Sabtu, Oktober 23, 2021
BerandaBerita TerbaruCara Membersihkan Layar HP yang Tepat dan Aman, Simak di Sini!

Cara Membersihkan Layar HP yang Tepat dan Aman, Simak di Sini!

Cara membersihkan layar HP mengiringi banyaknya para pengguna smartphone yang menginginkan HP mereka lebih awet dan juga terawat.

Tentu saja, bukan hanya karena harga HP yang cenderung mahal, juga karena akan lebih mengesankan jika HP yang kita tenteng kemanapun tersebut terlihat lebih kinclong.

Hal ini membuat penampilan makin kece. Dengan demikian, hal yang wajar jika kita semua yang mempunyai HP akan terus merawat dengan cara yang baik.

Lantas bagaimana caranya untuk merawat HP agar menjadi lebih awet dan terjaga kebersihannya? Simak beberapa ulasan tips berikut ini.

Cara Membersihkan Layar HP

Hal yang tampak wajar dan memang disarankan bagi para pemilik HP untuk merawat dan menjaga kebersihan benda pipih bergawai tersebut. Merawat bukan hanya soal bagian hardware saja, melainkan juga harus memperhatikan kebersihan pada layar ponsel tersebut.

Baca juga: Hardware HP Rusak, Inilah Cara Menangani Sesuai Permasalahannya!

Cara yang dapat anda lakukan untuk membersihkan layar HP cukup mudah, tanpa ribet, dan juga aman untuk HP anda. Tentu saja anda dapat melakukannya sendiri tanpa harus merogoh kocek yang dalam untuk merawat kebersihannya tersebut.

Jadi, anda dapat membersihkan layar ponsel sesuai dengan keperluan anda. Bahkan untuk HP yang berminyak sekalipun. Berikut adalah beberapa tips yang dapat anda lakukan, antara lain:

Pakai Kain yang Lembut

Cara membersihkan layar HP yang pertama adalah dengan menggunakan kain yang lembut. Cara ini mudah untuk anda terapkan dari rumah anda.

Kain lembut merupakan salah satu cara untuk dapat membersihkan debu yang menempel pada layar ponsel tersebut. Kenapa harus dengan kain yang bertekstur lembut?

Karena, jika anda memilih kain dengan tekstur yang kasar, akan merusak layar. Bisa saja, kain tersebut akan menggores pada permukaan HP anda tersebut. Salah satu contoh yang dapat anda pakai untuk membersihkannya adalah kain yang sering untuk membersihkan lensa pada kacamata.

Cara membersihkan layar HP dengan memakai kain ini pun sangat mudah dan simpel, antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan kain yang bertekstur lembut. Pastikan jika kain tersebut bersih.
  2. Lalu, anda dapat langsung menggunakannya, yakni dengan mengusapkan pada layar HP anda tersebut.
  3. Cara mengusapkannya pun dapat anda lakukan secara perlahan dan menyeluruh pada layar HP.

Cara yang sangat mudah dengan menggunakan kain lembut ini dapat membersihkan layar dari kotoran atau debu yang menempel. Tetapi, bukan untuk membersihkan layar ponsel yang tergores.

Memakai Air Bersih

Cara membersihkan layar HP selanjutnya adalah dengan menggunakan air bersih. Hal ini dapat anda lakukan jika menggunakan kain lembut tidak cukup membuat anda puas dengan hasilnya.

Dengan demikian, anda dapat menggunakan cara kombinasi kain dengan air bersih agar memperoleh hasil yang maksimal. Nyatanya, kombinasi kedua cara ini cukup ampuh untuk membersihkan kotoran dan debu yang menempel pada layar ponsel anda.

Baca juga: HP Samsung Baterai Removable Hadir dengan Beragam Kelebihan

Sebelum anda membersihkannya, ada baiknya untuk menyiapkan beberapa hal yang anda butuhkan. Bahan pertama tentu saja anda harus menyiapkan air bersih, tidak harus air yang matang. Yang pasti, anda dapat menggunakan air apa saja asalkan bersih dan jernih.

Selanjutnya, anda dapat menyiapkan dua kain bersih, satu untuk mengusap layar ponsel dengan air, dan yang satu lagi untuk mengeringkan sisa air pada layar gawai anda tersebut. Apabila anda sudah mempersiapkan semuanya, maka dapat anda lakukan cara membersihkan layar HP sebagai berikut:

  1. Tuang air yang cukup pada kain pertama. Tidak perlu membuat kain menjadi terlalu basah, misalnya dapat anda tuang sedikit saja pada kain atau pada ujung kainnya saja.
  2. Berikutnya, anda dapat mengusapkan kain tersebut pada layar HP secara perlahan serta menyeluruh. Usahakan mengusap dengan cara yang hati-hati (jangan ditekan). Jika menekan dengan cukup kuat, maka justru akan merusak layar HP anda.
  3. Selanjutnya, setelah anda rasa cukup dengan mengusap layar memakai kain basah, maka anda dapat mengusapkan kain kedua untuk permukaan layar yang sedikit lembab tersebut.
  4. Usapkan kain kedua agar air benar-benar meresap dan tidak lembab lagi.

Cara membersihkan layar HP ini tentu saja tidak dianjurkan menggunakan kain yang terlalu basah atau bahkan dengan mencipratkan air secara langsung pada layar ponsel anda tersebut.

Jika anda melakukan hal tersebut, bukannya layar menjadi bersih, yang ada justru ponsel anda akan rusak dan tidak dapat anda pakai lagi.

Memakai Cotton Bud

Cara yang dapat anda lakukan untuk menyelesaikan masalah layar pada HP yang kotor selanjutnya adalah dengan memanfaatkan cotton bud. Alat sebagai pembersih daun telinga ini nyatanya dapat anda pakai untuk menyelesaikan permasalahan.

Baca juga: Menghilangkan Baret HP, Simak Cara Mudahnya Berikut Ini!

Cotton bud dapat anda pakai untuk mengganti kain yang ada dalam langkah di atas. Kemudian, yang paling penting tentu saja anda harus memastikan jika cotton bud tersebut mempunyai kapas yang lembut agar tidak menggores layar.

Bahan yang dapat anda persiapkan tidak jauh berbeda dengan cara membersihkan menggunakan kain dan air yang bersih. Selanjutnya anda dapat menerapkan cara membersihkan layar HP sebagai berikut:

  1. Tuang 1 hingga 2 tetes air yang bersih pada cotton bud (ujungnya).
  2. Berikutnya, usapkan pada layar yang kotor atau semua permukaan layar HP anda. Jangan lupa untuk membersihkan dengan mengusap sela-sela layar.
  3. Dengan menggunakan ketiga langkah tersebut, layar ponsel anda akan menjadi lebih bersih dan terbebas dari kusam karena debu.

Memakai Gel Alkohol

Jika anda sudah tidak asing dengan salah satu alat pembersih tangan ini, maka anda juga dapat memanfaatkannya untuk melenyapkan kotoran pada HP anda.

Memang, alkohol dapat merusak HP dan berbahaya. Akan tetapi jika anda melakukannya dengan benar, maka justru akan membantu anda dalam menghilangkan permasalahan layar HP yang kotor karena debu dan kotoran.

Cara membersihkan layar HP yang dapat anda lakukan tentu saja cukup mudah. Dengan menyiapkan kain yang lembut terlebih dahulu. Selanjutnya, anda dapat menuangkan gel alkohol sedikit saja pada kain tersebut. Rasionya adalah 40 persen untuk alkohol dan 60 persen untuk air.

Kemudian, anda dapat mengusapkan secara perlahan pada layar HP anda yang kotor. Yang penting untuk anda ingat adalah, jangan menuangkan gel alkohol tersebut secara langsung pada layar HP anda, karena justru akan merusaknya.

Manfaatkan Selotip

Tentu anda sudah tidak asing lagi dengan alat perekat yang satu ini bukan? Alat ini bukan hanya dapat anda pakai untuk merekatkan suatu benda saja, melainkan bisa anda pakai sebagai pembersih layar smartphone anda yang kotor.

Cara membersihkan layar HP ini cukup ampuh untuk melenyapkan HP anda dari debu dan kotoran. Akan tetapi, anda dapat menggunakannya dengan cara yang hati-hati. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Persiapkan selotip atau isolasi.
  2. Tempelkan perlahan selotip tersebut pada layar HP anda yang kotor.
  3. Diamkan beberapa saat agar tetap menempel.
  4. Selanjutnya, melepaskan selotip atau isolatip tersebut secara perlahan dari layar HP anda.

Penting untuk anda perhatikan adalah, jangan mencabut atau melepas selotip tersebut secara kasar. Karena, justru akan merusak layar HP anda.

Memakai Cairan Khusus Pembersih Layar HP

Cara membersihkan layar HP yang berikut ini dapat anda pakai dengan mudah. Karena, pada zaman yang serba modern ini, terdapat banyak sekali alat yang dapat mempermudah anda melakukan semua hal. Tak terkecuali membersihkan sendiri hal tersebut yang kotor.

Cairan khusus untuk HP ini tersedia dengan kandungan zat kimia tertentu yang akan dengan mudah mengangkat semua kotoran yang menempel pada smartphone anda.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jamur di HP yang Mudah dan Praktis

Caranya pun sangat mudah, yakni cukup tuangkan cairan tersebut pada kain bersih sebagai pengganti air. Berikutnya, anda dapat mengusapkannya secara perlahan pada layar HP anda. Cara ini cukup aman dan mudah.

Ada tinggal membelinya di berbagai toko penyedia cairan khusus HP ini. Langkah-langkah tersebut dapat anda pakai guna membersihkan layar HP anda yang kotor dengan cara mudah dan anti ribet.

Namun, terdapat satu lagi hal yang dapat anda ingat. Hindari cara membersihkan layar HP yang kotor dengan memakai odol. Karena, hal tersebut tidaklah efektif untuk anda. Bahkan, cara tersebut dapat menyebabkan goresan yang ada pada layar HP anda menjadi semakin banyak. (R10/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img