Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaBerita TerbaruCara Membuat Aquascape untuk Pemula dengan Mudah dan Murah

Cara Membuat Aquascape untuk Pemula dengan Mudah dan Murah

Cara membuat aquascape mungkin terlihat sedikit rumit, akan tetapi akan menjadi cukup mudah jika anda lebih meneliti serta memahami dari petunjuk yang akan anda ikuti.

Aquascape merupakan sebuah seni untuk mengatur tanaman, kayu, bebatuan, karang, dan juga beberapa elemen lain sampai menyerupai ekosistem air yang asli.

Secara lebih sederhana, istilah ini adalah sebuah akuarium yang lebih kompleks daripada akuarium biasanya. Jadi, pembuatannya tidak hanya fokus pada hewan air atau ikannya saja, akan tetapi juga menghadirkan sebuah mikro ekosistem air yang baik.

Cara Membuat Aquascape

Membuat dekorasi sebuah rumah menjadi sangat cantik dapat anda hadirkan pada sebuah akuarium yang menarik. Salah satu yang dapat anda pilih adalah dengan menghadirkan konsep yang memang sedang trend untuk saat ini.

Aquascape adalah sebuah metode dalam mengatur akuarium dengan menghadirkan ekosistem air yang asli. Tumbuhan serta hewan dalam akuarium adalah ekosistem yang alami dan asli.

Baca juga: Tanaman Hias Termahal 2020, Harganya Bikin Geleng-geleng Kepala

Berbeda dengan jenis akuarium pada umumnya yang menghadirkan dekorasi dalam akuarium dengan bahan-bahan yang menyerupai atau buatan saja.

Sehingga, memiliki sebuah akuarium yang berisi ikan-ikan hias cantik bisa menjadi salah satu dekorasi rumah yang menarik. Apalagi, jika akuarium rumah tersebut terbuat dari konsep aquascape, karena terbuat secara khusus untuk habitat asli ikan dalam laut.

Dengan menggunakan cara membuat aquascape atau konsep seperti itu, maka ruangan dalam akuarium akan terasa lebih hidup dan tampak asri. Tak jarang, para pecinta dekorasi rumah serta beberapa dekorasi dengan menggunakan metode yang lebih menarik.

Karena selain dapat menghasilkan akuarium yang lebih cantik, anda dapat mengatur atau meletakkan hiasan yang sesuai dengan keinginan anda. Bagi anda yang merasa tertarik untuk membuatnya, dapat mengikuti beberapa langkah-langkahnya sebagai berikut.

Mempersiapkan Bahan

Sebelum masuk ke dalam tahap pembuatan, sebaiknya menyiapkan beberapa bahan secara matang karena mengingat akuarium ini membutuhkan banyak komponen. Karena untuk membeli aquascape air tawar, anda harus merogoh biaya yang cukup mahal.

Bahkan, harganya hingga jutaan rupiah. Berbeda jika anda membuatnya sendiri dengan cara membuat aquascape yang baik dan benar. Biaya yang akan anda keluarkan tak sampai satu juta rupiah. Bahan yang dapat anda persiapkan seperti akuarium sesuai selera anda, misalnya ukuran 80x40x40 cm.

Kemudian pupuk dasar 1 kantong, batu hias 1 kantong, pasir silika, karbon aktif, pompa akuarium, dan saringan. Selain itu, anda juga membutuhkan diffuser CO2, lampu, tanaman hias, fauna (ikan), serta kayu.

Setelah semua bahan tersebut anda persiapkan, anda dapat memulai dalam pembuatan akuarium dengan konsep ini.

Membersihkan Akuarium

Setelah bahan-bahan di atas lengkap, maka cara membuat aquascape dapat anda mulai dengan membersihkan akuarium terlebih dahulu. Akuarium yang anda beli biasanya memiliki kaca yang kotor dan buram.

Baca juga: Jenis Ikan Hias Cantik dengan Corak dan Warna Unik

Jika tidak anda bersihkan, maka tampilannya menjadi tidak menarik. Cara membersihkannya, anda dapat memakai lap basah atau produk pembersih kaca agar akuarium anda tersebut bersih dengan sempurna.

Pastikan akuarium bersih dari noda-noda dan steril. Selanjutnya, anda dapat mulai menata bahan-bahan yang telah anda persiapkan.

Meletakkan Pasir

Salah satu hal paling penting dalam pembuatan akuarium ini adalah mampu menghadirkan ekosistem dasar yang menopang dengan baik. Meletakkan pasir silika pada akuarium dapat anda lakukan dengan ketebalan sekitar 2 hingga 3 sentimeter.

Jangan lupa buat cekungan untuk bagian tengahnya pada cara membuat aquascape tersebut. Membuat atau menghadirkan cekungan tersebut berguna sebagai tempat karbon aktif serta pupuk.

Biasanya untuk jenis pasir silika dapat anda peroleh dengan kisaran harga Rp 10 ribu untuk per kilogramnya. Pemilihan pasir dengan jenis silika ini dapat anda pakai untuk mengatur bagian paling dasar dari akuarium. 

Meletakkan atau Penaburan Pupuk

Cara membuat aquascape selanjutnya adalah meletakkan pupuk. Setelah penataan pasir pada bagian dasar akuarium, anda dapat langsung melanjutkan langkah berikutnya, yakni menaburkan pupuk ke dalam akuarium untuk konsep ini.

Anda bisa menaburkannya pada bagian tengah akuarium yang mempunyai dasar atau ketebalan yang lebih tipis daripada bagian pinggir.

Penaburan pupuk sangat penting untuk menjadikan akuarium mempunyai tanaman yang dapat untuk bercocok tanam dan tumbuh dengan subur.

Untuk harga pupuk sendiri tidaklah mahal dalam pembuatan akuarium ini. Anda bisa memperolehnya dengan satu kantong besar sekitar Rp 100 ribu untuk penggunaan berulang kali.

Menghias Akuarium dengan Batuan

Sampai pada tahap ini, cara membuat aquascape sebenarnya baru saja anda mulai. Anda dapat memulai dengan menghias dasar akuarium agar menjadi lebih indah dan menarik. Untuk hiasan yang utama dapat anda susun dengan cara meletakkan beberapa jenis batuan dalam akuarium.

Anda pun bisa memperoleh batuan halus untuk hiasan akuarium dengan harga yang tak lebih dari Rp 50 ribu rupiah. Batuan ini dapat anda pergunakan berulang kali atau untuk sekedar berjaga-jaga saja jika kurang.

Mulai Bercocok Tanam

Tahap ini merupakan sebuah tahap dalam pembuatan inti dari akuarium. Langkah ini anda akan memulai untuk melakukan cocok tanam pada media dalam akuarium yang telah anda letakkan pasir, pupuk, serta bebatuan tadi.

Saat hendak menanam, anda dapat mengisi akuarium anda dengan air sekitar satu per empat bagian. Selanjutnya, anda dapat mulai melakukan penanaman tumbuhan yang telah anda persiapkan.

Perlu anda ketahui dan perhatikan untuk cara membuat aquascape, pada saat mengisi air, anda harus menuang air sedikit demi sedikit agar tidak merusak dekorasi yang telah anda buat sebelumnya.

Selanjutnya, yang perlu anda perhatikan adalah memilih jenis tanaman hias yang sesuai dengan akuarium anda. Karena, tak semua tanaman hias akan cocok untuk anda tanam dalam akuarium tersebut.

Untuk rekomendasi beberapa tanaman hias yang dapat anda pilih seperti vallisneria, spatterdock, cabomba, tiger nymphaea lotus (rumput air), wendtii, serta echinodorus. Harga untuk jenis tanaman hias tak terlalu mahal. Biasanya hanya sekitar Rp 15 ribu rupiah untuk per satuannya.

Memasang Alat Penunjang

Saat tanaman hias anda sudah tertanam, bukan berarti cara pembuatannya pun telah selesai. Bagian yang paling penting dalam pembuatannya yaitu memastikan jika kelangsungan hidup hewan air seperti ikan yang anda pilih serta juga kelangsungan hidup segala tanaman yang sudah anda tanam.

Sehingga, cara membuat aquascape selanjutnya, anda dapat memasang peralatan yang menunjang mikro ekosistem tersebut. Seperti pompa, lampu, dan juga saringan.

Baca juga: Ingin Ternak Ikan Hias Air Tawar? Kenali Jenis yang Terpopuler

Hal tersebut penting anda persiapkan agar sirkulasi cahaya dan udara yang mikro ekosistem butuhkan akan terpenuhi dengan cukup.

Sebelum anda memasang peralatan penunjang akuarium, sebaiknya pastikan terlebih dahulu untuk air memenuhi akuarium anda. Namun, anda juga harus menyisakan sekitar 5 cm hingga 10 cm pada bagian atas yang tidak terkena air.

Setelah itu, anda baru bisa meletakkan peralatan seperti pompa, lampu, dan saringan pada bagian atas dari akuarium anda tersebut.

Memasukkan Ikan Hias

Perbedaan akuarium ini dengan akuarium biasa adalah pada metode bercocok tanamnya. Akuarium ini lebih fokus untuk anda melakukan cocok tanam yang ada dalam akuarium tersebut.

Akan tetapi, akan sangat kurang lengkap dan kurang menarik jika sebuah akuarium tidak ada beberapa ikan hias yang mengitari kolam kecil tersebut.

Setelah anda membuat aquascape dengan mengikuti beberapa cara membuat aquascape seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, maka selanjutnya anda dapat memasukkan beberapa ikan hias yang cantik dan lucu-lucu.

Jenis ikan yang cocok untuk anda masukkan ke dalam akuarium tersebut seperti manfish, ikan komet, serta ikan tetra.

Pemberian Pupuk secara Rutin

Sekarang, akuarium tersebut sudah selesai anda buat. Anda juga dapat menikmatinya sebagai dekorasi yang cantik serta menarik untuk rumah anda. Bahkan, anda dapat menikmati pemandangan ekosistem air tawar kecil yang anda buat.

Namun, jangan berdiam diri saja, selanjutnya, anda harus dapat menjadikan pemandangan indah serta menarik dekorasi rumah anda tersebut tetap berlangsung lama.

Ikan serta tumbuhan yang ada dalam akuarium tersebut dapat anda jaga dan tumbuh dengan baik. Paling tidak, anda dapat memberikan pupuk pada akuarium anda dalam waktu tiga hari sekali.

Hal tersebut berguna untuk tumbuh suburnya tanaman hias dan juga menjadi nutrisi penting untuk tumbuhan agar dapat terus hidup dengan baik.

Dengan demikian, anda akan menikmati hasil aquascape buatan anda sendiri yang indah serta menawan dalam rumah anda dengan cara membuat aquascape yang baik dan benar. (R10/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara

- Advertisment -

Berita Terbaru