Cara Menggunakan Concealer untuk Hasil Make Up Sempurna

cara menggunakan concealer
Begini cara menggunakan concealer. Foto: Ist/Net

Bagaimana sih cara menggunakan concealer yang benar? Tak sedikit wanita yang masih bingung dengan jenis alat rias yang satu ini. Bahkan tak jarang yang menghindarinya karena tidak ingin ribet dalam merias wajah.

Concealer adalah salah satu jenis make up yang berfungsi untuk menutupi dan menyamarkan beberapa kekurangan pada wajah. Baik berupa noda atau flek wajah, jerawat, kulit kemerahan, dan lainnya.

Meskipun fungsinya sangat penting namun cara mengaplikasikan alat make up yang satu ini tidak boleh sembarangan. Ini penting selain agar kekurangan wajah tertutupi, hasil make up Anda juga lebih maksimal.

Cara Menggunakan Concealer yang Benar

Fungsi concealer pada dasarnya tak jauh berbeda dengan foundation. Namun bentuk produk yang satu ini umumnya lebih kental. Begitu juga warnanya juga tersedia dalam banyak pilihan yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Baca juga: Make Up Karakter Simple Bisa Menjadi Rekomendasi

Tak sedikit para pemula yang masih bingung dalam memakai atau memaksimalkan concealer. Nah, untuk itu sebaiknya simak informasi praktis tentang cara menggunakan concealer yang benar berikut ini.

Aplikasikan Pelembap

Terlebih dahulu sebaiknya aplikasikan pelembap sebelum memakai concealer. Pada dasarnya pelembap berperan penting untuk menjaga kelembapan wajah dan mengunci make up agar tidak terlihat cakey atau retak.

Namun agar hasilnya lebih maksimal sebaiknya Anda juga perlu memilih jenis pelembap yang tepat sesuai jenis kulit wajah. Ini juga penting agar tidak malah membuat kulit menjadi tersiksa karena salah dalam memilih.

Memilih Jenis Concealer yang Tepat

Langkah dalam cara menggunakan concealer selanjutnya adalah Anda harus memilih jenis concealer yang tepat sesuai jenis kulit wajah. Ini penting agar hasilnya maksimal. Dengan menerapkan cara itu concealer bisa mengoreksi serta menutupi kekurangan pada wajah dengan baik.

Concealer bentuk cair adalah jenis yang paling direkomendasikan untuk menutupi noda atau flek dan lingkaran hitam pada bagian bawah mata.

Baca juga: Tutorial Make Up untuk Remaja Agar Tampil Cantik Natural

Namun hindari concealer cair dengan matte finish terutama untuk Anda yang memiliki jenis kulit kering. Sebab hal ini justru akan membuat kulit terlihat semakin kering.

Memilih Warna Concealer

Untuk cara menggunakan concealer yang juga penting adalah dalam pemilihan warna concealer. Pada dasarnya concealer memiliki beragam jenis warna.

Produk ini tidak hanya tersedia dalam warna yang menyerupai kulit tetapi juga ada warna kuning, pink, hijau, oranye, putih dan ungu. Anda bisa memilih yang sesuai jenis serta permasalahan kulit wajah.

Apabila Anda ingin menyamarkan noda atau flek pada wajah, sebaiknya Anda menggunakan jenis concealer yang mendekati kulit asli. Ini terutama untuk riasan sehari-hari.

Bila perlu, Anda juga bisa menggunakan konsep color correct. Ini merupakan metode yang berguna untuk menutupi kelemahan pada wajah seperti bekas jerawat dan warna gelap pada bagian bawah mata.

Caranya, pilih concealer warna hijau untuk warna kulit kemerahan dan concealer warna peach untuk warna kulit kehitaman. Setelah itu tutupi dengan concealer warna senada dengan kulit Anda.

Sedangkan untuk cara menggunakan concealer yang benar lainnya adalah dengan tidak menyeretnya saat ingin meratakan dengan kulit wajah.

Ada baiknya Anda memakai concealer dengan cara menepuk-nepuk dengan lembut serta jari tangan. Ini penting untuk menghindari terlihatnya kerutan pada wajah yang terbentuk karena pemakaian concealer.

Untuk cara pemakaian concealer pada bagian bawah mata adalah dengan membuat bentuk segitiga mendekati pipi. Ini merupakan cara tepat untuk menutupi lingkaran hitam mata dan menciptakan efek wajah yang sedikit terangkat.

Memoleskan Bedak Secara Merata

Untuk langkah yang terakhir adalah dengan memoleskan bedak setelah menggunakan concealer. Ini penting untuk membuat kesan wajah yang lebih halus dan natural.

Baca juga: Make Up Wisuda Natural, Simak Kiat Mudahnya Cantik Natural

Selain itu, bedak juga berfungsi untuk menjaga tekstur concealer agar tetap awet dan tidak mudah luntur ketika terkena keringat. Anda bisa kreasikan sesuai dengan kebutuhan riasan Anda.

Itulah beberapa langkah penting cara menggunakan concealer yang benar yang sebaiknya Anda tahu. Semoga informasi yang simpel ini bisa bermanfaat dan menginspirasi terutama Anda yang ingin lebih dalam menguasai cara make up yang benar. (R11/HR-Online)

Editor: Eva Lativah