Rabu, Februari 1, 2023
BerandaBerita TerbaruCara Memilih BB Cream Berdasarkan Jenis Kulit Wajah

Cara Memilih BB Cream Berdasarkan Jenis Kulit Wajah

Cara memilih BB cream yang menjadi alat make up wanita untuk menjadi riasan dasarnya sehingga wajah kelihatan mulus dan bersinar. Dengan kepopulerannya saat ini, produk BB cream sangat mudah untuk ditemukan.

Bahkan harga yang mereka tawarkan juga beragam, mulai dari yang mahal sampai yang ekonomis pun ada. BB cream merupakan kepanjangan dari Blemish Balm dengan memiliki banyak formula menjadi concealer, foundation, pelembab, primer, sunscreen, sampai dengan serum.

Hanya saja yang membedakan dengan foundation adalah teksturnya yang lebih ringan dan BB cream memiliki rentang warna yang lebih banyak. Sehingga BB cream bisa mengikuti warna kulit asli.

Cara Memilih BB Cream Berdasarkan Jenis Kulit

Baca Juga: Kulit Wajah Terasa Kaku, Simak Tips Dapatkan Kulit Lebih Lembab

Cara memilih BB cream yang cocok seringkali membuat bingung. Pasalnya, saat ini banyak sekali merk BB cream yang beredar di pasaran dengan berbagai macam kualitas dan harga. Namun sebelum membelinya, sebaiknya sesuaikan dengan jenis kulit wajah sehingga bisa pas ketika mengenakannya.

Kulit Berminyak

Salah satu masalah terbesar dari jenis kulit ini adalah kelebihan produksi minyak yang membuat wajah terlihat mengkilap. Sehingga untuk menggunakan BB cream harus mencari produk yang tidak mengandung minyak.

Cara memilih BB cream untuk kulit berminyak yang berlabel oil-free sehingga bisa mengontrol produksi minyak. Meski tidak mengandung minyak, namun BB cream ini masih mengandung pelembab.

Sehingga bisa menjaga kulit tetap lembab tanpa ada minyak yang berlebihan. BB cream akan lebih mate dan menyatu dengan kulit sehingga riasan akan lebih maksimal.

Kulit Kering

Baca Juga: Bahaya Krim Pemutih Kulit Wajah Abal-abal

Untuk yang memiliki jenis kulit kering, maka harus hati-hati karena jenis ini akan cepat keriput jika tidak merawatnya dengan baik. Terutama untuk masalah kelembaban. Untuk itu, ketika membeli BB cream, sebaiknya mendapatkan perhatian berbeda.

Sehingga ketika menggunakan BB cream ini akan sesuai dengan tingkat kulit kering. Nah, cara memilih BB cream yang cocok untuk jenis kulit kering adalah yang mengandung hyaluronic acid serta glycerin. Sebab kedua kandungan ini bisa membantu melembabkan kulit yang kering sehingga tidak menampilkan adanya kerutan.

Bukan hanya itu saja, jenis BB cream ini mengandung vitamin E yang bisa menjaga keremajaan kulit dengan baik sehingga kulit kering bukan menjadi alasan untuk tidak menggunakan riasan wajah.

Kulit Kusam

Apabila memiliki jenis kulit wajah kusam, tentu akan terlihat wajah lelah dan tidak bercahaya. Namun tenang saja, jenis kulit ini masih bisa menggunakan BB cream untuk menjadi riasan dasarnya dalam mengatasi kulit tidak merata dan kusam.

Cari saja BB cream yang memiliki efek glowing ketika diaplikasikan pada wajah karena BB cream ini mengandung pearl powder yang akan memberikan kesan glowing dan bersinar.

Karena kandungan vitamin C mampu memberikan efek cerah dan membuat kulit kusam menghilang. Akan lebih baik jika jenis kulit kusam menggunakan BB cream yang mengandung iluminating.

Baca Juga: Cara Memakai Masker Spirulina untuk Perawatan Kulit Wajah

Kulit Sensitif

Cara memilih BB cream untuk jenis kulit sensitif memang tidak oleh sembarangan BB cream dipakai. Namun anda masih bisa menggunakan BB cream untuk riasan dasarnya yang memiliki formulasi khusus bagi jenis kulit seperti ini.

Untuk itu, bisa tentukan BB cream yang tidak ada kandungan fragrance karena kandungan ini mengandung pewangi yang sering kali membuat reaksi untuk jenis kulit sensitif. Selain itu, gunakan BB cream yang ringan seperti lotion sehingga mudah untuk meratakan dan menutupi noda wajah.

Pastikan pula untuk menggunakan BB cream yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti paraben serta SLS yang bisa memicu reaksi alergi wajah. Karena jenis kulit ini sangat riskan sehingga perlu mencari BB cream yang aman.

Kulit Berjerawat

Ketika kulit wajah berjerawat, tentu sebaiknya tidak menggunakan riasan agar tak memperparah kondisi jerawat. Namun ketika harus tampil maksimal menggunakan make up, tentu menjadi cerita berbeda.

Cara memilih BB cream pada kulit berjerawat bisa yang mengandung anti bakteri seperti salicylic acid, tea tree oil, lendir siput, dan masih banyak lagi lainnya. Tidak hanya itu, sebaiknya menghindari BB cream yang mengandung minyak karena produksi minyak berlebih bisa memicu jerawat. (R10/HR-Online)