Cara Menambah Multitouch HP Tidak Terdukung, Intip Antisipasi Lainnya

Cara Menambah Multitouch HP
Ilustrasi Cara Menambah Multitouch HP. Foto: youtube

Cara menambah multitouch HP penting untuk diketahui oleh para pengguna smartphone android. Dengan teknologi yang semakin canggih saat ini, banyak rilisan smartphone Android mendukung beragam fitur yang mampu mengakomodir kebutuhan harian penggunanya.

Mulai dari fitur untuk menjalankan beragam aplikasi secara bersamaan atau populer dengan sebutan multitasking. Fitur pengisian daya cepat atau fast charging, hingga salah satu fitur yang sangat fungsional akan tetapi para pengguna jarang mengetahui keberadaan fitur satu ini.

Fitur tersebut adalah multi touch. Smartphone layar lebar yang memperoleh kelengkapan fitur multi touch tentu dapat memberikan pengalaman penggunaan smartphone secara lebih maksimal.

Cara Menambah Multitouch HP

Selain memiliki ukuran layar yang luas serta memiliki lapisan pelindung, terdapat banyak hal yang meliputi fungsi dalam layar smartphone.

Seperti resolusi yang dapat mempengaruhi ketajaman layar sesuai dengan jenis layar yang digunakan atau biasa disebut dengan multi touch.

Dengan teknologi layar yang semakin canggih, mulai dari kualitas warna yang dihadirkan, sensitivitas layar, hingga banyaknya sentuhan yang dapat dikenali oleh perangkat android.

Baca Juga : Kamera Depan HP Blur, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Lalu bagaimanakah cara menambah multitouch HP tersebut? Perlu anda ketahui, sebenarnya Anda tidak bisa melakukan penambahan fitur multitouch pada perangkat Android.

Pasalnya multitouch tergantung pada adanya hardware dan sesuai dengan dukungan panel layar terhadap banyaknya sentuhan. Misalnya pada ponsel low range, biasanya memperoleh 3 hingga 5 titik sentuhan saja.

Lain halnya dengan ponsel mid range serta highend yang dapat mencapai 10 titik sentuhan. Hal ini tidak dapat anda tingkatkan dengan menggunakan manipulasi perangkat lunak.

Cara Cek HP Support Multitouch atau Tidak

Adanya multitouch pada sebuah perangkat HP merupakan suatu keharusan. Maka apabila fitur ini hilang atau mengalami kerusakan, yang berakibat pada smartphone anda yang tidak dapat merespon sentuhan jari pada layar.

Hal ini tentunya akan menjadi suatu kendala tersendiri dan mengharuskan anda untuk membawa smartphone anda pada jasa service HP.

Baca Juga : Penyebab Layar HP Berubah Hitam Putih, Sensor Warna Rusak

Meskipun tidak ada cara menambah multitouch HP, akan tetapi terdapat beberapa langkah cek HP android dapat support Multitouch atau tidak.

Berikut ini langkah-langkah supaya android support multitouch yang dapat anda coba dengan cukup mudah tanpa adanya perangkat tambahan lain antara lain:

Unduh Aplikasi Multitouch Tester

Sebelum melakukan proses pengecekan terhadap fungsi multitouch pada HP android anda, maka pastikan Store. Anda tidak perlu khawatir dalam penggunaan aplikasi ini, karena cukup aman untuk anda gunakan.

Tunggu hingga proses instalasi berjalan sukses. Pastikan ruang penyimpanan pada perangkat anda masih lega untuk antisipasi perangkat menjadi lelet atau lemot.

Cek Apakah HP Android Support Multitouch

Solusi untuk mengatasi tidak adanya cara menambah multitouch HP adalah dengan mengecek multitouch dengan menggunakan aplikasi pendukung.

Setelah aplikasi berhasil terunduh, buka aplikasi Multitouch Tester. Pada halaman utama aplikasi ini, tidak banyak opsi yang dapat anda pilih.

Baca Juga : Menghilangkan Gelembung pada Tempered Glass Mudah, Simak Caranya

Karena pada halaman ini hanya terdapat layar background hitam yang merupakan media untuk mengecek apakah perangkat anda support multitouch atau tidak.

Cara mengeceknya cukup mudah, anda hanya tinggal menempelkan beberapa jari pada layar. Untuk mengetahui apakah perangkat anda support multitouch atau tidak. Anda dapat melihatnya melalui beberapa lingkaran yang nampak pada layar ponsel pada aplikasi Multitouch Tester.

Lingkaran dengan beragam warna dapat menandakan bahwa HP android anda telah support multitouch. Sehingga tidak ada kendala apapun mengenai sensitivitas layar android yang anda gunakan.

Hal yang Perlu Dihindari Saat Sentivitas Layar HP Bermasalah

Namun jika salah satu atau beberapa lingkaran tersebut tidak menunjukkan warna, maka dapat anda pastikan bahwa sensitivitas layar HP android anda sedang mengalami masalah atau kerusakan. Hal ini tentunya memerlukan adanya penanganan yang lebih lanjut.

Baca Juga : Cara Mengosongkan Penyimpanan HP Android Dengan Mudah 

Selain tidak ada cara menambah multitouch HP, kendala lain yang dapat anda hadapi adalah permasalahan pada sensitivitas layar HP

Pada smartphone yang mengalami masalah pada sensitivitas layar. Jika anda menggunakan Custom ROM untuk mengatasi kondisi ini, maka hal yang mungkin terjadi adalah justru berkurangnya deteksi sentuhan pada perangkat. Apalagi pada saat kernel source tidak memperoleh proses rilis oleh pihak manufaktur. Maka sebaiknya anda menghindari langkah yang satu ini.

Titik sentuhan tidak hanya ditentukan oleh sistem operasi saja. Akan tetapi jenis layar serta sensor smartphone juga mempengaruhi kemampuan multitouch android yang anda gunakan. Maka, memang sangat sayang sekali dengan tidak adanya cara menambah multitouch HP, karena sangat pentingnya kehadiran fitur ini. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto