Cara Membuat Tas Rajut, Buat Pola yang Tepat untuk Desain Menarik

Cara Membuat Tas Rajut, Buat Pola yang Tepat untuk Desain Menarik
Ilustrasi cara membuat tas rajut. Foto: thriftyfun.com

Cara membuat tas rajut bisa anda lakukan dengan mudah asal mau bersungguh-sungguh. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat aksesoris yang satu ini.

Tas hadir dengan berbagai pilihan menarik untuk menunjang penampilan. Dengan banyaknya permintaan akan item fashion yang satu ini, produksinya pun mulai berkembang.

Ada banyak tempat produksi yang memberikan berbagai desain menarik dan model yang bervariasi. Selain itu, inovasi terbaru akan produksinya juga mulai berkembang dengan baik.

Tas hadir dengan berbagai motif pilihan, baik dari segi jenis, ukuran, harga, hingga material pembuatannya. Ada berbagai varian material yang bisa untuk pembuatan tas.

Ada yang terbuat dari bahan kulit asli, sintetis, rotan, hingga tas bahan rajut. Merajut merupakan aktivitas yang gunanya untuk membuat kain, pakaian, benang rajut, dan aksesoris pelengkap gaya penampilan.

Merajut memang sudah banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia saat ini. Bahkan kegiatan ini sudah mulai diturunkan kepada anak cucu. Sehingga merajut sudah bukan hal yang sulit dan langka.

Berbeda dengan menenun. Cara membuatnya hanya menggunakan sehelai benang saja. Pola yang digunakan untuk aktivitas ini dengan sebaris tusukan yang telah selesai dipegang pada salah satu jarum.

Baca Juga : Tas Selempang Remaja Lucu dan Kekinian, Cocok untuk Setiap Aktivitas

Hal ini bisa anda lakukan hingga selesai dan memulai tusukan yang baru. Kegiatan merajut pada umumnya dilakukan dengan cara manual. Namun, kini juga sudah banyak yang menggunakan mesin untuk merajut.

Dengan merajut, anda bisa menemukan berbagai aksesoris untuk melengkapi gaya penampilan. Misalnya baju, aksesoris, tas, dan produk lainnya.

Cara Membuat Tas Rajut

Ada banyak varian pembuatan tas dengan material yang berbeda-beda. Semua memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tidak kalah dengan bahan kulit, aksesoris jenis ini hadir dengan desain menarik dan berbagai motif.

Daya tarik yang ada pada aksesoris yang satu ini cukup membuat banyak orang tertarik. Tidak hanya orang dewasa saja, namun baik remaja atau anak-anak juga gemar dengan jenis yang satu ini.

Bahkan jenis buatan dari Papua menjadi aksesoris yang mampu hadir dalam panggung London Fashion Week 2018 lalu. Tas rajut noken asal Papua ini dikenakan pada kepala yang terbuat dari kulit kayu.

Selain memiliki harga terjangkau, cara membuatnya pun lebih mudah. Selain itu, perawatan yang anda lakukan mudah dan simpel. Bagi anda yang ingin berlatih membuatnya sendiri, sebaiknya gunakan langkah yang tepat, antara lain:

Baca Juga : Tas Remaja Kekinian, Model Menarik Trend Fashion Masa Kini

Buat Susunan Rantai

Langkah pertama cara membuat tas rajut yaitu menyiapkan susunan rantainya. Sebaiknya buat pola atau tusuk rantai dengan cara mengaitkan benang rajut pada hekpen.

Lingkarkan pada bagian ujung tangan kiri. Buatlah rantai dengan pola yang panjang sesuai yang anda inginkan. Sebaiknya lakukan pola dasar yang bisa membuat hasil karya anda tampak rapi.

Tambah Pola Lain

Cara membuat tas rajut berikutnya yaitu menambah pola lain. Pembuatan tas ini tidak hanya menggunakan satu pola saja. Setelah tusuk rantai, anda bisa ganti pola.

Misalnya dengan menambahkan tusuk tunggal. Cara yang bisa anda lakukan yaitu memasukkan jarum dalam lubang kedua dari belakang jarumnya, lalu kaitkan benang tersebut dalam jarum rajut.

Baca Juga : Tas Kerja Wanita Kekinian Buat Penampilan Stylish dan Kece Pas Ngantor

Tarik melalui 2 lubang, kemudian kaitkan pada tusuk rantai sebelumnya. Buatlah simpul hingga membentuk pola melingkar. Membuat simpul yang berulang memang tidak mudah, namun tidak ada salahnya untuk terus mencobanya.

Simpul tersebut bisa anda lakukan berulang hingga bagian ujung polanya saling bertemu. Buat pola melingkar hingga benar-benar tertata. Sehingga anda bisa meneruskan pola tersebut sampai aksesoris ini jadi.

Ada banyak model item fashion modern dan kekinian. Anda bisa memilih mengenakannya untuk berbagai aktivitas. Apalagi desainnya pun unik dan menarik. Sehingga bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Tidak semua pengrajin bisa merajut dan membuat berbagai aksesoris. Namun, jika anda ingin mencoba membuatnya, tidak ada salahnya.

Apalagi banyak sekali model yang bisa anda buat dengan berbagai varian warna dan motif. Selain bisa membawa barang bawaan, tas ini juga mampu membuat penampilan terlihat lebih menarik.

Gunakan cara membuat tas rajut yang baik dan benar. Hal ini agar anda bisa memberikan hasil terbaik dari segi model dan desainnya. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah