Kamis, Desember 2, 2021
BerandaBerita TerbaruCara Mempercepat Kinerja Laptop Tanpa Upgrade

Cara Mempercepat Kinerja Laptop Tanpa Upgrade

Cara mempercepat kinerja laptop supaya lebih maksimal bisa Anda lakukan dengan mudah. Mempercepat kinerja laptop juga bisa tanpa melalui teknisi.

Beberapa di antaranya bisa melalui perawatan atau manajemen system dengan baik, jadi tidak perlu membongkar dan mengganti beberapa komponennya.

Laptop keluaran terbaru khususnya, sudah memiliki fitur bawaan yang dapat memaksimalkan perawatan system sehingga berpengaruh terhadap kinerja.

Namun, untuk laptop jenis lama hanya sebagian jenis saja yang memilikinya atau terkadang memerlukan aplikasi tambahan.

Tetapi, cara mempercepat kinerja laptop melalui sistem tidak berdampak terlalu signifikan, karena lebih kepada perawatan.

Sementara, supaya mendapatkan kecepatan yang lebih tinggi dari bawaan awalnya, Anda tetap harus mengganti komponen atau menambahnya.

Ketika sudah melakukan itu, tentu akan kehilangan segel karena harus membuka casingnya terlebih dahulu dan ketika laptop masih bergaransi, maka garansinya akan hilang.

Terlepas dari itu, semuanya tergantung pada kebutuhan penggunaannya, ketika Anda memerlukan kinerja lebih tinggi kenapa tidak mencoba melakukan upgrading.

Baca juga: Cara Merawat Printer Luar Dalam dengan Baik

Cara Mempercepat Kinerja Laptop Melalui

Jika tertarik untuk meningkatkan kecepatan perangkat tapi masih ragu untuk membuka casing dan mengganti komponennya, tips di bawah bisa coba Anda lakukan.

Menghapus File di Recycle Bin

File pada recycle bin merupakan data yang sudah pengguna hapus dan tersimpan sebagai sampah, jadi folder ini merupakan tong sampahnya laptop.

Kenapa file yang dihapus masuk pada folder recycle bin, fungsinya untuk mencegah kehilangan data ketika tidak sengaja menghapus file atau data penting.

Namun, karena menghapus file dalam laptop merupakan kegiatan yang sering, terkadang orang kurang memperhatikan tong sampahnya.

Ketika sampah sudah menumpuk akan berpengaruh terhadap kinerja Laptop, maka membersihkannya secara teratur jadi cara mempercepat kinerja laptop pertama yang sederhana.

Memanfaatkan Virtual Memory

Masih berbicara tentang file dan folder, biasanya orang menyimpan filenya dalam sebuah folder di library dan ini sangat berpengaruh terhadap kecepatan ketika filenya sudah banyak.

Terlebih hampir semua file baik berupa program utama, aplikasi tambahan ataupun dokumen tersimpan di sana.

Meski melakukan partisi atau pembagian, pada kenyataannya semua itu tersimpan dalam perangkat yang sama yaitu Hard Disk.

Nah, sebagai solusi ketika data Anda sudah banyak yaitu dengan mulai memanfaatkan virtual memory sebagai cara mempercepat kinerja laptop selanjutnya.

Salah satu diantara virtual memory sudah terinstal di banyak laptop, yaitu aplikasi One Drive, ini bisa Anda manfaatkan.

Memanfaatkan Fitur Disk Cleanup

Fitur disk clean up biasanya sudah terinstall pada windows 10, ini berfungsi untuk membersihkan file sementara yang ada dalam hard disk dan bukan file utama Anda.

File sementara bisa berupa file program aplikasi yang diunduh dan sudah tidak terpakai, thumbnail atau halaman web offline.

Lagi-lagi, saat sudah menumpuk tentu akan menghambat kinerja, ini sebenarnya salah satu jawaban kenapa laptop semakin lama semakin lamban.

Untuk menemukan fitur ini sangat mudah, Anda hanya perlu mencarinya melalui menu pencarian windows dengan mengetikkan Disk Clean up.

Baca juga: Aegis Boost Pro Usung Quadra Vaping System

Hapus Perangkat Lunak yang Tidak Terpakai

Menghapus perangkat lunak atau aplikasi yang sudah tidak terpakai merupakan cara mempercepat kinerja laptop yang cukup efektif.

Kenapa demikian, karena terkadan meskipun tidak terpakai beberapa jenis aplikasi berjalan secara otomatis saat laptop hidup dan menggunakan sebagian RAM.

Selain itu, aplikasi yang tidak terpakai juga hanya mengurangi kapasitas memory yang bisa Anda gunakan apalagi perangkat lunak dengan ukuran besar.

Menggunakan Hibernate Mode

Hibernate mode merupakan sebuah fitur bawaan windows yang memiliki fungsi menyimpan memory saat perangkat mati.

Selain itu, fitur ini juga dapat membantu perangkat penyimpanan pada laptop agar lebih segar dan dapat bekerja dengan maksimal.

Ketika tidak mengaktifkan mode hibernate, sistem penyimpanan seperti bekerja dua kali untuk memulai program.

Cara mempercepat kinerja laptop dengan mengaktifkan fitur hibernate cukup sederhana, yaitu dengan menekan tombol Windows + I bersamaan.

Kemudian masuk ke system dan pilih menu power and sleep, lalu masuk ke Additional Power Setting dan pilih power option.

Di sana Anda akan melihat opsi Chose What The Power Buttons do, klik di situ dan centang pada bagian Change Setting that are Currently Available.

Cara mempercepat kinerja laptop melalui sistem seperti ulasan di atas lebih kepada perawatan, untuk mendapatkan kinerja lebih maksimal upgrading tetap diperlukan. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid

- Advertisment -