Cara Menentukan Ukuran Sepatu dengan Peralatan Sederhana

11. Cara Menentukan Ukuran Sepatu dengan Peralatan Sederhana
Ilustrasi Cara Menentukan Ukuran Sepatu. Foto: Ist/Net

Cara menentukan ukuran sepatu perlu anda tahu agar bisa mendapatkan yang pas dan nyaman. Meski sudah tahu ukuran, namun nyatanya tidak semua ukuran dengan nomor sama memiliki besar yang pas.

Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menentukan ukuran sepatu. Salah satu yang bisa anda lakukan dengan mudah yaitu datang langsung dan mencobanya sebelum membeli.

Kini dengan majunya dunia teknologi, membuat semua bisa anda lakukan secara mudah. Apalagi bagi anda yang ingin melakukan proses jual beli, tentu bisa dilakukan melalui online.

Sepatu menjadi item fashion yang mampu memberikan penampilan semakin menarik. Tidak hanya itu saja, item fashion yang satu ini juga bisa melindungi kaki dari benda tajam.

Alas kaki yang satu ini memang memiliki tingkat kenyamanan tinggi jika anda pilih ukuran yang sesuai. Sebab, tidak semua orang bisa memilih ukuran yang tepat.

Meski sudah tahu nomor sepatu yang biasa dikenakan, namun itu tidak bisa menjadi patokan dari kenyamanan. Kenyamanan dari alas kaki yang satu ini juga bisa terpengaruh dari ukurannya.

Sebab, jika ukuran tidak pas, maka justru dapat membuat kaki anda merasa tak nyaman bahkan cidera. Apalagi jika anda memilih membelinya via online, tentu tidak bisa mengukurnya secara langsung.

Baca Juga : Gaya Sepatu Wanita, Sesuaikan dengan Aktivitas Sehari-Hari

Cara menentukan ukuran sepatu saat belanja online tentu tidaklah mudah. Anda hanya bisa melihat barang dan harganya. Sehingga menentukan ukuran yang tepat pun tidak bisa anda lakukan.

Jangan ceroboh memilihnya agar kaki bisa tetap nyaman saat mengenakannya. Sebab, salah satu faktor kenyamanan bisa anda dapatkan dari ukuran.

Cara Menentukan Ukuran Sepatu dengan Tepat

Sepatu adalah item fashion yang tidak bisa terlepas dari penampilan. Alas kaki yang satu ini pun hadir dengan banyak jenis dan model.

Apalagi kemajuan zaman, membuat aksesoris ini juga mengalami perkembangan. Memilih sepatu untuk berbagai aktivitas memang mudah, namun hal yang sulit yaitu pada bagian ukurannya.

Jika tidak tepat dalam memilihnya, tentu akan membuat kenyamanan berkurang. Sehingga aktivitas tidak dapat berjalan dengan baik. Cara mudah dan cepat dalam memilih ukuran sepatu dengan mencobanya langsung.

Anda bisa datang ke toko sepatu dan mencobanya. Jika sudah menemukan yang tepat, baru anda bisa membelinya. Ada cara praktis lainnya untuk menentukan ukuran alas kaki yang tepat.

Anda bisa gunakan beberapa peralatan di rumah untuk mengukurnya. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menentukan ukuran alas kaki yang nyaman sesuai kaki.

Baca Juga : Sepatu Putih Wanita Kekinian Paling Rekomended dan Keren

Gambar Jejak Kaki pada Kertas

Cara pertama yang bisa anda lakukan yaitu menggambar jejak kaki pada kertas. Cara yang tepat yaitu dengan langkah ambil selembar kertas polos.

Kemudian letakkan kaki diatas kertas dan cetak bentuknya menggunakan pensil atau pulpen. Setelah anda gambar barulah anda bisa lakukan pengukuran.

Cara menentukan ukuran sepatu bisa anda lakukan dengan langkah awal yang satu ini. Selanjutnya tinggal ukur berapa panjang dan lebarnya.

Ukur Kaki di Sore Hari

Tidak hanya mengukur kaki pada sebidang kertas polos. Namun, cara menentukan ukuran sepatu anda juga bisa dilakukan pada sore hari. Tanpa anda sadari, ternyata ukuran kaki bisa berubah-ubah.

Waktu yang tepat untuk melakukannya yaitu pada sore hari. Pada sore hari ukuran kaki menjadi paling panjang dan melar. Sehingga paling tepat dalam menentukan ukuran yang sebenarnya.

Baca Juga : Jenis Sol Sepatu, Mampu Mempengaruhi Kenyamanan Penggunanya

Ukur dengan Meteran atau Penggaris

Setelah anda melakukan gambaran kaki pada kertas, selanjutnya proses pengukuran. Anda bisa ukur berapa panjang alas kaki yang tepat.

Gunakan meteran atau penggaris dengan cara tarik lurus, mulai dari sisi atas dan bawah kaki serta tumit. Ukur panjang dan lebar dengan tepat untuk mendapatkan ukuran yang sesuai.

Kurangi kurang lebih 3/16 inci pada setiap angka sebagai jarak antara kaki dan sepatu. Dengan cara yang satu ini, anda bisa mengetahui panjang dan lebar yang sebenarnya.

Membeli sepatu memang mudah sekali, baik via online atau langsung datang ke tokonya. Namun berbeda dalam menentukan ukurannya. Sebaiknya gunakan cara menentukan ukuran sepatu agar anda bisa mendapatkan yang tepat dan nyaman. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah