Buka 647 Rekening Dana Nasabah, Pemprov Jabar Dapat Rekor MURI

Rekening Dana Nasabah
Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja meerima penghargaan Rekor MURI untuk inovasi Rekening Dana Nasabah di Gedung Sate. Foto : Humas Jabar.

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Pemprov Jabar membuka 647 Rekening Dana Nasabah (RDN). Hal tersebut bisa dimanfaatkan ASN membeli sahan di pasar modal.

RDN adalah inovasi pertama yang membawa Pemprov Jabar meraih piagam penghargaan Rekor MURI. Dalam program penguatan ekonomi domestik lewat penawaran investasi pada pasar modal untuk ASN.

Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja menerima langsung piagam tersebut, pada Ruang Rapat Papandayan, Gedung Sate, Selasa (15/12/2020).

Sekda menjelaskan rekening dana nasabah ini menjadi satu sumbangsih ASN dalam memulihkan ekonomi akibat Pandemi Covid-19. Dengan rekeningnya, ASN bisa mengaktifkan transaksi pasar modal berdasarkan kemampuan. Transaksi itu tercatat secara tidak langsung mendukung dalam pembangunan daerah. Serta meningkatkan pendapatan ASN.

“Ini adalah sebuah terobosan pada masa pandemi Covid-19,” jelasnya.

Biro BUMD an Investasi Provinsi Jabar memprakarsai RDN, kerja sama dengan PT BPD BJB dan PT Phintraco Sekuritas yang aktif pada pasar modal.

Rekening dana nasabah tidak menuntut investasi bernominal besar. ASN dapat membeli 1 lot saham hanya dengan Rp 150 ribu dan bisa menikmati keuntungannya.

Saat ini Dinas Sosial paling banyak yang membuka RDN sebanyak 324 rekening. Kemudian Biro Perekonomian Setda Jabar sebanyak 28 RDN, Disnakertrans 25 rekening. Totalnya sebanyak 647 rekening, itu belum capai target.  “Target setidaknya 1.000 ASN bisa berinvestasi dalam periode ini,” kata Setiawan.

Piagam rekor MURI ini bisa memotivasi ASN lainnya serta provinsi lain bisa mengikutinya, dalam upaya memulihkan kondisi setelah pandemi Covid-19.

PT BJB telah melakukan sosialisasi dan roadshow mengenai pembukaan rekening dana nasabah kepada ASN. Dalam roadshow itu ASN membuka RDN mencapai 647 rekening. (Dang/R9/HR-Online)

Editor : Dadang