Cara Mematikan Alarm Mobil Jika Remote Sudah Tidak Berfungsi

Cara Mematikan Alarm Mobil Jika Remote Sudah tidak Berfungsi
Ilustrasi Cara Mematikan Alarm Mobil. Foto: Ist/Net

Cara mematikan alarm mobil ketika remote ngadat atau tidak berfungsi penting untuk diketahui. Saat ini mobil menjadi salah satu alat transportasi pribadi yang cukup banyak dimiliki.

Mungkin hampir semua orang saat ini mudah untuk memiliki kendaraan pribadi yang satu ini. Apalagi kini kendaraan ini cukup banyak dan memiliki tipe terbaru yang modern.

Tentu mampu menarik para konsumen dengan cepat. Salah satu fitur menarik yang ada pada kendaraan roda empat ini yaitu adanya alarm. Alarm mobil memang bukan menjadi komponen penting pada kendaraan.

Namun, adanya komponen tersebut mampu melengkapi sistem keamanan pada mobil anda. Cara kerja komponen tersebut pun tidak terlalu sulit.

Pada umumnya, alarm akan terhubung dengan beberapa panel mobil. Misalnya pada tuas pembuka pintu. Hal ini memang sengaja dilakukan untuk menjaga agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Sistem keamanan tersebut akan berbunyi ketika mobil dalam keadaan bahaya. Sensitifnya alarm juga dipengaruhi dari spesifikasi komponen tersebut.

Baca Juga : Cara Kerja AC Mobil, Lengkap dengan Komponen dan Fungsinya

Jika memiliki tingkat sensitif cukup tinggi, maka dengan adanya getaran saja, alarm akan berbunyi. Sayangnya, komponen ini pun tidak bisa terlepas dari yang namanya kerusakan atau eror.

Alarm sering bunyi terus-menerus dan justru mengganggu. Namun, jangan panik karena sudah ada cara mematikan alarm mobil yang berbunyi terus-menerus.

Hal ini bisa terjadi karena ada beberapa faktor yang berpengaruh. Jika tidak segera diatasi, tentunya akan membuat kebisingan. Apalagi jika hal ini terjadi pada tempat umum, tentu akan mengganggu aktivitas orang lain.

Cara Mematikan Alarm Mobil Bunyi Terus

Alarm mobil menjadi komponen yang mampu menjaga kendaraan tetap aman. Dengan adanya sistem keamanan ini, maka bisa mengatasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan.

Misalnya jika ada maling yang ingin masuk dengan paksa sehingga alarm pun akan berbunyi. Adanya sistem sensitifitas yang terdapat pada alarm, membuat ketika tersentuh saja langsung berbunyi.

Sistem sensitifitas akan tergantung dari merk kendaraan. Semakin tinggi kualitasnya, maka sensitifitasnya pun akan semakin bagus. Sering terjadi masalah pada alarm mobil.

Masalah yang sering timbul yaitu ketika alarm berbunyi terus-menerus, namun sulit mati. Sebagai pemilik kendaraan, anda harus bisa mengatasinya dengan cepat.

Sebab, jika tidak, suara alarm justru bisa membuat kebisingan dan mengganggu. Berikut ini ada beberapa cara mematikan alarm mobil yang berbunyi terus.

1. Gunakan Kunci Mobil untuk Membuka Pintu

Cara mematikan alarm mobil yang berbunyi terus-menerus yaitu dengan membuka pintu secara manual. Ada beberapa alarm yang dirancang ketika pemilik menggunakan kunci, maka alarm akan mati.

Hal ini juga bisa anda coba dengan memasukkan kunci pada lubang pintu sopir. Kunci pintu dan coba membukanya kembali. Jika mobil terkunci dengan kunci yang benar, tentu alarm akan berhenti. Sebab, adanya sinyal untuk menonaktifkan sirine.

2. Nyalakan Mobil

Sebenarnya alarm mobil yang berbunyi terus-menerus sudah sering terjadi. Sebaiknya berikan penanganan khusus untuk mengatasinya. Apalagi jika remote kontrolnya mati, tentu akan lebih merepotkan.

Baca Juga : Tie Rod Mobil, Kenali Fungsi dan Cara Kerjanya pada Kendaraan

Cara mematikan alarm mobil selanjutnya yaitu dengan menyalakan mobil. Buka pintu mobil dan nyalakan mesin. Masukkan kunci, kemudian bolak-balik kontak pada posisi ACC ke on.

Lakukan dengan cara cepat kurang lebih 10x. Sebelum berhenti berbunyi, pada umumnya alarm akan semakin berbunyi cepat, namun langsung terhenti.

3. Lepas Sekring Alarm

Jika kedua cara tersebut tidak juga berhasil mematikan alarm yang terus berbunyi, sebaiknya lepas sekring alarm mobil. Pada setiap kendaraan memiliki beberapa sekring yang terbagi menjadi komponen kelistrikan.

Salah satu sekring tersebut yaitu kelistrikan alarm mobil. Pada umumnya, sekring tersebut terletak pada bagian kap mesin mobil. Sebaiknya manfaatkan adanya buku panduan untuk memudahkan anda dalam mengetahui mana bagian yang benar.

Baca Juga : Membersihkan Kabin Mobil, Cara Tepat untuk Terhindar dari Virus

Sebab, setiap kendaraan memiliki sekring alarm dengan penempatan yang berbeda. Gunakan tang beruncing dua atau penjepit plastik yang memiliki peranan khusus dalam menarik sekring.

Ketika alarm berhenti, kemudian pasang kembali sekringnya. Namun, jika tidak bisa berhenti bunyinya, berarti alarm sudah tidak berfungsi dengan baik. Cara mematikan alarm mobil terakhir dengan melepas sekringnya. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto