Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita BisnisJenis Budidaya Tanaman Pangan yang Mudah dan Menguntungkan

Jenis Budidaya Tanaman Pangan yang Mudah dan Menguntungkan

Bingung memilih jenis budidaya tanaman pangan yang mudah dan menguntungkan? Gampang, ada banyak alternatif yang bisa Anda pilih. Dari budidaya bawang merah, cabe rawit, tomat, timun, jagung, alpukat, pisang, hingga budidaya semangka.

Dunia pertanian masih menjadi andalan dan favorit banyak orang untuk mendapatkan keuntungan. Hal ini karena kebutuhan pasar yang selalu tinggi. Siapa sih yang tak senang untuk makan makanan yang enak?

Namun memilih jenis tanaman yang menguntungkan juga ikut menentukan keberhasilan maupun tingkat keuntungannya. Termasuk menekan serendah mungkin tingkat risiko yang ada.

Jenis Budidaya Tanaman Pangan yang Menguntungkan

Ada orang yang bilang bahwa menjalankan usaha dalam bidang pertanian bersifat lucky. Terlepas dari mitos yang ada, apapun bisnis Anda penting untuk menjalankannya dengan hati dan cinta. Apalagi pertanian berhubungan dengan makhluk hidup.

Karena itu penting sekali Anda meningkatkan pengetahuan dan rasa cinta terhadap tanaman yang ingin Anda jadikan lahan usaha. Nah, berikut ini berbagai jenis budidaya tanaman pangan yang mudah dan menguntungkan yang bisa Anda pilih.

Baca Juga: Usaha Budidaya Tanaman Hias yang Menguntungkan dan Mudah

Budidaya Cabe Rawit

Tanaman cabai atau cabe termasuk produk pangan yang sangat tinggi kebutuhannya. Kebanyakan orang Indonesia menyukai masakan pedas, sehingga selalu mencari cabai untuk bahan pendukungnya.

Tingginya kebutuhan pasar membuat harga cabai sering mengalami lonjakan. Apalagi jika terjadi banjir atau gagal panen. Peluang ini tentu saja menguntungkan. Anda bisa memilih budidaya cabe rawit untuk usaha Anda.

Anda bisa memulai dengan lahan yang terbatas di halaman belakang rumah untuk mengawalinya. Jika Anda telah berhasil baru bisa mengembangkannya dengan menyewa lahan yang lebih luas.

Budidaya Bawang Merah

Jenis budidaya tanaman pangan lainnya yang mudah dan juga menguntungkan adalah bawang merah. Bahan bumbu dapur ini termasuk tinggi kebutuhan pasarnya. Bahkan setiap rumah tangga akan selalu mencarinya.

Cara penanaman bawang merah juga relatif mudah. Untuk memulainya Anda bisa menggunakan halaman belakang atau media polybag. Yang penting dalam usaha budidaya bawang merah adalah rutin menyiram, terkena sinar matahari, namun hindari air hujan.

Baca Juga: Budidaya Lobster Air Tawar, Bisnis Eksklusif yang Menguntungkan

Budidaya Tomat

Tanaman sayuran tomat juga jenis budidaya tanaman pangan yang sangat menjanjikan untuk bisnis. Kebutuhan pasar terhadap buah yang kaya nutrisi ini tak pernah menurun. Bahkan permintaan masyarakat selalu meningkat.

Menjalankan usaha budidaya tomat juga tidak sulit. Anda juga bisa mencobanya terlebih dahulu dengan lahan terbatas. Yang menarik, masa panen buah sayuran ini juga terbilang cepat sehingga sangat menguntungkan.

Budidaya Jagung

Bertanam jagung manis juga merupakan jenis budidaya tanaman pangan yang mudah dan menguntungkan. Rasanya yang manis dan kandungan nutrisinya yang sangat baik untuk tubuh membuat permintaan pasar selalu meningkat.

Apalagi ada banyak olahan makanan dari bahan jagung. Untuk usaha budidaya jagung mungkin membutuhkan waktu lebih lama. Namun dengan perawatan yang baik dan efektif akan membuat hasil yang berlipat dan lebih cepat.

Budidaya Pisang

Siapa pula yang tak suka dengan buah pisang? Asanya yang manis dan kaya nutrisi juga membuat banyak orang yang menyukainya, termasuk bayi. Kebutuhan pasar yang tinggi membuatnya layak untuk Anda jadikan lahan bisnis.

Menjalankan usaha budidaya pisang juga relatif mudah. Yang penting, gunakan bibit pisang yang unggul. Dengan perawatan yang intensif, hasil panen buah pisang juga bisa lebih terlibat dan cepat.

Baca Juga: Usaha Budidaya Ikan Nila Modal Kecil yang Menguntungkan

Budidaya Kacang Panjang

Alternatif lain usaha budidaya tanaman pangan yang menguntungkan adalah bertanam kacang panjang. Tanaman sayuran ini juga terbilang mudah kita tanam bahkan tidak membutuhkan jenis tanah tertentu.

Untuk menjalankan budidaya kacang panjang Anda bisa memulainya dengan lahan belakang rumah. Yang penting, suplai air harus cukup dan tidak boleh terlambat. Anda bisa memilih model organik atau biasa sesuai target pasar Anda.

Budidaya Timun

Buah timun lekat dengan lalapan yang enak dan menyegarkan. Selain kaya nutrisi, timun juga kaya air dan bermanfaat untuk penderita darah tinggi. Kebutuhan pasar terhadap sayuran ini juga tinggi sehingga potensial untuk lahan bisnis.

Untuk menjalankan usaha budidaya timun Anda juga bisa mencoba pada halaman sekitar rumah. Dengan menggunakan pot atau polybag, pengalaman Anda berharga untuk mengembangkannya dengan lahan yang lebih luas.

Itulah berbagai pilihan jenis budidaya tanaman pangan yang mudah dan menguntungkan. Anda bisa memilih jenis tanaman yang cocok untuk usaha Anda, seperti bawang merah, cabe rawit, kacang panjang, tomat, jagung, pisang, atau timun. (R11/HR Online)