Cara Merawat Printer Luar Dalam dengan Baik

Cara Merawat Printer
Salah satu contoh cara merawat printer. Foto: Muhafid/HR

Cara merawat printer dengan baik sangat penting untuk tetap menjaga kinerjanya. Merawat printer dengan cara tepat juga dapat membuatnya lebih tahan lama.

Seperti menjadi kebutuhan dasar, hampir semua perkerjaan khususnya pekerjaan kantor memerlukan printer sebagai peralatan kerja. Begitu pula dalam dunia pekerjaan lainnya.

Ketika printer mengalami masalah maka akan menghambat pekerjaan dan biasanya menjadi masalah yang sangat menyebalkan.

Oleh karena itu, seperti halnya manusia printer pun memerlukan perawatan, cara merawat printer dengan baik dan tepat menjadi hal penting di sini.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan kinerja printer berkurang serta faktor yang dapat membuatnya tidak dapat bertahan lama.

Bisa berawal dari masalah bagian luar yang kurang Anda perhatikan atau bisa saja penggunaan sistem yang sembarangan.

Baca juga: Cara Melihat Spesifikasi Laptop dengan Mudah

Cara Merawat Printer Bagian Luar dan dalam

Ketika Anda salah dalam merawat printer, mungkin umur alat cetak tersebut tidak lama dan kinerjanya pun semakin berkurang, oleh karena itu cara-cara berikut penting untuk diperhatikan.

Penempatan Printer

Printer tidak bisa Anda tempatkan di sembarangan tempat, terdapat hal-hal yang dapat membuatnya bermaslah karena penyimpanan yang sembarangan.

cara merawat printer pertama-tama supaya kinerjanya tetap terjaga adalah harus berada di tempat yang datar dan tidak terlalu mengalami banyak goncangan.

Kemudian, ruangan tersebut harus memiliki banyak ventilasi dan tidak terlalu banyak debu yang masuk ke dalam ruangan.

Menjaga Kebersihan Bagian Luar dan Mesinnya

Kebersihan tidak hanya pada manusia, fungsi mesin cetak ini juga dapat terganggu karena kotoran berupa debu atau sisa kertas.

Maka, merawat dan memperhatikan kebersihannya dengan rutin merupakan cara merawat printer yang penting.

Pada bagian luar, Anda dapat membersihkan printer dengan kain lembut bebas serat yang sedikit lembab.

Sementara untuk membersihkan bagian mesin, jangan sampai menggunakan cairan apapun, bisa menggunakan lap kering atau pembersih debu kecil untuk menghilangkan sisa kertas atau debu.

Bersihkan Bagian Kepala Cetak

Cara merawat printer selanjutnya adalah dengan membersihkan kepala cetak printer ketika Anda mengalami masalah saat mencetak.

Masalah umum yang biasanya terlihat saat kepala cetak kotor adalah terdapat garis putih pada kertas ketika mencetak dokumen atau foto.

Saat mengalami kejadian itu, bukan berarti printer mengalami kerusakan tetapi bisa jadi sudah terlalu banyak debu yang menempel pada kepala cetak printer.

Memilih Cartridge dengan Tepat

Bagian selanjutnya dari cara merawat printer yang sangat penting adalah memilih cartridge yang tepat dan sesuai dengan printer Anda.

Cartridge atau bisa juga disebut toner terkenal dengan harganya yang mahal. Oleh karena itu banyak orang yang berusaha membuat cartridge daur ulang yang harganya lebih murah.

Namun, menggunakan cartridge daur ulang atau yang bukan produksi resmi dari perusahaan bisa jadi tidak sesuai dan membagayakan perangkat.

Oleh karena itu, menggunakan cartridge resmi akan lebih baik untuk perangkat Anda miliki karena pembuatannya telah sesuai dengan setiap jenis perangkatnya.

Berhati-hati saat mengganti Cartridge

Setelah memilih cartridge yang tepat selanjutnya Anda harus memasangnya dengan tepat juga, karena bisa jadi katrid harus diganti secara teratur untuk printer yang tidak menggunakan injeksi.

Maka sebagai bagian dari cara merawat printer, alangkah baiknya membanca manual book terlebih dahulu sebelum mengganti katrid atau toner.

Baca juga: Swift 5 Antimicrobial, Laptop Tipis Kapasitas Baterai Mumpuni

Menggunakan Printer Secara Teratur

Kemudian dari sisi penggunaan juga sangat baik jika Anda perhatikan. Menggunakan printer secara terus-menerus atau sangat jarang juga berpengaruh terhadap kinerja dan umur perangkat tersebut.

Saat menggunakan perangkat ini secara terus menerus, alangkah baiknya gunakan mode normal, sehingga printer dapat beristrirahat sejenak ketika sudah sampai batas percetakan.

Kemudian, jangan terlalu lama tidak menggunakannya karena dapat menyebabkan saluran tinta tersumbat oleh pengeringan tinta.

Update Driver Printer

Cara merawat printer yang terakhir adalah tetap melakukan update driver printer dan mengunduh serta menggunakan versi terbarunya.

Setiap pembaharuan sistem pada driver biasanya terdapat pembaharuan program percetakan yang berpengaruh terhadap printer.

Dengan menggunakan driver versi terbaru dapat membantu printer untuk tetap bekerja dalam kondisi yang baik.

Selain itu, tetap menggunakan driver resmi juga merupakan aspek penting, menggunakan driver bajakan dapat mengandung lebih banyak resiko.

Cara merawat printer itulah yang dapat Anda lakukan untuk tetap menjaga kinerja dan ketahanan printer sehingga dapat tetap membantu pekerjaan secara maksimal. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid