Minggu, Mei 22, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Masuk Surga dengan Amalan Ibadah yang Sesuai Anjuran Agama

Cara Masuk Surga dengan Amalan Ibadah yang Sesuai Anjuran Agama

Cara masuk surga sebenarnya tidaklah sulit asal mengerjakan apa yang sudah menjadi amalan ibadah umat Islam. Karena surga merupakan tempat yang paling baik untuk semua umat beragama yang mana meyakini akan kebesaran Allah SWT, maka cara menghuni surga tersebut menjadi salah satu hal yang umat inginkan agar memiliki kebahagiaan yang sempurna.

Cara Masuk Surga

Dalam agama Islam, surga menjadi salah satu hal yang sangat diinginkan. Karena, dalam surga tidak akan lagi yang namanya kegelisahan, kebencian, atau kegalauan. Meskipun demikian, bukan sembarangan orang-orang yang dapat masuk ke dalam tempat paling indah tersebut.

Surga bagi mereka yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. Bahkan, bagi anda yang menginginkan surga, anda hanya wajib mengerjakan amalan shaleh. Berikut ini adalah beberapa cara anda untuk menghuni surga, antara lain adalah:

Baca juga: Adab Menerima Tamu yang Baik Sesuai Ajaran Rasulullah SAW

Melalui 8 Pintu Surga

Dalam agama Islam, surga terdiri atas 8 pintu yang mana hanya dapat anda buka dengan kunci amalan shaleh. Kedelapan pintu tersebut adalah pintu shalat, pintu sedekah, pintu jihad, pintu puasa (Ar Rayyan), dan pintu haji.

Cara masuk surga berikutnya adalah pintu Al Ayman (pintu tawakal, tanpa hisab dan siksa), pintu Al Kazhimina Al Ghaizha wa Afina an Naas (pintu untuk orang-orang yang menahan amarah serta memaafkan orang lain), serta pintu taubat.

Dengan Amalan Shalat

Shalat lima waktu adalah ibadah wajib untuk semua umat Islam yang telah masuk syarat rukunnya. Dengan mengamalkan sholat, niscaya akan selamat dari siksa kubur. Karena, sholat adalah hal pertama yang akan dihisab.

Hal ini juga mengacu pada sabda Nabi Muhammad SAW yang berbunyi: “Pokok dari seluruh perkara adalah Islam, tiangnya adalah shalat, dan puncak tertinggi segala urusan adalah jihad.” (HR. Tirmidzi).

Dengan Amalan Puasa

Dalam rukun Islam, terdapat amalan wajib yang harus umat Islam lakukan selain shalat. Salah satunya adalah puasa dalam bulan Ramadhan.

Hukum dari amalan ini adalah fardhu ‘ain, yang mana artinya bagi setiap umat Islam yang telah baligh, muqim, dan sehat, maka memiliki kewajiban dalam menjalankan ibadah wajib tersebut.

Menghindari Zina

Selain melakukan ibadah wajib amalan sebagai cara masuk surga adalah dengan menghindari perbuatan zina. Semua umat Islam wajib menjaga kemaluannya agar tidak melakukan hubungan suami istri, kecuali setelah menikah.

Selain itu, menghindari zina juga berarti melarang kita untuk mendekati tempat yang berpotensi terjadi zina.

Baca juga: Doa Kedua Orang Tua, Dapatkan Keutamaan Memanjatkannya

Menjaga Perilaku Suami Istri

Memperlakukan suami atau istri dengan baik adalah salah satu hal yang dapat mempengaruhi amalan kita untuk menghuni surga. Suami memiliki tanggung jawab setelah kedua orang tua istri melepaskan anak perempuannya untuk dinikahi.

Selain itu, cara masuk surga yakni sang istri juga wajib menghormati serta menghargai suami seperti yang telah Rasulullah sampaikan dalam sabdanya.

Tak hanya itu saja cara masuk surga, seorang suami juga berkewajiban untuk menunjukkan kasih sayang, rasa cintanya, dan bertutur kata yang lembut pada sang istri. Hal tersebut pun telah tertuang dalam sebuah kitab dengan judul Al-Adab fid Din dalam Majmu’ah Rasail al Imam Ghazali.

“Adab suami kepada istrinya, yakni berinteraksi secara baik, bertutur kata lembut, menunjukkan cinta dan kasih, memiliki sikap lapang saat sendiri, dan tidak terlalu sering menyinggung kesalahan.

Bahkan, sang suami juga harus memaafkan apabila istri melakukan kesalahan. Lalu menjaga harta istri, mengeluarkan biaya untuk keperluan istri dengan tidak bakhil, dan tidak banyak melakukan perdebatan.

Selain itu, ia juga harus memuliakan keluarga istri, senantiasa memberikan janji yang baik, serta selalu bersemangat kepada istri”.

Dengan melakukan amalan-amalan tersebut, niscaya akan dapat menjadi cara masuk surga yang telah Allah janjikan. Jangan lupa niatkan dengan hati yang ikhlas tanpa ada niat duniawi dan hanya semata-mata mengharap ridho dari Allah SWT. (R6/HR-Online)

Editor: Muhafid

- Advertisment -