Catokan Rambut yang Bagus, Simak Cara Pilih dan Rekomendasinya

17. Catokan Rambut Yang Bagus, Simak Cara Pilihnya dan Rekomendasinya
Ilustrasi catokan rambut yang bagus. Foto: Ist/ Net

Catokan rambut yang bagus menjadi salah satu alat kecantikan yang sering perempuan miliki. Bagaimana tidak? Ini karena catok memberikan kecantikan dan tatanan rambut yang membuat wanita semakin terlihat anggun dan mempesona.

Tanpa harus pergi ke salon kecantikan, perempuan bisa menata sendiri rambutnya sesuai keinginan dan kebutuhan. Oleh karena itu, perempuan selalu memiliki alat yang satu ini untuk menunjang penampilan sehari-harinya. Dengan harganya yang relatif murah, perempuan bisa mendapatkan tatanan rambut sesuai dengan kebutuhan.

Catokan Rambut yang Bagus

Untuk memiliki catokan, terutama bagi yang pemula, hal terpenting adalah jangan berpaku dengan satu merk saja atau hanya melihat dari harga yang mahal dan murah.

Jangan pula tergantung dengan rekomendasi seseorang saja karena tidak semua jenis catok bisa sesuai dengan kondisi rambut. Oleh sebab itu, perhatikan tips berikut ini sebelum membelinya.

Baca Juga : Ingin Mengepang Rambut Sendiri? Ikuti Cara Ini Agar Gaya dan Unik

Kenali Bahan Catokan

Untuk memiliki catokan rambut yang bagus dan berkualitas, bisa mengenali bahan untuk catokan tersebut. Pada umumnya, bahan catokan terdiri dari keramik, alumunium, titanium, serta tourmaline.

Bahan aluminium biasanya tersedia dengan harga yang lebih ringan, namun potensi untuk kerusakan rambut juga lebih tinggi karena bahan ini termasuk bahan yang mudah menghantarkan panas. Lalu untuk bahan lain memang lebih ramah rambut sehingga memiliki harga yang sedikit lebih mahal.

Sesuai Jenis Rambut

Ketika ingin membeli catok rambut, jangan lupa untuk menyesuaikan dengan jenis rambut dan ini tidak boleh terlewatkan. Untuk yang memiliki rambut gelombang serta normal, bisa memakai catok dengan ukuran lebih sedang.

Hal ini agar dalam satu tarikan, rambut bisa terlihat lurus sehingga rambut tidak perlu terlalu lama terkena paparan suhu panas. Namun jika memiliki rambut yang tebal dan ikal, sebaiknya menggunakan catok yang besar.

Berbeda dengan rambut yang tipis, lebih baik untuk menggunakan catok yang kecil. Hal ini untuk lebih menghindari suhu panas terkena pada kulit kepala. Sehingga menjadi catok rambut yang bagus dan bisa diandalkan.

Tujuan

Untuk membelinya, pertimbangkan tujuan penggunaan catokan rambut. Karena saat ini, sudah ada catok yang tidak hanya untuk meluruskan rambut saja. Namun juga tersedia alat catok yang berguna untuk menghasilkan rambut bergelombang, bahkan keriting.

Baca Juga : Ingin Model Rambut Terbaru yang Modis? Ikuti Cara Ini!

Dengan menentukan tujuannya, maka bisa membeli sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Sehingga bisa menata rambut dengan lebih maksimal, baik untuk rambut lurus maupun gelombang.

Suhu Catokan

Catok berguna untuk meluruskan rambut dengan suhu panasnya. Jika diibaratkan, seperti menyetrika pakaian kusut menjadi lebih rapi. Namun semakin tinggi suhu yang catok hasilkan, tentu potensi kerusakan rambut juga lebih tinggi.

Oleh karena itu, sebaiknya menggunakan catokan yang bisa sesuaikan dengan suhu dan ada pengaturannya. Dengan demikian, bisa sesuaikan dengan suhu yang pas. Nah, jika sudah mengetahui tips memilih catokan rambut yang bagus, maka tentukan pilihan dengan rekomendasi berikut ini.

Nova

Salah satu yang tersedia dengan harga terjangkau ini bisa menjadi solusi rambut rapi dan indah. Menariknya, meski terjangkau, produk ini bisa memiliki dua fungsi, yaitu bisa untuk meluruskan dan membuat gelombang.

Baca Juga : Cara Mengecat Rambut untuk Hasil Optimal dan Tampilan Modis

Bahan ini menggunakan nano ceramics dengan plat sehingga panasnya bisa sampai 200 derajat Celcius. Catokan ini berukuran kecil sehingga mudah untuk dibawa kemana saja.

Philips

Catokan yang berbahan keramik serta keratin ini membuat produk mampu meluruskan rambut dan tentunya aman. Karena hasilnya, setiap helai rambut akan tetap terjaga dan berkilau.

Catok yang sering menjadi rekomendasi karena manfaatnya. Menariknya, produk bisa secara otomatis off jika sudah 60 menit nyala sehingga menjadi salah satu catokan rambut yang bagus dan berkualitas.

Sonar

Catokan dengan plat besar membuat catokan sangat direkomendasi untuk rambut yang tebal. Dengan plat yang besar, tentunya akan membuat rambut yang tercatok semakin banyak. Tentu lebih praktis dan cepat kinerjanya.

Sekaligus memiliki bantalan sehingga hasil catokan seperti blow salon. Dengan adanya pengaturan sampai 5 tingkat, membuat catokan ini terbaik dan bisa sesuaikan dengan kebutuhan maupun keinginan. Untuk itu, tidak perlu takut dengan suhu panas karena bisa turunkan tingkat suhunya. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah