Cara Menghilangkan Kantung Mata, Gunakan Sendok hingga Kantung Teh

Cara Menghilangkan Kantung Mata
Ilustrasi. Foto: Net/Ist

Cara menghilangkan kantung mata yang sering orang kenal dengan mata panda banyak dicari. Hal ini sering terjadi jika seseorang sudah memasuki usia lanjut. Adanya kantung mata karena kurangnya kolagen untuk area sekitar mata yang membuat mata lebih kendur.

Sebagian orang akan merasa tidak nyaman dengan adanya kantung mata sekaligus lingkaran hitam. Terlebih jika hal ini berbarengan dengan adanya pembengkakan mata ringan, tentu akan menjadi hal yang mengganggu.

Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu mengetahui penyebab adanya kantung mata. Sehingga Anda bisa mengatasi dengan menggunakan bahan alami agar wajah terlihat lebih segar dan awet muda dengan tidak ada kantung matanya.

Baca Juga: Cara Memanjangkan Bulu Mata Secara Alami yang Terbukti Ampuh

Sebelum membahas cara menghilangkan kantung mata, Anda perlu tahu juga ketika Anda kurang tidur atau keseringan lembur bisa jadi menyebabkan kantung mata atau mata panda.

Sebenarnya bukan hanya kurang tidur saja yang menyebabkan kantung mata ini, mengkonsumsi alkohol berlebih, kurang minum air mineral, kurang konsumsi vitamin ataupun sayuran, bahkan merokok ataupun Anda penderita anemia juga menyebabkan kantung mata.

Sebagian ada juga yang mengatakan jika penyebab munculnya kantung mata karena faktor genetik.

Kehadiran kantung mata ini memang menyebalkan, karena selain bikin penampilan kurang menarik, kantung mata lama kelamaan akan kendur dan terlihat seperti keriput. Karena itu Anda perlu mengetahui cara menghilangkan kantung mata secara alami.

Bahkan jika kantung mata Anda tambah besar, wajah akan terlihat lesu, kurang bersemangat, kadang kala kantung mata ini bisa membuat Anda tampak tidak bisa mengurus diri sendiri.

Bagi seorang perempuan mudah saja menutupi kantung mata ini, yaitu dengan menggunakan make-up. Namun, penggunaan make up untuk menutupi kantung mata tidak serta merta bisa menghilangkan kantung mata.

Bahkan pemakaian make-up berlebih justru dapat menyebabkan kantung mata. Daripada menutupi kantung mata dengan make-up, sebaiknya hilangkan saja sekalian kantung matanya sebelum berubah jadi kerutan yang membuat penampilan Anda kurang menarik.  

Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

Perawatan untuk menghilangkan kantung mata tentu membutuhkan biaya besar jika Anda pergi ke salon-salon kecantikan. Namun jangan khawatir, ada cara alami yang murah.

Cara ini tentu saja tidak akan membuat dompet Anda jebol dan yang paling penting tanpa efek samping. Jadi tidak ada salahnya untuk Anda coba.

Nah untuk yang pertama akan membahas mengenai masalah yang menyebabkan terjadinya kantung mata dan lingkaran hitam. Karena dengan mengetahui sebabnya, tentu akan lebih mudah dalam mengatasinya. Sehingga cara menghilangkan kantung mata bisa dengan mudah anda lakukan ketika sudah tahu penyebabnya.

Kantung mata ini bisa ada karena faktor kelelahan dan kurang tidur sehingga mata menjadi bengkak dan menghitam area sekitarnya. Bisa pula karena adanya melanin sekitar mata mengalami peningkatan akibat paparan sinar matahari yang berlebihan.

Lalu karena adanya peradangan yang terjadi atau hiperpigmentasi. Bisa juga adanya penumpukan cairan pada sekitar mata karena perubahan hormon terlalu banyak. Misalnya karena mengkonsumsi garam yang berlebihan.

Baca Juga: Pemasangan Bulu Mata Extension Untuk Tampilan Mata Indah

Apabila seseorang sedang stres juga bisa menjadi penyebab kantung mata dan menghitam. Nah, untuk mengatasi masalah seperti ini, maka anda bisa menggunakan bahan alami yang dapat dengan mudah anda temukan sebagai cara menghilangkan kantung mata. Berikut penjelasannya:

Gunakan Sendok Dingin

Walaupun terdengar aneh, nyatanya menggunakan sendok dingin untuk menghilangkan kantung mata cukup manjur.Untuk menghilangkan kantung mata ini, Anda harus menggunakan sendok logam.

Banyak yang percaya sifat dingin yang ada pada sendok logam tersebut mampu membantu kulit terutama kulit pada bagian bawah mata jadi lebih rileks.

Caranya juga cukup sederhana, terlebih dahulu Anda harus masukkan sendok logam ke dalam lemari es agar dingin, atau jika tidak ada lemari es, Anda bisa memasukkannya ke dalam air dingin selama kurang lebih 15 menit.

Setelah sendok logam cukup dingin, Anda tinggal menggosok punggung sendok ke area bawah mata dan tekan secara perlahan ke arah luar.

Anda bisa menerapkan cara menghilangkan kantung mata ini bersama-sama antara mata kiri dan mata kanan. Jangan lupa lakukan juga pijatan ringan selama kurang lebih 15 menit. Jika Anda ingin hasil yang maksimal, lakukan cara ini rutin sebelum tidur.

Tentu tidak susah karena sendok merupakan peralatan makan yang umum ada di sekitar Anda. Hal ini menjadikan cara ini bisa Anda lakukan di mana saja dan kapan saja.

Selain itu, ternyata cara ini tidak hanya berguna untuk menghilangkan kantung mata saja, tetapi juga mampu mengurangi kelebihan cairan yang biasanya ada dalam jaringan kulit.

Baca Juga: Mengucek Mata Tidak Baik untuk Kesehatan, Ini Bahayanya

Selain itu juga dapat melancarkan sirkulasi darah dan meningkatkan elastisitas serta kehalusan kulit. Satu hal lagi yang penting cara ini bisa mengurangi keriput ataupun garis halus yang mulai terlihat.

Minum Air Mineral

Salah satu penyebab hadirnya mata panda di bawah mata Anda adalah kurang minum air mineral. Karena itu, cara menghilangkan kantung mata adalah dengan minum air mineral. Setiap hari usahakan minum air mineral jangan kurang dari delapan gelas.

Air merupakan komponen utama tubuh manusia, 80 persen tubuh manusia itu terdiri dari air. Karena itu, jika tubuh kekurangan air maka akibatnya akan fatal.

Selain minum air mineral, hindari mengkonsumsi alkohol maupun minuman yang mengandung kafein agar kantung mata hilang.

Karena baik alkohol maupun minuman berkafein ini mampu mengurangi penyerapan cairan di dalam tubuh yang bisa mengakibatkan dehidrasi.

Es Batu

Pengobatan dan perawatan yang mudah dan murah sebagai cara menghilangkan kantung mata di area sekitar mata Anda yaitu dengan menempelkan es batu ke area sekitar mata.

Es batu ini mampu mengontrol peradangan akibat aktivitas tekanan berlebihan pada jaringan kulit  Anda. Jadi ternyata es batu bukan hanya bisa membuat segar ketika jadi campuran minuman, tetapi juga memiliki khasiat untuk menghilangkan kantung mata.

Caranya sangatlah mudah, Anda cukup megambil es batu seperlunya, lalu bungkus dengan handuk atau Anda bisa memasukkan es batu ke dalam kantong plastik.

Kemudian Anda oleskan pada area kantung mata secara perlahan dan terus menerus. Lakukan hal ini selama 30 menit untuk hasil maksimal.

Satu hal yang perlu Anda ingat, setiap kali perawatan menggunakan es batu ini, Anda jangan menggunakan es terlalu banyak, karena hal ini justru akan menyebabkan masalah baru pada kulit Anda.

Selain itu, cara menghilangkan kantung mata dengan es ini, usahakan jangan langsung menempelkan es batu pada wajah. Karena hal ini bisa merusak pembuluh kapiler yang ada di bawah kulit.

Oleh sebab itu bungkuslah es batu tersebut dengan kain atau memasukkannya terlebih dahulu ke dalam kantong plastik.

Siapa yang tidak kenal es batu yang bermanfaat untuk kecantikan? Salah satu yang bisa anda dapatkan adalah dengan menggunakan es batu untuk mengatasi kantung mata.

Dengan menggunakan es batu, bisa membantu mengurangi peradangan karena adanya aktivitas yang berlebihan untuk plantar fascia atau jaringan. Bukan hanya mudah anda dapatkan, es batu juga memiliki manfaat yang tinggi.

Sederhana saja ketika ingin menggunakan es batu ini cukup bungkus menggunakan handuk halus untuk kemudian mengompres pada area mata selama 10 menitan.

Namun gunakan jeda waktu beberapa kali. Lakukan berulang kali agar kantung mata bisa benar-benar lenyap beserta lingkaran hitamnya. Cara menghilangkan kantung mata dengan bahan alami dan mudah anda temukan salah satunya dengan es batu.

Mentimun

Menempelkan irisan mentimun di area mata Anda bisa jadi salah satu upaya untuk melenyapkan kantung mata. Hal ini merupakan cara yang sudah banyak orang-orang ketahui.

Beberapa penelitian bahkan mengungkapkan sayuran yang satu ini mempunyai banyak manfaat luar biasa untuk kesehatan mata.

Hal tersebut karena mentimun memiliki kandungan vitamin A, B, dan C, kandungan air yang tinggi, selain juga mengandung berbagai mineral seperti kalium, magnesium atau silicon.

Semua zat tersebut berguna untuk kesehatan mata agar terlihat lebih segar. Selain itu, dalam mentimun ada pula zat astrigen yang bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah pada lapisan kulit permukaan.  

Cara menghilangkan kantung mata ini cukup dengan menaruh seiris mentimun yang sudah dipotong dengan ketebalan 0,5 cm. Setelah itu Anda tempelkan irisan tersebut pada mata sambil merebahkan diri.

Biarkan selama 30 menit. Jangan lupa cuci muka setelahnya. Hal ini dapat membantu untuk mengurangi kantung mata yang besar dan hitam, yang tentu saja dapat menganggu penampilan Anda.

Mentimun yang mengandung banyak vitamin A, B, serta C. Bahkan dalam mentimun ini memiliki kandungan air yang banyak, seperti kalium dan magnesium yang baik untuk mata lebih sehat.

Caranya mudah saja. Iris mentimun dan letakkan pada area mata selama kurang lebih 30 menitan. Bisa anda lakukan dengan rutin untuk mengatasi kantung mata sekaligus menjadikan wajah awet muda dan segar kembali.

Cara menghilangkan kantung mata ini bisa anda praktekkan untuk memiliki mata yang indah dan sehat.

Kentang

Selanjutnya bahan alami yang bisa anda temukan dengan mudah adalah kentang. Mengapa kentang? Karena dalam kentang mengandung asam fosfat serta asam sitrat yang tinggi. Sehingga bisa bermanfaat untuk kurangi radang serta kulit yang mulai mengendur.

Untuk menggunakan kentang sebagai bahan alami, maka pertama haluskan terlebih dahulu kentang. Kemudian masukan ke dalam sebuah kantung yang bersih serta lembut untuk selanjutnya anda kompreskan ke mata.

Namun jika tidak suka menggunakan cara menghilangkan kantung mata dengan menghaluskan kentang, maka bisa menggunakan cara yang lainnya, yaitu dengan mengiris saja kentang dan letakkan pada mata. Lakukan selama 15 menitan saja untuk hasil maksimal.

Putih Telur

Telur tidak hanya lezat untuk menjadi kue, namun bagian putihnya bisa bermanfaat untuk kecantikan. Pada putih telur bisa mengatasi adanya kantung mata dan lingkaran hitam. Anda bisa mellakukannya ketika waktu senggang agar lebih rileks.

Mudah saja untuk menggunakan putih telur ini karena hanya perlu mengoleskan saja pada bagian kantung mata dan area yang hitam. Biarkan kurang lebih 20 menitan sampai mengering.

Kemudian bilas memakai air hangat. Cara menghilangkan kantung mata dengan putih telur bisa membantu anda untuk memiliki mata panda dan penuaan dini.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis dan lemon merupakan bahan yang biasa anda temukan untuk dunia kecantikan. Lantaran kedua buah ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga bisa membantu mengatasi kantung mata.

Caranya kurang lebih sama dari bahan yang sebelumnya dengan mengiris dan menempelkan pada bagian mata. Itulah sederat bahan alami yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah kantung mata dan lingkaran hitam.

Namun sebaiknya anda juga melakukan hal berikut ini agar kantung mata tidak kembali lagi sehingga anda bisa terlihat awet muda dan segar tanpa kantung mata yang mengganggu.

Olahraga Wajah

Cara menghilangkan kantung mata harus berbarengan dengan melakukan olahraga bagian wajah. Hal ini menjadi salah satu cara untuk mengurangi terjadinya penuaan dini, terutama bagian mata. Olahraga yang bisa anda kerjakan misalnya dengan yoga karena bisa melatih otot wajah untuk lebih kencang.

Pose yang bisa anda lakukan dengan badan terbalik, misalnya shoulder stand atau back bends yang bisa membantu memperlancar peredaran darah sampai ke wajah. Dengan melakukan posisi yoga ini, akan mengurangi kelebihan cairan yang ada pada area mata yang membuat pembengkakan dan mata panda.

Waktu Istirahat

Kurangnya istirahat bisa mengganggu kesehatan dan fungsi tubuh dengan benar. Bahkan kekurangan waktu tidur bisa berakibat terjadinya kantung mata dan mata panda. Dengan tidur yang kurang, nantinya cairan yang ada dalam jaringan tubuh akan kembali ke dalam pembuluh getah dan aliran darah.

Hal ini akan membuat mata menjadi bengkak dan menghilang dalam beberapa saat. Maka usaha untuk tidur sekitar 7 jam sampai 8 jam per harinya dengan posisi yang benar. Misalnya posisi telentang dengan posisi kepala lebih tinggi.

Cara menghilangkan kantung mata ini bisa membantu anda untuk mencegah terjadinya retensi cairan yang ada pada mata ketika sedang tidur.

Cegah Dehidrasi

Asupan yang tidak boleh terlupakan adalah cairan untuk menghindari dehidrasi. Untuk itu, pastikan memiliki cairan yang cukup, setidaknya yang sudah tersarankan sebanyak 8 gelas per hari agar kulit lebih sehat dan lembab.

Dehidrasi atau kekurangan cairan ini bisa menyebabkan kantung mata dan lingkaran mata. Lalu kurangi alkohol dan kafein karena kedua hal ini bisa membuat mata menjadi merah dan lelah.

Gunakan Sunscreen

Untuk yang sering beraktivitas luar ruangan bisa menggunakan sebuah pelindung untuk mata, yaitu sunscreen. Karena paparan sinar matahari yang bisa merusak kulit dengan tanda-tanda penuaan. Cara menghilangkan kantung mata bisa menghindari paparan sinar matahari berlebihan.

Lama-kelamaan kulit akan mulai mengendur dan berkerut sehingga perlu melindungi mata dengan sunscreen ini yang berbasis mineral. Bisa juga menggunakan kaca mata hitam untuk perlindungan dari sinar UV yang tidak baik bagi kulit dan mata. Dengan cara ini, tentu bisa membuat anda terhindar dari kantung mata yang membuat anda jauh terlihat lebih tua.

Konsumsi Kolagen

Perlu anda tahu, kolagen merupakan protein yang tubuh perlukan untuk otot, kulit, serta tendon. Protein ini akan berperan untuk menguatkan kulit yang sudah mulai elastis. Kolegen juga menjadi cara menghilangkan kantung mata yang bisa anda lakukan.

Kantung Teh

Nyatanya kantung teh yang biasa Anda buang setelah selesai meminum teh ini bisa menghilangkan kantung mata secara alami dan murah.

Kantung teh ini mempunyai banyak manfaat, salah satunya tentu saja bisa jadi alternatif untuk menghilangkan kantung mata dengan cepat.

Kandungan tanin yang terdapat dalam kantung teh dipercaya mampu membuat pori-pori kulit menjadi sempit. Selain itu juga dapat mengencangkan kulit secara alami.  

Cara menghilangkan kantung mata dengan memanfaatkan kantung teh ini sangatlah mudah. Pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan dua kantung teh bekas, Anda bisa menggunakan teh biasa maupun teh hijau.

Setelah itu, celupkan kantung teh tersebut ke dalam air dingin selama 10 menit. Lalu Anda tempelkan kantung teh tersebut pada area kantung mata yang menghitam atau kendur. Anda tinggal mendiamkannya sekitar 20 menit sebelum membilasnya dengan air bersih.

Nyatanya tidak banyak yang tahu jika kantung teh yang usai digunakan untuk menyeduh teh bisa memiliki banyak manfaat. Jadi, jangan buru-buru membuang kantung teh celup ketika sudah anda gunakan. Karena bisa anda gunakan untuk mengatasi kantung mata.

Hal ini karena adanya kandungan tanin dalam teh celup bisa mengurangi terjadinya pembengkakan serta perubahan warna pada area mata. Nah, untuk menggunakan kantung teh ini, sebelumnya simpan ke dalam lemari es semalaman dan pagi harinya bisa anda gunakan.

Cara menghilangkan kantung mata ini terbilang mudah sekali. Hanya perlu anda letakkan kantung teh celup pada mata dan tunggu sampai 15 menitan.

Lakukan dengan rutin untuk hasil lebih optimal karena tidak ada salahnya menggunakan bahan alami untuk mendapatkan wajah yang segar tanpa kantung mata.

Itulah cara menghilangkan kantung mata secara alami dan murah. Anda bisa menggunakan alat-alat sederhana seperti sendok logam yang umum ada di sekitar Anda.

Pola Hidup Sehat

Anda juga bisa menggunakan kantung teh yang terbukti mengandung zat tanin yang bisa membantu menyempitkan pori-pori dan mengencangkan kulit.  

Tetapi yang harus Anda ingat juga cara menghilangkan kantung mata secara permanen atau agar tidak muncul lagi adalah dengan menerapkan pola hidup sehat.

Misalnya cukup tidur, jangan membiasakan diri begadang. Ambil lembur sewaktu-waktu saja. Tidur yang sehat tiap hari adalah minimal 8 jam.

Selain itu, minumlah 8 gelas air mineral setiap harinya. Jangan lupa juga memakan makanan yang sehat. Selain itu membiasakan diri tidak merokok dan tidak minum alcohol bisa membantu menghilangkan kantung mata.  

Hal yang penting juga adalah berolahraga secara rutin. Kombinasi dari pola hidup sehat ini dapat membantu Anda untuk terlepas dari kantung mata hitam dan kendur yang dapat mengurangi penampilan fisik Anda.

Cara menghilangkan kantung mata ini tentunya sangat mudah. Namun jangan lupa juga terapkan pola hidup sehat agar kantung mata atau mata panda tidak lagi terjadi. (Ndu/R7/HR-Online)

Editor: Ndu