Cara Merawat Kopling Motor Dengan Baik dan Benar

Cara Merawat Kopling Motor Dengan Baik dan Benar
Ilustrasi cara merawat kopling motor dengan baik dan benar. Foto : Ist/Net

Cara merawat kopling motor memang sangat diperlukan. Hal tersebut agar tidak mengalami gangguan saat kendaraan melaju yang tiba-tiba koplingnya bermasalah. Dan jika sudah bermasalah tentu akan merugikan Anda sebagai pengguna sepeda motor.

Namun masalahnya, bisa untuk perawatan motor berkopling tidak semudah motor matic pada umumnya. Karena, komponen mesin pada motor kopling lebih rumit. Belum lagi jika suatu ketika kopling pada motor mengalami kerusakan.

Selain itu, tidak semua pengguna motor paham betul jika kopling tersebut bermasalah. Sehingga, harus pergi ke bengkel dan tentunya bakal mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Cara Merawat Kopling Motor

Motor berkopling saat ini tetap menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Terlebih, sepeda motor tersebut jenis sport. Meski memang tidak sedikit motor matic banyak bermunculan.

Memang dengan adanya kopling, tentu harus ada perawatan khusus. Namun begitu, tidak menghalangi penggemar motor kopling untuk berpaling muka.

Sebab, dengan menggunakan motor jenis seperti itu, akan terlihat lebih gagah dan juga laju kendaraan menjadi kencang.

Lantas bagaimana cara mengatasinya? Berikut ulasan mengenai beberapa cara merawat kopling motor dengan benar.

Mengecek Kampas Kopling Secara Rutin

Jika sebelumnya Anda jarang melakukan pengecekan pada kampas kopling, maka mulai saat ini sering–sering lah untuk memperhatikannya.

Baca Juga : Kampas Kopling Satria FU Pengaruhi Performa Motor

Karena, apabila kampas kopling mengalami masalah tentunya akan berpengaruh pada laju motor.

Bahkan, jika kampas sampai pada tahap aus atau mulai terkikis, segeralah ganti kampas kopling dengan yang baru. Hal tersebut untuk menjaga agar motor tetap berjalan dengan normal atau tanpa kendala nantinya.

Gantilah Gigi Saat Berkendara

Cara merawat kopling motor dengan baik dan benar lainnya yaitu dengan mengganti gigi ketika berkendara.

Motor kopling merupakan motor yang dikendalikan secara manual, sehingga perlu untuk mengganti gigi pada saat-saat tertentu.

Oleh karena itu, hindari untuk malas atau membiarkan gigi tidak diganti terutama setelah berhenti. Karena hal tersebut menjadikan mesin motor membutuhkan energi yang lebih besar untuk melakukan gas awal. Dan hal ini dapat menjadikan kampas motor aus dengan cepat.

Mengganti Oli Secara Berkala

Agar mesin motor Anda tetap prima, gantilah oli secara berkala. Terutama pada tipe-tipe motor yang tidak dapat diajak berkendara pada perjalanan jarak jauh.

Baca Juga : Penyebab Kopling Bergetar Saat Dilakukan Perpindahan Transmisi

Semakin jarang Anda mengganti oli, maka semakin kental dan juga keruh oli yang ada pada mesin. Sehingga dalam waktu dekat mesin motor Anda akan menjadi rusak.

Sedangkan untuk penggantian oli secara ideal sendiri, lakukan setiap perjalanan Anda mencapai 2000 kilometer.

Perhatikan Jenis Bahan Bakar

Salah satu cara merawat kopling motor yang baik dan benar agar tetap awet, ialah dengan tetap memperhatikan jenis bahan bakar yang akan Anda gunakan.

Jangan sampai Anda salah pilih atau sembarangan dalam memilih jenis bahan bakar. Bahkan untuk beberapa tipe motor, tertentu menggunakan bahan bakar khusus, misalnya saja dengan Pertamax atau Pertamax Plus.

Apabila salah dalam memilih jenis bahan bakar, maka akan berdampak pada kondisi mesin yang cepat mengalami heating atau panas.

Bersihkan Kabel Kopling

Cara merawat kopling motor yang cukup penting dan tidak dapat Anda tinggalkan adalah dengan membersihkan kabel kopling.

Baca Juga : Umur Kampas Kopling Mobil, Berpengaruh pada Transmisi Kendaraan

Apabila Anda merasakan tarikan kopling mulai berat, hal ini menandakan jika kabel kopling sedang dalam kondisi kering atau kotor. Adapun kotoran – kotoran tersebut berasal dari bahan yang ada pada dalam kabel.

Untuk itu, Anda dapat memberikannya pelumas atau bisa juga dengan cairan pembersih karat yang Anda tuangkan ke dalam kabel motor. Untuk memasukkan cairan tersebut, cukup teteskan melalui tuas yakni pada area handling kopling. 

Lakukan perawatan ke Bengkel

Sebenarnya beberapa hal di atas, dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Namun apabila Anda kurang percaya diri atau terdapat beberapa alat yang dirasa kurang lengkap, perawatan pada bengkel dapat dijadikan solusi.

Terlebih mengingat orang yang mengerjakannya di bengkel adalah mereka yang sudah ahli pada bidangnya.

Nah, dengan cara merawat kopling motor tersebut, tentunya sepeda motor Anda akan melaju dengan kencang dan tidak akan menemui kendala. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Subagja Hamara