Cara Ternak Ikan Gurame, dari Bibit Berkualitas hingga Pembesarannya

cara ternak ikan gurame
Cara ternak ikan gurame yang benar. Foto: Ist/Net

Cara ternak ikan gurame yang benar menawarkan keuntungan yang tidak sedikit. Namun agar usaha berhasil sebaiknya melakukan pembenihan kan sendiri. Yang tak kalah penting adalah memantau pembesaran ikan agar perkembangannya optimal.

Budidaya dengan bibit ikan gurame berkualitas sangat penting untuk hasil yang optimal. Sebenarnya Anda bisa membeli benih ikan unggul dari tempat pembenihan ikan. Namun untuk jangka panjang sebaiknya Anda mulai belajar melakukan pembenihan sendiri.

Pada artikel sebelumnya telah kita bahas tentang berbagai keutamaan budidaya ikan gurame yang sangat menguntungkan. Pada artikel kali ini akan kita ulas beberapa tahapan penting dalam cara ternak ikan gurame yang berhasil.

Tahapan Cara Berternak Ikan Gurame

Untuk Anda yang tertarik untuk terjun dalam budidaya ikan gurame. Pola dasar ternak gurame sebenarnya tak berbeda halnya dengan jenis ikan air tawar lainnya semisal nila, mas, lele, atau patin.

Anda juga harus menyiapkan kolam budidaya, pemilihan benih, penyebaran bibit, pembesaran ikan, proses panen sampai pemasaran sehingga memberikan keuntungan. Berikut ini langkah penting cara ternak ikan gurame.

Baca Juga: Ternak Ikan Gabus, Peluang Usaha Budidaya Ikan yang Makin Diminati

Pemijahan Ikan Gurame

Ini merupakan tahapan penting untuk menambah banyak ikan gurame. Dari sepasang indukan gurame bisa beranak pinak hingga menjadi ratusan ekor ikan gurame. Caranya dengan teknik pemijahan atau perkawinan gurame jantan dengan betina dewasa.

Ikan gurame yang siap kawin adalah gurame yang telah  dewasa atau yang telah berumur 4 sampai 7 tahun. Untuk indukan ikan gurame betina mempunyai tanda berikut:

  • Bentuk tubuh ikan yang panjang.
  • Pada bagian dahi tak ada tonjolan.
  • Pada bagian perut terlihat agak bulat
  • Warna sirip tampak kehitaman
  • Warna tubuh ikan gurame lebih terang

Untuk jenis ikan gurame jantan dewasa yang siap kawin memiliki ciri sebagai berikut:

  • Pergerakan sangat lincah
  • Tubuh ikan telihat pucat dan lebih gelap
  • Pada dahi tampak tonjolan

Cara ternak ikan gurame yang baik dan benar juga penting dalam melakukan pemijahan. Anda perlu memasukkan ikan gurame jantan dan dewasa betina secara bersamaan ke dalam  kolam khusus untuk pemijahan.

Indukan ikan gurame yang terpilih harus benar-benar bagus kualitasnya, baik dari segi pertumbuhannya yang cepat besar, sehat, gerakan sangat lincah dan terbebas dari penyakit. Hal ini supaya hasil benihnya memiliki kualitas terbaik.

Ikan gurame indukan yang Anda masukkan tidak mesti sepasang jantan dan betina. Namun bisa juga Anda memasukkan satu ekor ikan gurame jantan dewasa dan satu hingga tiga ekor yang betina.

Teknik ini termasuk salah satu trik sejumlah peternak. Dengan cara ini akan meningkatkan potensi benih menjadi jauh lebih banyak.

Baca Juga: Ingin Ternak Ikan Hias Air Tawar? Kenali Jenis yang Terpopuler

Menyiapkan Kolam Ternak Ikan Gurame

Kolam untuk cara ternak ikan gurame harus Anda lakukan pembersihan secara berkala. Ini penting karena menentukan kesuksesan ternak ini. Pastikan air dalam kolam selalu bersih dan jernih. Kalau kotor segera ganti dengan air bersih.

Selanjutnya, pada kolam sediakan sapu ijuk sebagai media tempat telur menempel. Indukan ikan gurame betina sekali bertelur bisa menghasilkan ribuan telur yang menempel pada sapu injuk.

Adapun jenis kolamnya bisa berupa kolam tanah, kolam terpal plastik, kolam tembok atau semen, kolam apung, dan akuarium. Anda dapat memilih kolam ternak berdasarkan jenis kolam yang anda miliki saat ini.

Jika Anda mempunyai kolam tanah, tinggal jadikan sebagai lokasi budidaya ikan. Kolam tanah yang siap untuk ternak ikan harus melalui tahapan pembersihan, pengeringan, pengapuran, pengisian air sampai membuat sosog tempat sarang telur ikan gurame.

Penanganan Telur Ikan Gurame

Gurame betina yang sudah bertelur akan mengawasi dan menjaga telurnya. Sarang ikan gurame yang berisi telur bisa Anda pindahkan ke ember yang terisi air bersih. Kemudian bersihkan telur dan pindahkan ke kolam penetasan.

Cara Merawat Bibit Ikan Gurame

Supaya cepat besar, dalam cara ternak ikan gurame mesti Anda perhatikan pemberian pakan berkualitas bagus seperti cacing sutera. Pertumbuhan ikan selain karena makanan juga karena benih ikan yang bermutu.

Dalam waktu tiga hari, telur ikan gurame akan menetas menjadi bibit ikan gurame. Sesudah berumur sebelas hari, benih gurame perlu Anda pindahkan ke kolam pendederan yang berukuran panjang  4,5 meter dan lebar 2,5 meter.

Periode Panen

Masa panen adalah masa penjualan ikan gurame. Pada dasarnya, ikan gurame berumur satu bulan bisa saja Anda jual dan banyak peminatnya. Begitu juga anda bisa menjual ikan gurame ukuran besar.

Untuk sukses budidaya ikan gurame memang tidak mudah. Bisnis ini memerlukan biaya besar. Sehingga untuk mencegah kerugian lebih dalam perlu kemampuan menguasai cara ternak ikan gurame yang baik dan benar. (R11/HR Online)

Editor: Jujang

Aegis Boost Pro