Cek BPOM Kosmetik Hindari Zat Berbahaya, Baik Online dan Manual

Cek BPOM Kosmetik
Ilustrasi Cek BPOM Kosmetik. Foto: Ist/Net

Cek BPOM kosmetik penting dilakukan untuk menghindari produk kosmetik yang berbahaya. Salah satu cara bijak yang sebaiknya anda lakukan sebelum menggunakan produk kosmetik adalah dengan mengecek produk tersebut.

Caranya, anda dapat mengecek apakah produk kosmetik yang akan anda gunakan atau anda beli mempunyai izin edar dari BPOM RI atau tidak.

Hal ini karena dengan adanya nomor registrasi dari BPOM tersebut, maka setidaknya dapat anda pastikan produk kosmetik tersebut aman serta layak edar.

Baca juga: Perawatan Kulit Sensitif Sebaiknya Hindari Kosmetik Kimia

Selain itu, untuk mengecek keasliannya, anda dapat melakukan scan barcode pada produk kosmetik dengan menggunakan smartphone anda.

Cek BPOM Kosmetik

Dalam merawat kecantikan wajah, tentu anda tidak ingin menggunakan sembarangan produk kecantikan ataupun make up. Penting bagi anda untuk mengetahui apakah produk kecantikan yang akan anda beli cukup aman untuk anda gunakan. Saat ini terdapat banyak ribuan produk kecantikan yang beredar di pasaran.

Maka, jangan sampai anda tidak berhati-hati serta tidak mengetahui bagaimana cara cek aman atau tidaknya produk kosmetik tersebut sesuai dengan ketentuan BPOM.

Dalam hal ini, anda bisa saja memilih suatu produk yang justru dapat merusak atau membahayakan kulit anda. Atau bahkan sengaja dibuat atau dipasarkan secara ilegal oleh para pihak yang tidak bertanggung jawab.

Oleh karena itu, untuk terhindar dari produk kosmetik berbahaya atau ilegal, maka penting bagi anda untuk memperhatikan produk kecantikan yang anda gunakan. Pastikan produk tersebut telah teruji serta mempunyai nomor registrasi BPOM.

Pentingnya Cek BPOM Kecantikan

Untuk sebagian besar masyarakat tentu sudah tidak asing lagi dengan anjuran cek nomor registrasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dalam setiap kemasan produk kosmetik.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, mengecek nomor registrasi BPOM dalam sebuah produk kecantikan penting anda lakukan. Hal ini untuk memastikan anda menggunakan produk kosmetik yang aman. Seperti yang telah kita ketahui, salah satu zat berbahaya yang sering ditemukan pada produk kosmetik adalah merkuri.

Baca juga: Wanita Hamil Dilarang Pakai Kosmetik, Bahaya!

Merkuri banyak ditemukan pada beberapa produk pemutih kulit. Zat berbahaya ini terbukti dapat menyebabkan adanya kerusakan ginjal, saraf, hingga merusak otak pada janin apabila produk kosmetik tersebut digunakan oleh para wanita hamil.

Memastikan Keamanan Produk Kosmetik

Hal penting yang perlu anda lakukan dalam mengecek keamanan suatu produk kosmetik ialah dengan memastikan keaslian produk. Produk kecantikan yang asli tentu telah melewati uji kelayakan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia.

Hal ini dapat anda buktikan melalui nomor registrasi dari BPOM yang ada pada kemasan. Hal ini dapat dipastikan produk kosmetik tersebut legal serta aman untuk anda gunakan.

Untuk melacak apakah produk kosmetik anda asli atau palsu, anda dapat langsung melacak nomor registrasi atau merek dagang melalui situs resmi BPOM.

Langkah Cek BPOM Kosmetik Melalui Situs Resmi

Berikut ini beberapa langkah cek BPOM kecantikan pada situs resmi BPOM, antara lain:

Buka Situs cekbpom.pom.go.id

Langkah pertama cek BPOM kosmetik adalah dengan membuka situs cekbpom.pom.go.id. Dengan membuka situs ini, anda dapat melihat data statistik produk yang telah memperoleh persetujuan izin edar BPOM pada halan terdepan atau beranda situs.

Selain produk kecantikan, data statistik juga akan menampilkan produk pangan, seperti suplemen kesehatan dan obat. Namun berdasarkan prosentase yang telah tertera pada data statistik, dapat terlihat bahwa produk kosmetik menjadi produk yang paling banyak beredar di Indonesia.

Cek Berdasarkan Nomor Registrasi

Setelah anda masuk dalam situs cekbpom.pom.go.id, maka akan muncul tulisan “NOMOR REGISTRASI”. Cara cek BPOM apakah nomor registrasi produk kosmetik anda asli atau tidak, maka anda cukup memasukkan kode yang tertera pada kemasan produk. Selanjutnya klik tombol “CARI”.

Baca juga: Produk Lipstik Maybelline untuk Kulit Kuning Langsat yang Rekomended

Jika produk kosmetik anda terdaftar secara legal, maka pada halaman situs akan muncul informasi yang berhubungan dengan produk dan perusahaan yang mengeluarkan.

Selain itu, pada halaman tersebut akan tertera informasi tentang kapan kosmetik yang kamu pakai mulai beredar. Apabila ilegal serta nomor registrasi BPOM palsu, maka kemungkinan besar informasi mengenai produk kosmetik tidak muncul.

Cek Berdasarkan Nama Produk

Selain memasukkan nomor registrasi, anda juga dapat cek BPOM kosmetik berdasarkan nama produk. Caranya hampir sama dengan cek melalui nomor registrasi.

  1. Caranya, klik tanda panah yang terdapat pada kolom di bawah tulisan “Cari Produk”.
  2. Selanjutnya pilih “Nama Produk”.
  3. Berikutnya pada kolom “kata kunci”, maka anda dapat menuliskan nama produk komestik yang akan anda pastikan keasliannya.
  4. Selanjutnya klik “Cari” atau tekan Enter, maka informasi yang berhubungan dengan produk tersebut akan muncul. Langkah yang sama juga dapat anda terapkan dengan menggunakan merk produk kosmetik yang anda gunakan.

Cara Cek BPOM Kosmetik Melalui Aplikasi

Saat ini anda dapat mengunduh aplikasi BPOM pada smartphone yang anda miliki. Aplikasi BPOM berfungsi untuk cek BPOM pada produk kosmetik yang anda gunakan.

Setelah anda berhasil mengunduh aplikasi cek BPOM, anda dapat memilih kategori melalui nama produk atau nomor registrasi yang akan anda masukkan.

Selanjutnya anda dapat masukkan kata kunci dan tekan Enter atau Cari. Jika produk kosmetik anda terdaftar, maka anda dapat melihat hasilnya. Namun jika tidak terdaftar, maka aplikasi akan menunjukkan “Data Tidak Ditemukan”.

Cara Scan Barcode BPOM

Selain dapat mengetahui apakah produk kosmetik anda aman serta layak edar melalui website BPOM, maka anda juga dapat mengetahui hal yang sama dengan cara scan barcode produk melalui aplikasi BPOM mobile.

  1. Cara yang perlu anda lakukan adalah install aplikasi BPOM Mobile dari Google Play Store atau App Store.
  2. Selanjutnya pilih menu “Scan Produk” untuk memindai barcode atau kode QR pada aplikasi BPOM Mobile.
  3. Arahkan kamera pada barcode kosmetik, pastikan pencahayaan kamera anda baik sehingga barcode terlihat jelas.
  4. Klik tombol ikon kamera untuk mengambil gambar barcode atau kode QR. Selanjutnya akan terdapat informasi mengenai produk yang anda beli.

Jika barcode yang anda scan tidak menampilkan informasi, maka dapat anda pastikan produk kosmetik yang anda cek belum terdaftar pada BPOM atau terdapat kesalahan saat melakukan scan barcode.

Cara Melaporkan Pangaduan ke BPOM

Apabila anda menemukan suatu produk kosmetik yang tidak terdaftar pada BPOM, maka anda dapat secara aktif untuk melakukan pelaporan BPOM.

Baca juga: Ingin Make Up Tidak Mudah Luntur? Ikuti Cara Praktis Ini!

Dengan adanya laporan tersebut, maka Badan POM dapat melakukan sidak untuk menarik peredaran produk tersebut dari pasaran.

Atau anda juga dapat langsung melakukan aduan dengan kunjungi situs resmi BPOM. Selanjutnya klik “Pengaduan” dan pilih layanan “Formulir Pengaduan”. Langkah berikutnya akan muncul form aduan yang perlu anda isi secara lebih lengkap.

Tips Memilih Kosmetik yang Aman

Selain cek BPOM kosmetik langsung pada situs BPOM RI, secara keseluruhan BPOM juga meminta cek KLIK sebelum anda membeli produk kosmetik.

KLIK tersebut terdiri dari K: kemasan dalam kondisi baik atau rusak, L: Label mengenai informasi produk yang dapat anda baca secara detail, I: Izin edar untuk memastikan produk mempunyai izin edar, dan K: Kadaluarsa untuk memastikan tanggal produk tidak melebihi masa kadaluwarsa.

Anda dapat memilih kosmetik dengan kemasan yang baik serta belum melewati masa kadaluarsanya. Hal terpenting lainnya, anda juga harus memperhatikan label kemasan.

Anda perlu mengecek komposisi yang terkandung dalam kosmetik serta menghindari bahan-bahan yang berbahaya. Seperti timbal, parabens, ethanolamine, logam nitrosamine, dan 1,4 dioxane. Sebaiknya dalam pemilihan produk kosmetik, anda pilih kosmetik yang terbuat dari sedikit mungkin komposisi.

Hal ini bertujuan untuk dapat lebih mudah dalam memastikan keamanan. Selain itu, pilihlah produk yang tidak mengandung pewangi tambahan, terutama pada produk kosmetik yang khusus untuk kulit sensitif.

Produk kosmetik yang klaim alami dan natural, juga belum tentu merupakan produk kosmetik yang aman, terutama jika tidak mempunyai izin edar dari BPOM. Sebenarnya banyak testimonial yang menyatakan produk tanpa izin BPOM merupakan kosmetik yang bagus.

Namun, sebaiknya anda tidak mudah terpengaruh serta menghindarinya demi menjaga keamanan dan kesehatan kulit anda dalam jangka panjang.

Setelah mengetahui cara cek BPOM kosmetik, maka anda akan lebih mengetahui apakah produk yang anda gunakan aman atau tidak untuk anda gunakan. Jika produk kosmetik tersebut tidak terdaftar, maka anda dapat segera menggantinya dengan berbagai jenis produk legal yang aman untuk kulit anda. (R10/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara