Kamis, Oktober 21, 2021
BerandaBerita TerbaruCara Mengatasi Penyakit PCOS dengan Pola Hidup Sehat

Cara Mengatasi Penyakit PCOS dengan Pola Hidup Sehat

Cara mengatasi penyakit PCOS yang bisa dilakukan yaitu dengan merubah pola hidup. Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut.

Semua jenis penyakit bisa menyerang siapa saja dan tidak mengenal usia. Baik itu laki-laki atau perempuan, terserang penyakit menjadi hal yang tidak bisa dihindari.

Ada banyak jenis penyakit yang bisa menyerang dan penyebabnya karena beberapa faktor. Apalagi wanita mudah sekali mengalami yang namanya sakit pada bagian dalam.

Ketika wanita mengalami menstruasi yang tidak teratur, perlu diwaspadai. Jika hal ini tidak anda perhatikan, mungkin mengalami yang namanya PCOS (polycystic ovary syndrome).

Penyakit yang satu ini juga memiliki sebutan dengan sindrom ovarium polikistik. Penyakit yang satu ini termasuk kelainan hormonal yang bisa anda temukan pada wanita usia 15-44 tahun.

Hal ini sering terjadi dengan berbagai gejala. Salah satunya ada tanda dengan seringnya mengalami gangguan haid. Terkadang bisa memanjang, bahkan siklus yang tidak teratur.

Adanya gangguan pada fungsi ovarium dan proses kematangan sel telur menimbulkan penyakit yang cukup serius. Meski demikian, tidak semua wanita menyadarinya.

Baca Juga : Agar Awet Muda, Lakukan Pola Hidup Sehat Ini di Rumah

Bahkan sebagian besar dari penderita tidak melakukan pengobatan. Saat anda mengalami PCOS, kondisi hormon tidak seimbang karena faktor yang tidak anda tahu.

Anda bisa lebih berhati-hati ketika gejala sudah terlihat. Bahkan jika diagnosa sudah anda dapatkan, sebaiknya periksa dan cari cara mengatasi penyakit PCOS.

Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit PCOS

PCOS merupakan penyakit yang sering menyerang wanita yang sedang subur. Ada beberapa gejala yang bisa timbul ketika terserang PCOS.

Ada banyak cara pengobatan yang bisa anda temukan. Saat kondisi ini sudah anda alami, segeralah untuk mencari pengobatan yang tepat. Wanita yang terserang PCOS rata-rata memiliki ovarium dengan ukuran besar daripada ukuran normal.

Hal ini terjadi karena ovarium memiliki kandungan yang banyak folikel sel telur yang tampak mirip kista kecil. Diameter ukurannya antara 4-9 mm.

Namun, folikel tersebut tidak akan berubah membesar dan matang, sehingga memicu ovulasi atau pelepasan sel telur. Sebelum mengetahui apa yang bisa anda lakukan sebagai cara pengobatan penyakit PCOS, cari tahu penyebabnya.

Penyebab PCOS

Baca Juga : Cara Menjaga Kesehatan Liver, Ubah Gaya Hidup dan Pola Makan!

Ada banyak penyebab yang bisa menimbulkan penyakit yang bisa menyerang wanita ini. Namun, ada beberapa faktor yang berperan dan berpengaruh.

Jika tubuh kelebihan hormon insulin dari pankreas, maka membuat wanita sulit mengalami ovulasi. Cara mengatasi penyakit PCOS juga bisa anda lakukan dengan pengobatan.

Namun, penyebabnya yang sangat beresiko yaitu dari faktor genetik dan keturunan. Faktor yang satu ini cukup banyak terjadi dan menimbulkan adanya gangguan siklus haid.

Setelah mengetahui beberapa faktor yang menyebabkan, tentu perlu tahu bagaimana cara yang anda lakukan.

Cara Mengatasi Penyakit PCOS

PCOS merupakan penyakit yang tidak bisa anda ketahui secara tepat. Bahkan pengobatan dan mengendalikan gejalanya untuk memperbaiki kesuburan tidak bisa anda lakukan begitu saja.

Penyakit yang satu ini memang tidak memiliki efek buruk yang berarti. Dengan begitu, setiap penderita tidak perlu khawatir dengan kondisi yang ada.

Baca Juga : Cara Diet Sehat yang Ampuh untuk Menurunkan Berat Badan Berlebihan

Wanita yang terserang PCOS masih bisa hidup dengan normal, bahkan tanpa komplikasi. Hal yang penting dalam pengobatannya yaitu cara mengatasi penyakit PCOS dengan pola gaya hidup sehat.

Meliputi penurunan berat badan dengan pola diet rendah kalori. Selain itu, sebaiknya lakukan aktivitas olahraga secara tepat. Dengan siklus haid yang teratur, mampu mengurangi resiko terkena penyakit PCOS.

Hal ini dapat mempengaruhi siklus haid yang tidak teratur. Sehingga kesuburan akan membaik dan resiko timbulnya komplikasi dapat berkurang.

Saat anda memeriksakannya ke dokter, akan dapat pengobatan untuk memperlancar haid. Siklus akan membaik dan membantu ovulasi. Pengobatan tersebut bersifat terapi hormonal.

Selain itu, penderita penyakit PCOS hampir mirip dengan penderita diabetes. Maka dari itu, dokter juga akan memberikan obat anti diabetes agar bisa mengobati penyakit PCOS.

Salah satunya dengan menurunkan berat badan dengan pola yang sehat. Selain itu, sebaiknya segera periksa ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Obat-obatannya memiliki dampak memperbaiki resistensi insulin dan menurunkan kadarnya. Maka dari itu, ketika anda mengalami penyakit ini, sebaiknya segera cari cara mengatasi penyakit PCOS. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img