Selasa, Desember 7, 2021
BerandaBerita BisnisUsaha Budidaya Tanaman Hias yang Menguntungkan dan Mudah

Usaha Budidaya Tanaman Hias yang Menguntungkan dan Mudah

Usaha budidaya tanaman hias saat ini sedang naik daun. Tingginya harga beberapa jenis tanaman hias membuat banyak orang tergiur untuk ikut meraup untung dari bisnis ini. Padahal untuk sukses tentunya membutuhkan perencanaan yang baik.

Beberapa jenis tanaman hias seperti janda bolong baru saja menyita perhatian publik karena harganya yang mencapai puluhan juta rupiah. Sebelumnya juga pernah beberapa jenis tanaman hias yang harganya selangit.

Namun jika Anda tertarik untuk membuka usaha ini hanya karena heboh harga yang selangit sebaiknya urungkan saja niat tersebut. Apalagi jika hanya memilih jenis tanaman hias jenis ini bisa-bisa malah menimbulkan kecewa.

Baca juga: Tanaman Hias Gantung Jadi Primadona, Tak Kalah dari Janda Bolong

Bisnis tanaman hias memang menguntungkan. Namun jika Anda ingin berhasil dalam bisnis sebaiknya awali dengan rasa suka atau cinta. Ini akan mendorong Anda mengenal lebih jauh jenis dan cara perawatan yang baik.

Usaha Budidaya Tanaman Hias yang Menguntungkan

Menjalankan sebuah usaha, apa pun jenisnya, membutuhkan perencanaan dan keseriusan. Termasuk dalam bisnis tanaman hias. Nah, berikut ini beberapa jenis usaha budidaya tanaman hias yang menguntungkan dan mudah kita lakukan.

Budidaya Tanaman Aglonema

Usaha Budidaya Tanaman Hias yang Menguntungkan dan Mudah

Aglonema termasuk jenis tanaman hias yang cukup mahal. Berbeda dengan tanaman lainnya yang harga jualnya bersifat musiman, harga Aglonema justru relatif stabil. Dari sejak dulu hingga sekarang masih menjadi favorit.

Keunggulan tanaman hias ini adalah dari tampilan daunnya yang unik. Selain karakter yang ada, keunikan warna daunnya juga mempunyai nilai jual yang tinggi. Bahkan ada aglonema yang harganya hingga puluhan juta rupiah.

Budidaya Tanaman Philodendron Variegata

Jenis budidaya tanaman hias yang menguntungkan lainnya adalah Philodendron Variegata. Banyak orang yang bingung membandingkan jenis tanaman hias ini dengan janda bolong. Philodendron Variegata maupun tanaman janda bolong memang masih dalam satu keluarga Monstera.

Harga tinggi tanaman janda bolong yang hingga ratusan juta saja tidak akan berlangsung lama. Sedangkan tanaman philodendron termasuk mahal dengan harga yang stabil sejak dulu. Bentuk daunnya yang berlubang adalah daya tariknya.

Budidaya Tanaman Bunga Mawar

Siapa yang tak kenal bunga mawar, salah jenis tanaman yang sangat populer. Tingginya popularitas dan besarnya kebutuhan pasar terhadap tanaman ini membuat sangat potensial untuk kita jadikan lahan bisnis.

Baca juga: Tanaman Hias Indoor Populer, Harganya Masih Masuk Akal

Untuk membangun usaha budidaya tanaman hias ini Anda bisa memilih beberapa jenis. Seperti dengan fokus pada tanaman dalam pot, menjual bibit tanaman yang masih kecil, ataupun penjualan bunga mawar dalam bentuk potongan.

Asal tahu saja, tak sedikit pelaku usaha jenis tanaman ini yang mampu meraup pendapatan lebih dari Rp 20 juta sebulan. Penghasilan bisa lebih besar lagi jika Anda mampu mengembangkannya.

Budidaya Tanaman Bunga Melati

Usaha Budidaya Tanaman Hias yang Menguntungkan dan Mudah

Jenis tanaman hias bunga yang juga populer adalah melati. Bertanam jenis ini juga bisa menjadi usaha budidaya tanaman hias yang menguntungkan. Apalagi keutuhan pasar terhadap bunga berwarna putih ini juga terbilang besar.

Selain baunya yang harum, bunga melati ini juga banyak dimanfaatkan kalangan industri kosmetik untuk dibuat parfum atau produk kosmetik lainnya. Karena itu jenis tanaman ini juga sangat menjanjikan sebagai lahan bisnis.

Budidaya Tanaman Bunga Anggrek

Jenis usaha budidaya tanaman hias yang menguntungkan adalah bunga anggrek. Jenis tanaman hias ini juga sangat populer tak kalah dengan bunga mawar. Tak sedikit toko yang menjual potongan bunga anggrek untuk gift atau hadiah.

Selain baunya yang harum, bunga anggrek juga sering menjadi hiasan rumah yang akan membuat ruangan terasa lebih harum. Harga jualnya juga tidak murah sehingga sangat menguntungkan jika Anda menjadikannya lahan bisnis.

Untuk Anda yang tertarik menjalankan usaha budidaya ini ada dua bentuk penjualan yang bisa Anda raih. Yaitu menjual bibit tanaman anggrek maupun tanaman yang sudah dewasa.

Budidaya Tanaman Caladium

Jenis lainnya budidaya tanaman hias yang menguntungkan adalah Caladium. Keunikan Tanaman Caladium ada pada corak dan warna daunnya. Selain baik untuk mengiasi halaman dalam rumah (indoor), tanaman ini juga baik untuk hiasan teras.

Baca juga: Tanaman Hias Termahal 2020, Harganya Bikin Geleng-geleng Kepala

Tumbuhan yang satu ini juga termasuk mahal harga jualnya dan banyak yang mencari dan menyukainya. Harga berkisar dari ratusan ribu sampai puluhan juta rupiah. Harganya bisa semakin tinggi berdasarkan ukuran dan jenisnya.

Budidaya Tanaman Anthurium

Usaha Budidaya Tanaman Hias yang Menguntungkan dan Mudah

Anthurium juga sangat populer dan termasuk jenis tanaman hias yang mahal. Harga Anthurium umumnya sekitar ratusan ribu hingga jutaan. Tanaman ini pernah populer dengan sebutan gelombang cinta yang harganya pernah mencapai puluhan juta rupiah.

Daya tarik tanaman Anthurium yang utama adalah corak dan warna daunnya yang indah. Jika Anda ingin merintis usaha budidaya tanaman hias yang menguntungkan Anda bisa memilih jenis tumbuhan ini. (R11/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara
- Advertisment -