Kamis, Desember 9, 2021
BerandaBerita TerbaruCara Melihat Spesifikasi Laptop dengan Mudah

Cara Melihat Spesifikasi Laptop dengan Mudah

Cara melihat spesifikasi laptop untuk mengetahui kemampuannya terbagi menjadi beberapa cara. Spesifikasi laptop tersebut bisa berguna untuk mengontrol penggunaannya.

Berbagai laptop yang ada di pasar Indonesia memiliki spesifikasi yang berbeda-beda dan secara tidak langsung mendefinisikan kegunaan perangkat tersebut.

Kinerja alat ini sangat tergantung terhadapa seberapa besar kemampuan dari mesinnya, dan untuk mengetahuinya yaitu dengan cara melihat spesifikasi atau speknya.

Spek laptop juga memberitahukan terhadap pengguna seberapa jauh kemampuan mesinnya kerja dan di mana batasannya.

Baca juga: Lenovo Legion 7i, Spesifikasi Low Profile Dengan Performa Tinggi

Cara Melihat Spesifikasi Laptop

Terdapat dua kategori spesifikasi yang sering menjadi perhatian, yang lebih umum bagi para pengguna adalah spek processor, RAM, Kartu Grafis dan Penyimpanan (Storage).

Sementara untuk tingkat advance terdapat perangkat lain yang biasa menjadi perhatian tergantung kebutuhannya.

Ini biasanya berguna untuk orang-orang yang bergerak di bidan IT atau para pengembang IT yang memerlukan spesifikasi khusus.

Misal untuk pengembangan aplikasi Android, maka develover biasanya lebih memperhatikan jenis processor, ram dan jenis penyimpanan bukan pada kartu grafishnya.

Cara melihat spesifikasi laptop pun berbeda-beda. Nah untuk mengetahuinya berikut beberapa trik sederhana melihat spek laptop.

Cek Pada Bagian Bodi

Mengetahui spek bisa dilakan dengan sederhana, salah satunya melalui body terletak di bagian depan dekat keyboard.

Terdapat stiker logo yang memberikan informasi spesifikasi yang ada, untuk seri lama biasanya hanya ada processor dan system oprasi seperti jenis windows.

Sementara untuk seri baru, rata-rata sudah menyertakan stiker jenis kartu grafis yang digunakan, contohnya Logo Nvidia atau AMD Radeon hanya dalam bentuk logo.

Tetapi, terdapat beberapa jenis dengan merek tertentu menyediakan informasi spesifikasi lebih lengkap pada body bagian itu.

Cara melihat spesifikasi laptop melalui bodi adalah cara paling sederhana, ini juga seringkali menjadi daya Tarik tersendiri saat akan membeli laptop.

Cek Spesifikasi Laptop Melalui PC Properties

Pengecekan melalui PC Properties merupakan cara kedua yang masih terbilang sederhana dan lebih mudah melakukannya.

Untuk melakukannya, Anda bisa membuka library kemudian klik kanan pada pilihan This PC (Namanya Bisa Berubah), selanjutnya pilih menu properties.

Di sana, Anda dapat menemukan informasi tentang perangkat lebih lengkap, biasanya terdapat informasi Jenis, Processor, Ram hingga sistem oprasi.

Namun, cara melihat spesifikasi laptop melalui pc properties masih umum, bagi para pengembang atau yang bekerja di dunia IT informasi itu masih belum cukup.

Cek Melalui Tools DXDiag

Tips selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk melihat kemampuan dan Batasan perangkat adalah melalui tools DXDiag sebagai alat diagnosis bawaan.

Di sini terdapat informasi yang lebih lengkap lagi, dari mulai jenis perangkat, processor, ram, beserta kemampuannya dalam menu system.

Kemudian ada informasi tentang kartu grafis dengan cukup lengkap pada menu graphics, sementara untuk laptop dengan dua kartu grapfis biasanya terdapat juga menu rendering di sampingnya.

Selain itu, terdapat juga informasi jenis speaker dan input yang ada, semua informasinya terbilang lengkap.

Untuk membukanya Anda hanya perlu menekan tombol windows + S pada keyboard, kemudian ketikan DXDiag dan buka toolsnya.

Cek Melalui Computer Manajemen

Cara melihat spesifikasi laptop selanjutnya bisa melalui computer manajemen, di sini anda dapat mengetahui jenis-jenis perangkat yang ada dalam laptop melalui program drivernya.

Setiap perangkat dalam laptop mulai dari processor hingga keyboard menggunakan harus menggunakan driver supaya dapat berfungsi.

Nama driver tersebut pasti sesuai dengan mesin yang ada di dalamnya, maka dengan melihatnya dengan mengetahui nama driver yang digunakan.

Anda dapat membuka computer manajemen dengan cara mencarinya pada menu pencarian di windows.

Baca juga: Dell Inspiron 15-5575 Spesifikasi Gahar Dengan Harga Terjangkau

Menggunakan Aplikasi Tambahan

Cara melihat spesifikasi laptop yang terakhir adalah dengan mengunduh dan menginstal aplikasi tambahan yang berfungsi khusus untuk hal tersebut.

Melalui aplikasi tambahan, Anda bisa mengetahui spesifikasi yang ada pada laptop dengan sangat lengkap tiap perangkatnya.

Aplikasi ini biasanya sangat berguna untuk orang-orang yang bergelut di dunia IT, bahkan para gammers atau programmer seringkali menggunakan aplikasi berbayar untuk ini.

Banyak aplikasi yang dapat Anda gunakan mulai dari yang Cuma-Cuma hingga berbayar, namun aplikasi yang umum digunakan salah satunya CPU-Z.

Itulah beberapa cara melihat spesifikasi laptop yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui kelebihan serta Batasan dari perangkat yang Anda miliki. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid

- Advertisment -