Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita BisnisIngin Tahu Cara Promosi di Facebook Gratis? Ini Rahasianya

Ingin Tahu Cara Promosi di Facebook Gratis? Ini Rahasianya

Cara promosi di Facebook gratis, mungkinkah? Bukan hanya mungkin, melakukan kampanye produk melalui media sosial ini juga gampang banget. Tanpa harus keluar uang Anda bisa memaksimalkan pemasaran melalui Facebook.

Facebook merupakan media sosial paling terkenal dengan jumlah pengguna terbesar di dunia, termasuk Indonesia. Jumlah pengguna atau pemilik akun Facebook setara dengan jumlah pengguna smartphone.

Karena itulah banyak pelaku bisnis maupun pedagang yang sering memanfaatkan Facebook untuk mengampanyekan produknya. Hasilnya, umumnya lebih banyak orang yang mengenal produk tersebut.

Namun sayangnya tak sedikit orang yang belum memanfaatkan cara promosi di Facebook gratis ini dengan baik. Bahkan banyak lagi yang beranggapan sebagai hal yang ribet, membutuhkan uang yang tidak sedikit namun hasilnya tak efektif.

Cara Promosi di Facebook Gratis

Promosi merupakan bagian penting dari upaya pemasaran setiap produk. Tanpa promosi yang efektif, uang yang kita keluarkan akan sia-sia dan tidak memberikan hasil terhadap penjualan produk.

Pada era marketing digital saat ini, keberadaan media sosial sangat strategis. Apalagi yang memiliki pengguna terbesar seperti Facebook. Tanpa memanfaatkan medsos terpopuler ini Anda akan kalah bersaing dengan bisnis lain.

Anda ingin tahu bagaimana cara promosi di Facebook gratis? Yuk simak pemaparannya berikut ini.

Baca Juga: Cara Jualan Online untuk Pemula Tanpa Modal Bisa Jadi Peluang Usaha

Jangkau Pasar dengan Halaman Facebook

Langkah pertama tentunya Anda harus memiliki halaman FanPage Facebook. FanPage FB merupakan salah satu layanan gratis agar pemilik akun bisa membuat profil yang lebih lengkap.

Melalui halaman ini kita bisa menampilkan detail tentang bisnis atau produk jualan kita. Tak sedikit konsumen yang mendapat suatu informasi akan berusaha mencari detail yang lengkap dan terpercaya. Karena itu ini perlu Anda manfaatkan.

Padahal, halaman Fanpage Facebook bisa menjadi website bisnis kedua kita dan sebagai cara promosi di Facebook gratis. Apalagi tak jarang halaman ini mampu bersaing dalam mesin pencarian untuk berbagai kata kunci.

Tak sedikit pelaku bisnis yang belum mengoptimalkan halaman Fanpage FB. Meskipun banyak yang telah membuatnya namun tak jarang yang hanya berisi foto utama saja. Tak ada informasi lainnya yang mendukungnya.

Pada halaman ini kita juga perlu memasukkan link website bisnis kita. Yang menarik, kolom link ini bersifat live sehingga saat kita meng-klik akan langsung mengarah pada website yang ada.

Setiap orang yang menyukai halaman FB kita biasanya kita akan mendapat notifikasi dari Facebook. Biasanya, mereka juga akan mengunjungi website kita sehingga bisa menjadi cara promosi di Facebook gratis.

Keuntungan lainnya, adanya live link ini bisa menjadi backlink gratis yang sangat berguna untuk memperkuat autoritas website bisnis kita. Padahal membangun backlink berkualitas biasanya berbayar dan mahal.

Baca Juga: Ingin Jualan Online Terlaris di Facebook? Sebaiknya Baca Ini Dulu!

Lakukan Update Fanpage

Agar FanPage FB Anda semakin populer Anda perlu melakukan update secara rutin. Update ini berbeda dengan update status seperti kebanyakan orang lakukan. Namun Anda bisa fokus memberikan update terbaru tentang produk bisnis Anda.

Anda bisa melakukan update terhadap berbagai informasi penting tentang produk Anda. Ini cara promosi di Facebook gratis yang praktis. Anda juga bisa menyampaikan informasi terbaru tentang aktivitas bisnis atau perusahaan Anda.

Tampilkan Konten yang Menarik

Dalam melakukan update pada halaman Fanpage sebaiknya isi dengan konten dan foto yang menarik. Sangat penting membuat perencanaan promosi yang berkesinambungan. Termasuk dengan berbagai tips praktis seputar produk Anda.

Tak sedikit pelaku bisnis yang mampu membukukan penjualan bukan langsung dari link produk melakukan dari tips, artikel, atau informasi ringan lainnya. Informasi semacam ini berguna untuk memperluas pengalaman pelanggan terhadap produk.

Sebarkan Fanpage ke Grup Facebook

Langkah penting cara promosi di Facebook gratis lainnya adalah dengan menyebarkan Fanpage FB Anda ke berbagai grup Facebook. Sebagai media sosial terbesar, Facebook juga menyediakan layanan grup yang sangat potensial.

Saat ini ada banyak sekali grup dengan berbagai bidang dan interes pada medsos ini. Yang menarik, jumlah member atau anggota yang terdaftar tak sedikit yang mencapai puluhan hingga ratusan ribu. Karena itu penting FP Anda share ke grup.

Itulah berbagai langkah praktis cara promosi di Facebook gratis yang bisa Anda lakukan. Tanpa mengeluarkan dana sedikit pun Anda bisa mengoptimalkan kampanye produk Anda untuk mendongkrak penjualan. (R11/HR Online)

- Advertisment -