aman untuk mereka yang memiliki penyakit diabetes, kandungan dalam blewan juga ternyata mempunyai vitamin A yang tinggi.

Persik

Kemudian, buah yang memiliki kadar gula rendah adalah persik. Walaupun persik ini mempunyai rasa yang manis, tapi ternyata mempunyai kandungan atau kadar gula yang tidak tinggi.

Dalam satu persik dengan ukuran yang sedang, kurang lebih memiliki kandungan gula sebanyak 13 gram.

Bukan hanya aman untuk dikonsumsi oleh penderita kencing manis, persik ini juga dapat efek antikanker. Efek tersebut asalnya adalah dari karotenoid serta zat antioksidan asam kafeat.

Itulah beberapa buah rendah gula yang perlu Anda ketahui. Buah ini, selain baik untuk diet juga sangat sehat, khususnya bagi yang sedang mengalami kondisi kesehatan tertentu seperti kencing manis. (Adi/R5/HR-Online)