Minggu, Juli 3, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mengecilkan Ukuran Foto, Ini Panduannya!

Cara Mengecilkan Ukuran Foto, Ini Panduannya!

Berita Teknologi, (HarapanRakyat.com).- Cara Mengecilkan Ukuran Foto. Terkadang seseorang akan membutuhkan foto yang berukuran kecil untuk melengkapi sebuah dokumen atau untuk digunakan mengisi form tertentu. 

Untuk mengecilkan ukuran foto sebenarnya sangat mudah. Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk memperkecil ukuran foto Anda, baik manual maupun online. 

Cara Mengecilkan Ukuran Foto

Menggunakan Paint

Cara yang paling mudah untuk mengecilkan ukuran foto atau meresizenya yaitu menggunakan aplikasi Paint. 

Langkah-langkahnya sangat mudah, pertama Anda hanya perlu membuka foto yang ingin ubah ukurannya dengan Paint. Klik kanan foto dan open with paint. 

Setelah itu klik resize, pada menu di bar. Kemudian akan muncul kotak dialog, Anda hanya perlu mengubah dimensinya, pada bagian pixel. 

Apabila Anda mengubah ukuran pixel maka preview foto akan otomatis mengecil mengikuti ukuran pixel. 

Jika Anda sudah selesai, tinggal klik save untuk menyimpan atau save as untuk mengubahnya menjadi format yang anda inginkan. 

Menggunakan Compress JPEG

Anda juga bisa mengecilkan ukuran foto secara online menggunakan website compress jpeg. Cara mengecilkan ukuran foto menggunakan website ini sangat mudah dan juga praktis. 

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda terapkan. 

  1. Kunjungi Website

Langkah pertama, silahkan Anda kunjungi website compress jpeg (www.compressjpeg.com) melalui browser pada perangkat yang dimiliki. Kemudian Anda akan mendapati araha dan masuk pada halaman pertama. 

  1. Pilih Format Foto

Pada bagian halaman pertama akan Ada beberapa pilihan format foto mulai dari jpeg, pdf atau png. Silahkan pilih format sesuai dengan format foto yang ingin Anda kecilkan ukurannya. 

  1. Upload Foto

Setelah selesai memilih format, Anda akan masuk ke halaman upload foto. Anda bisa menyeret atau men-drag foto yang akan anda kecilkan ke halaman tersebut. 

  1. Resize Ukuran Foto

Untuk meresize ukuran foto, Anda bisa klik thumbnail dan mengatur ukuran sesuai yang anda butuhkan. Setelah memilih ukuran yang pas, Anda tinggal klik apply. 

  1. Download Foto

Apabila sudah selesai, Anda bisa mendownload hasilnya. Situs web ini bisa melakukan compress 20 foto sekaligus. Jadi sangat membantu ketika Anda membutuhkan compress foto dalam jumlah yang banyak. 

Menggunakan TinyJPEG.com

Situs website yang lain untuk mengecilkan ukuran foto adalah TinyJPEG.com. Cara mengecilkan foto menggunakan website ini sangat mudah. 

Anda hanya perlu membuka website TinyJPEG.com melalui browser. Pada halaman pertama Anda akan langsung diminta menekan tombol upload foto. 

Website ini bisa mengkompress 20 foto dalam waktu yang bersamaan, dengan ukuran masing-masing foto maksimal 5 mb. 

Hanya saja foto yang bisa anda kecilkan dengan website ini terbatas pada format jpg atau png. 

Kemudian setelah memilih foto, upload foto tersebut dan foto akan terkompress secara otomatis. Tunggu hingga selesai, dan kemudian Anda tinggal mendownload hasilnya.

Menggunakan Toolur.com

Ada banyak website yang bisa membantu Anda untuk mengecilkan ukuran foto, salah satunya adalah toolur.com. 

Anda bisa mengunjungi website ini di www.compressimage.toolur.com. Kemudian pilih upload foto, dan masukkan foto yang akan Anda resize ukurannya. 

Setelah memasukkan foto, Anda bisa memilih ukuran foto. Website ini mampu mengkompress ukuran hingga kurang dari 70%. 

Apabila Anda telah memilih ukuran foto, kemudian klik compress foto, dan pada bagian bawah akan muncul keterangan ukuran foto setelah anda kompres. 

Langkah terakhir Anda hanya perlu mendownloadnya untuk menyimpan hasil tersebut. Kelebihan dari website ini Anda bisa memilih ukuran dari hasil kompress foto sebelum mendownloadnya. 

Cara mengecilkan ukuran foto ini sangat praktis untuk Anda yang tidak suka menggunakan aplikasi. 

Menggunakan Photo Compress 2.0

Anda tidak hanya bisa mengkompress foto secara online menggunakan website namun bisa juga menggunakan aplikasi di HP android. Salah satu aplikasi yang bisa anda gunakan adalah photo compress 2.0.

Kelebihan aplikasi satu ini, selain tersedia gratis juga bebas iklan dan tampilannya sederhana. 

Aplikasi besutan Sawaan Apps ini, bisa Anda download melalui Google PlayStore. Jika sudah, buka aplikasinya.

Anda akan mendapati tiga macam pilihan pada bagian pertama aplikasi. Gallery, camera, dan Compress and Resize Multiple Photos. 

Apabila foto yang ingin anda kecilkan belum ada pada galeri Anda bisa klik kamera. Langkah-langkah mengecilkan foto menggunakan aplikasi ini cukup mudah. Berikut adalah cara penggunaanya:

  1. Pilih Foto

Pilih foto yang ingin Anda resize ukurannya, dengan membuka gallery. Jika foto belum Anda di smartphone, bisa klik kamera untuk mengambil gambarnya terlebih dahulu. 

Anda juga bisa melakukan resize banyak foto sekaligus dengan menu resize multiple photos. 

  1. Klik Compress

Langkah kedua, Anda compress foto tersebut dengan menggeser tingkat kompresi. 

Caranya, setelah foto anda pilih, pada bagian atas foto akan terlihat ukurannya. Kemudian tapi pada Compress, sesuaikan ukuran. 

Sesuaikan compress foto sesuai dengan kebutuhan Anda. Semakin tinggi tingkat compress yang Anda pilih, maka akan semakin kecil juga kualitas foto yang anda dapatkan. 

Oleh karena itu sebaiknya tingkat maksimal yang Anda pilih adalah 60%. Setelah itu tap compress, dan foto akan terkompresi. 

  1. Exit

Aplikasi ini akan membandingkan size foto original dan hasil compress, setelah itu klik exit dan foto akan tersimpan secara otomatis. Sangat mudah bukan cara mengecilkan ukuran foto dengan aplikasi ini? (Deni/R4/HR-Online)

Editor : Deni Supendi

- Advertisment -