Rabu, Desember 1, 2021
BerandaBerita TerbaruCara Penularan Penyakit Disentri, Bisa Terjadi dengan Mudah dan Cepat

Cara Penularan Penyakit Disentri, Bisa Terjadi dengan Mudah dan Cepat

Cara penularan penyakit disentri sebaiknya jangan anda sepelekan. Sebab ada banyak cara penularan penyakit yang bisa terjadi dengan mudah dari satu orang ke yang lainnya.

Penyakit memang bisa menyerang siapa dan dimana saja. Bahkan ada banyak jenis penyakit yang bisa menyerang tubuh, baik dari yang berbahaya atau tidak.

Salah satu penyakit yang sering menyerang masalah pencernaan adalah disentri. Jenis penyakit yang satu ini memang sering terjadi di Indonesia.

Terjadinya peradangan pada usus sehingga mengakibatkan timbulnya diare beserta lendir dan darah. Penyakit yang satu ini berasal dari infeksi bakteri atau amuba.

Kondisi ini bisa sering terjadi pada balita atau anak-anak. Hal ini sering terjadi karena anak-anak dan balita memiliki kekebalan tubuh yang masih kurang.

Selain itu, juga banyak terjadi pada orang dewasa. Meski bukan penyakit yang berbahaya, anda perlu berikan penanganan secara tepat. Penyakit yang satu ini mudah sekali menular dengan berbagai cara.

Baca Juga : Pantangan Makanan untuk Penderita Disentri Wajib Dihindari

Penyakit ini akan mudah lagi tersebar pada lingkungan yang kotor dan tidak higienis. Cara penularan penyakit disentri ini pun bisa melalui makanan yang dikonsumsi.

Dengan demikian, penyakit akan mudah pindah dari satu orang ke yang lainnya. Kenali gejala, cara penularan, dan cara mengobatinya.

Cara Penularan Penyakit Disentri

Disentri dan diare memiliki perbedaan yang cukup terlihat. Anda juga perlu tahu apa saja gejala yang timbul. Disentri menjadi peradangan usus yang ditandai dengan frekuensi buang air yang meningkat.

Selain air urine yang berbeda, fesesnya pun tampak menghijau. Gangguan ini sering terjadi pada anak-anak karena daya tahan tubuhnya yang masih lemah.

Selain itu, penyakit ini memang mudah sekali menular jika seseorang tidak menjaga kebersihan diri atau lingkungan. Karena alasan inilah anak-anak juga mudah tertular disentri.

Penularan gangguan pada sistem pencernaan ini terjadi karena kebersihan yang buruk. Misalnya tidak rajin cuci tangan sebelum makan dan setelah dari kamar mandi.

Bakteri yang menyebabkan penyakit ini menular yaitu karena mudahnya menempel pada makanan atau wastafel. Apalagi bagi seseorang yang memiliki daya tahan tubuh yang kurang optimal membuatnya mudah terserang.

Ada beberapa cara penularan disentri yang sering terjadi, namun tanpa disadari. Sebaiknya untuk selalu menjaga kebersihan agar penyakit ini tidak mudah menular pada diri anda.

Baca Juga : Manfaat Bunga Pukul Empat, The Beauty of The Night yang Berkhasiat Atasi Berbagai Penyakit

Berenang

Cara penularan penyakit disentri bisa terjadi ketika anda berenang pada air yang terkontaminasi bakteri. Misalnya pada danau atau kolam renang.

Hal inilah yang dapat memicu timbulnya penyakit tersebut. Tanpa disadari bakteri disentri yang terdapat pada air kolam tersebut bisa menimbulkan penularan dengan mudah.

Maka dari itu, sebaiknya untuk selalu berhati-hati dalam beraktivitas, terutama anak-anak. Selain itu, pastikan untuk selalu mengawasi kebersihan diri dan lingkungan.

Kontak Langsung

Ternyata kontak langsung dengan penderita disentri juga bisa tertular. Cara penularan penyakit disentri bisa terjadi dengan kontak langsung.

Misalnya untuk kelompok pesantren, siswa di sekolah, keluarga, dan berbagai kelompok yang berdekatan. Sehingga bersentuhan dengan anggota tubuh yang sudah terkontaminasi bakteri tersebut.

Baca Juga : Peranan Protozoa yang Menguntungkan dan Merugikan, Simak Di Sini!

Melalui Makanan dan Minuman

Ketika makanan dan minuman sudah terkontaminasi bakteri tersebut, tentu akan sangat mudah menyerang. Cara penularan penyakit disentri bisa melalui makanan dan minuman.

Apalagi jika anda tidak rajin cuci tangan dan menjaga kebersihan. Hal ini bisa menimbulkan penularan dengan mudah. Sebaiknya selalu menjaga kebersihan untuk dapat terhindar dari penyakit tersebut.

Sebab, bakteri disentri akan sangat mudah mengkontaminasi melalui cara apapun. Terutama bagi anda yang tidak rajin mencuci tangan. Apalagi jika tidak menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan, justru penyakit akan mudah menyerang.

Kebiasaan Cuci Tangan yang Buruk

Sama seperti sebelumnya, menjaga kebersihan merupakan salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah penyakit tersebut. Ketika anda tidak mencuci tangan dengan bersih setelah dari toilet, tentu cara penularan ini bisa sangat mudah terjadi.

Padahal bakteri disentri banyak terjadi pada area kamar mandi. Maka dari itu, sebaiknya selalu cuci tangan dengan bersih saat anda keluar dari kamar mandi.

Masih banyak cara penularan penyakit disentri yang bisa terjadi. Sebaiknya selalu jaga kebersihan lingkungan dan diri untuk mencegah anda tertular dari bakteri tersebut. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

- Advertisment -