Rabu, Mei 25, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Melacak Posisi HP Hilang dengan Cepat dan Mudah, Wajib Coba!

Cara Melacak Posisi HP Hilang dengan Cepat dan Mudah, Wajib Coba!

Cara melacak posisi HP hilang mungkin dapat menjadi salah satu cara yang dapat mengatasi permasalahan anda tersebut. HP hilang kemungkinan menjadi salah satu masalah hidup yang buruk untuk setiap orang.

Bukan hanya karena kehilangan benda senilai jutaan rupiah saja, namun biasanya juga harus merelakan memori atau kenangan-kenangan yang sudah tersimpan rapi dalam HP tersebut.

Kemudian, untuk mengantisipasi hal tersebut, anda dapat mencoba sejumlah cara untuk melacaknya. Mulai untuk anda pengguna HP Android sampai para pengguna iPhone, cara ini cukup bermanfaat.

Cara Melacak Posisi HP Hilang

HP adalah salah satu barang berharga yang orang miliki saat ini. Sebagian besar pun menggantungkan kebutuhan sehari-hari bahkan seolah-olah tidak dapat hidup tanpa perangkat mobile seluler ini.

Akan tetapi, bagaimana jika HP yang ada miliki tersebut hilang? Entah orang curi atau tidak sengaja jatuh di jalan. Saat hal tersebut terjadi, yang pertama anda lakukan tentu jangan panik.

Tenang, karena hal tersebut adalah salah satu masalah yang oleh para pembuat perangkat tersebut pikirkan secara matang. Para pembuat atau produsen gadget khususnya HP mempunyai solusi yang terbaik untuk anda.

Baca juga: Temukan Perangkat Saya, Solusi Pintar HP Hilang dari Aplikasi Google

Jika anda kehilangan HP, mungkin masalah tersebut dapat anda atasi dengan mudah. Namun pada kenyataan, jalan keluar dalam menghadapi kehilangan HP tersebut tidak pengguna ketahui. Bahkan, pengguna tidak mengerti tentang bagaimana memanfaatkan fitur yang telah tersedia.

Kemudian, bagi anda yang mendapatkan masalah HP hilang, terdapat sejumlah cara melacak posisi HP hilang yang dapat membantu untuk menemukan kembali HP anda yang hilang.

Cara Melacak HP dengan Email

Untuk cara melacak HP yang hilang, pertama adalah dengan menggunakan email. Perangkat Google telah menciptakan sistem operasional untuk Android yang mengharuskan para pengguna HP memasukkan email yang sudah terhubung pada Play Store.

Dengan demikian, anda dapat melacak HP anda yang telah hilang. Cara ini bisa anda lakukan pada HP Android, misalkan Samsung, Xiaomi, Oppo, serta Vivo.

Berikut adalah beberapa langkah untuk memanfaatkan email sebagai cara melacak posisi HP hilang. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Login email yang sudah terpasang pada perangkat Android anda yang hilang pada HP lainnya.
  2. Setelah anda berhasil login, maka dapat memilih tampilan Google Mail atau Gmail versi web.
  3. Selanjutnya, pilih ikon dengan gambar tiga titik pada bagian pojok kanan atas layar HP.
  4. Pilih ‘Akun Google’ atau ‘Google Account,’ lalu scroll bagian bawah untuk cara melacak posisi HP hilang.
  5. Selanjutnya, pilih atau cari opsi ‘Temukan Perangkat Anda’ serta pilihlah nama HP anda yang hilang.
  6. Selanjutnya, anda dapat memasukkan kembali data login sandi email HP anda yang hilang tersebut, berikutnya pilih ‘Temukan’.
  7. Setelah itu, saat Google Map muncul, anda dapat memilih ‘Tutup’.
  8. Langkah terakhir, anda dapat memilih jenis HP yang akan ada lacak serta klik ikon ‘Refresh’ untuk melakukan update dari posisi HP yang hilang tersebut.

Apabila dengan cara melacak posisi HP hilang ini sudah anda lakukan, maka dengan segera temukan HP anda tersebut. Karena, jika tidak, anda akan kehabisan daya baterai, sebab cara ini cukup menyedot baterai dengan cepat.

Cara Melacak HP yang Hilang dengan Google Maps

Aplikasi Google Maps pun dapat anda pakai untuk melacak HP anda yang telah hilang. Cara yang dapat anda lakukan adalah dengan membuka aplikasi Google Maps dan masuk ke dalam menu Setting atau Pengaturan HP lain yang anda pakai untuk melacak HP yang hilang tersebut.

Baca juga: Melacak HP Hilang dengan IMEI, Beginilah Caranya!

Selanjutnya, anda dapat mencari opsi ‘Bagi Lokasi dan Mulai’ yang berada pada bagian pojok kiri atas. Setelah itu, anda dapat memilih waktu pelacakan yaitu ‘Selama 1 Jam’ atau anda dapat memilih ‘Hingga Dinonaktifkan’ untuk mengetahui atau melacak HP tersebut.

Selanjutnya cara melacak posisi HP hilang, yakni anda dapat klik ‘Pilih Orang’ serta masukkan alamat email dan juga nomor HP yang akan anda lacak. Kemudian, pilih ‘Bagikan’ lalu ‘Aktifkan’. Dengan cara ini, anda dapat melacak HP anda yang hilang tersebut selama kurang lebih 24 jam.

Cara Melacak Posisi HP yang Hilang dengan Akun Khusus

Untuk melacak HP yang hilang ini, dapat anda lakukan dengan beberapa perangkat, seperti Xiaomi, Samsung, maupun iPhone anda.

Menggunakan Mi Account dapat anda lakukan dengan mengunjungi situs resmi Mi Cloud melalui media browser komputer atau laptop anda. Lalu, sign in dengan ID HP anda yang hilang tersebut. Lalu, pilih ‘Find Device’. Jika perlu, pilih hapus data serta ubah HP anda ke Lost Mode.

Kemudian, untuk Perangkat Samsung, dapat menggunakan Samsung ID sebagai cara melacak posisi HP hilang. Yang harus anda lakukan yakni dengan mengunjungi Samsung Find My Mobile. Lalu, sign ini memakai ID HP yang telah hilang.

Selanjutnya, klik ‘Agree’ untuk menyetujui semua legal information. Dari cara tersebut, anda dapat mengetahui tentang lokasi yang terakhir HP anda berada, lalu juga jaringan yang terhubung serta sisa daya baterainya.

Tak hanya itu saja, dengan cara tersebut, anda dapat mengunci perangkat HP anda serta menghapus datanya bahkan membunyikan alarm.

Kemudian, untuk akun iCloud, anda juga dapat menggunakannya untuk melacak HP anda yang telah hilang tersebut. Cara melacak posisi HP hilang hampir sama dengan cara pada akun sebelumnya, yakni melakukan sign in pada situs iCloud memakai ID HP yang sudah hilang.

Lalu menggunakan Two-Factor Authentication serta pilih opsi ‘Find My iPhone’. Setelah lokasi HP anda temukan, anda dapat mengaktifkan fitur Lost Mode, menghapus data-data, dan juga membunyikan alarm.

Cara Melacak HP yang Dalam Keadaan Mati

Apabila HP anda yang hilang tersebut mati atau habis baterai, maka anda tidak dapat menggunakan beberapa cara tersebut sebelumnya di atas. Namun jangan khawatir, karena anda dapat mencoba dengan cara berikut ini untuk bisa menemukannya.

  1. Langkah pertama cara melacak posisi HP hilang, buka aplikasi Google Maps melalui HP lain serta pilih tanda titik tiga pada bagian atas layar HP anda.
  2. Lalu, masukkan akun HP yang telah hilang tersebut dengan menekan opsi ‘Add Account’.
  3. Selanjutnya, pilih opsi hamburger sekali lagi, lalu pilih ‘Your Timeline’ dalam mulai pelacakan.
  4. Setelah itu, anda dapat menekan ikon kalender untuk mencari tahu lokasi HP yang telah hilang tersebut dalam hitungan hari.

Cara Melacak HP yang Hilang dengan Find My Device

Aplikasi dari Google ini adalah salah satu opsi yang lain yang bisa anda coba dalam upaya menemukan HP anda yang hilang. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan jika aplikasi Google Find My Device telah terpasang pada HP yang akan anda pakai untuk melacak.
  2. Lalu, masuk atau login dengan akun Gmail dari HP yang hilang dengan memilih opsi ‘Sign as Guest’.
  3. Setelah jendela perizinan muncul, lalu anda dapat klik ‘Allow’ untuk memberikan izin terhadap aplikasi mengakses lokasi perangkat atau HP anda tersebut.
  4. Segera datangi lokasi yang telah ditampilkan dengan mengikuti ikon hijau yang terhubung dengan aplikasi Google Maps atau anda dapat mengunci ponsel sebagai langkah preventif dalam cara melacak posisi HP hilang.

Cara Melacak HP Hilang dengan Google ADM

Cara melacak HP yang hilang berikut ini dapat anda gunakan ADM atau Android Device manager. Ini adalah aplikasi gratis Google yang dapat anda manfaatkan dalam pencarian lokasi HP anda yang hilang.

Baca juga: Menghilangkan Baret HP, Simak Cara Mudahnya Berikut Ini!

Aplikasi ADM dapat mendeteksi posisi atau lokasi dengan mengaktifkan GPS pada HP yang hilang tersebut. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat anda ikuti untuk menggunakan aplikasi tersebut.

  1. Langkah pertama, anda dapat melakukan login ke aplikasi ADM memakai HP atau laptop lain dengan menggunakan akun Google milik anda.
  2. Selanjutnya, anda dapat memasukkan alamat email dan juga kata sandi.
  3. Setelah itu, nama perangkat atau HP anda yang hilang dan terhubung dengan akun Google milik anda tersebut akan muncul pada layar.
  4. Selanjutnya, anda dapat mencatat lokasi atau keberadaan HP anda yang telah berhasil anda lacak tersebut.

Dengan demikian, anda dapat mengetahui dan menemukannya dengan segera. Namun, aplikasi ini tidak akan bekerja jika HP yang akan anda lacak pada kondisi mati atau habis baterai.

Lokasi tidak akan muncul walaupun anda sudah mengikuti langkah-langkah seperti di atas untuk cara melacak posisi HP hilang tersebut. (R10/HR-Online)

- Advertisment -