Minggu, November 28, 2021
BerandaBerita TerbaruCara Mengosongkan Penyimpanan HP Android Dengan Mudah

Cara Mengosongkan Penyimpanan HP Android Dengan Mudah

Cara mengosongkan penyimpanan HP Android perlu Anda perhatikan dengan seksama. Pasalnya, jika salah saat mengosongkan bisa-bisa data atau terjadi masalah pada smartphone, seperti aplikasi tidak berjalan dan lain sebagainya.

Memang, terdapat berbagai permasalahan menjadi penyebab ruang penyimpanan pada Android smartphone Anda penuh.

Katakanlah seperti adanya file foto, video, dan audio yang terlalu banyak. Bahkan, sampai berlebihannya aplikasi yang terinstal dalam ponsel tersebut. padahal, belum tentu aplikasi itu dipakai oleh Anda semuanya.

Cara Mengosongkan Penyimpanan HP Android

Jika penyimpanan pada ponsel sudah penuh bisa berpengaruh pada kinerja smartphone. Bahkan, nantinya Anda akan sering terganggu oleh pemberitahuan, bahwa penyimpanan sudah penuh.

Lalu, jika sudah demikian, bagaimana cara mengatasinya?. Berikut terdapat beberapa cara mengosongkan penyimpanan yang terdapat pada smartphone, yang bisa Anda terapkan.

Memeriksa Aplikasi pada Perangkat Android

Cara mengosongkan penyimpanan HP Android yang pertama adalah dengan memeriksa aplikasi pada perangkat Anda.

Perlu Anda ketahui bahwa penggunaan banyaknya aplikasi pada smartphone menjadi masalah utama ruang penyimpanan Android penuh.

Seringkali, beberapa orang menginstal aplikasi untuk kebutuhan tertentu, dan setelah tidak menggunakannya lagi, mereka pun tidak menghapusnya.

Dalam hal ini aplikasi yang tidak digunakan atau dimanfaatkan lagi, sebaiknya dihapus. Anda dapat memeriksa kembali daftar aplikasi apa saja yang perlu untuk uninstall.

Baca Juga : Penyebab Aplikasi Terhenti dengan Beragam Faktor, Berikut Cara Mengatasinya

Biasanya, beberapa aplikasi berbau game, aplikasi viral musiman atau sejenis lainnya, yang banyak membuat ruang penyimpanan HP menjadi penuh.

Sementara untuk menghapus atau mencopot aplikasi dari smartphone, bisa Anda lakukan dengan mudah.

Cukup membuka setelan pengaturan. Kemudian pilih manager aplikasi, pilih aplikasi yang ingin uninstal dan selesai. Anda juga bisa melakukannya melalui cara play store.

Cara Mengosongkan Penyimpanan HP Android Menggunakan File Manager

Cara selanjutnya adalah menggunakan fitur laporan dari file manager yang terdapat pada smartphone masing-masing.

Adapun file manager pada smartphone ini, akan memberikan laporan isi penyimpanan pada HP.

Sehingga, baik itu file foto, audio, video dan lain-lain, dapat Anda kelola dan lihat melalui file manager ini.

Sementara perangkat android memang sering terjadi penumpukan file yang tidak penting. Oleh karena itu, Anda bisa memeriksa laporan file manager pada smartphone setiap seminggu sekali.

Cara mengosongkan penyimpanan HP Android ini, bisa menghapus beberapa file yang tidak penting atau telah tidak Anda gunakan lagi.

Baca Juga : Cara Membersihkan Layar HP yang Tepat dan Aman, Simak di Sini!

Sedangkan untuk melakukan cara seperti ini, bisa Anda lakukan dengan langkah mudah. Yaitu, masuk ke file manager. Kemudian pilih penyimpanan telepon.

Selanjutnya, Anda dapat menghapus beberapa file tidak penting yang ada  dalam ponsel. Cara ini cukup ampuh ketika ruang penyimpanan Android penuh.

Mengunggah File ke Cloud

Kemudian, cara mengosongkan penyimpanan HP Android lainnya yaitu mengunggah file tersebut Cloud.

Seperti kita ketahui, bahwa penyebab dari penuhnya ruang penyimpanan android salah satunya adalah foto dan video. Terutama bagi pengguna yang gemar mengambil foto secara terus menerus.

Baca Juga : Sinyal HP Android Hilang Mendadak, Coba Cara Ini Untuk Mengatasinya

Sementara, untuk menjaga file-file tersebut agar tetap aman, maka Anda dapat mengunggahnya ke cloud. Jadi file tetap aman dan penyimpanan akan kembali normal.

Sedangkan untuk file berupa video atau foto juga bisa Anda unggah ke google photos. Bagaimana dengan file musik, untuk yang satu ini, dapat Anda unggah ke google play music yang telah tersedia pada perangkat Android masing-masing.

Tidak sedikit orang yang sudah melakukan cara tersebut. Dan hasilnya pun bekerja dengan baik. Sehingga sangat recommended untuk Anda coba.

Itulah beberapacara mengosongkan ruang penyimpanan HP Android dengan mudah dan cepat. Dari beberapa cara yang telah dibahas di atas, tentunya salah satu diantaranya bisa Anda coba. Dan, pilih mana yang sekiranya paling sesuai untuk Anda terapkan pada ponsel Anda. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru