Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaBerita TerbaruCek IP HP Mudah, Mulai dari Penggunaan Aplikasi Hingga Setelan WiFi

Cek IP HP Mudah, Mulai dari Penggunaan Aplikasi Hingga Setelan WiFi

Cek IP HP penting untuk anda pahami atau anda ketahui. Alamat IP atau populer dengan sebutan IP Address adalah informasi yang sangat penting yang terkadang kurang anda perhatikan.

Akan tetapi, IP Address terkadang anda perlukan pada saat sedang mengatur setup yang berhubungan dengan jaringan internet.

IP Address pada umumnya berupa empat kelompok yang terdiri dari 2 hingga 3 angka yang terpisahkan dengan tanda baca titik. Pada jaringan internet rumahan, umumnya perangkat tersebut mempunyai IP Address internal dan eksternal.

Baca Juga : Fungsi GPU pada HP, Ketahui Juga Cara untuk Mengecek Jenisnya

Secara sederhana, IP Address eksternal merupakan alamat IP publik yang dapat anda dihubungi dengan menggunakan perangkat lain yang terdapat pada internet. Sedangkan mengenai IP Address internal menandai lokasi pada jaringan lokal.

Cara Cek IP HP

Masing-masing device yang terhubung dengan jaringan internet tentu mempunyai nama IP Address. IP (Internet Protocol Address) dari masing-masing device berbeda.

Perlu anda ketahui, satu IP Address tidak dapat anda gunakan dalam dua gunakan dalam 2 atau lebih device dalam waktu yang bersamaan.

Akan tetapi, tidak semua penggunanya mengetahui IP Address masing-masing. Seringkali para pengguna tersebut baru menyadari penting IP Address saat adanya kebutuhan yang berhubungan dengan IP tersebut.

Maka dalam hal ini, penting bagi anda untuk mengetahui bagaimana cara cek IP Address pada HP dan segala informasi yang berhubungan dengan IP tersebut.

Baca Juga : Fungsi Restart HP Optimalkan Kinerja Smartphone, Ketahui Caranya

Selain cek IP dengan menggunakan perangkat komputer, anda juga dapat mengetahui IP Adress HP Android yang saat ini anda gunakan. Berikut ini beberapa cara cek IP HP yang dapat anda lakukan dengan mudah, antara lain:

Menggunakan Aplikasi

Cara mengetahui IP Addres Android dengan menggunakan aplikasi ketiga cukup mudah. Yang perlu anda lakukan adalah mendownload aplikasi yang akan anda gunakan untuk mengecek IP tersebut.

Saat ini tersedia banyak aplikasi yang dapat anda gunakan untuk mengecek IP Address pada smartphone. Masing-masing aplikasi memiliki fitur yang berbeda dan kelebihan tersendiri sesuai dengan yang anda butuhkan.

  1. Sebagai contoh anda dapat menggunakan aplikasi IP Tools. Langkah pertama anda perlu instal aplikasi IP Tools pada PlayStore yang selanjutnya dapat anda buka aplikasinya.
  2. Proses berikutnya anda dapat cek pada kolom IP bawaan.
  3. Dalam kolom tersebut akan tertera alamat IP dari ponsel yang anda miliki.
  4. Jika anda menggunakan dua jaringan, WiFi atau Seluler, maka disconnect terlebih dahulu.
  5. Kemudian connectkan lagi satu per satu. Maka anda akan melihat IP akan berubah nantinya.

Menggunakan Website

Cara cek IP HP berikutnya yang dapat anda lakukan adalah dengan menggunakan website seperti pengecekan IP pada perangkat komputer.

Dengan membuka browser, lalu tuliskan “check my IP”, maka akan muncul IP Address yang sedang anda gunakan. Dengan menggunakan cara ini, anda dapat menemukan deretan informasi jaringan internet yang anda gunakan.

Kelebihan lain yang dapat anda peroleh dengan cek IP HP menggunakan browser adalah dapat mengecek lokasi, perangkat (devices) yang anda gunakan, serta ISP atau provider.

Menggunakan Setting WiFi

Cara cek IP Address pada ponsel berikutnya adalah dengan menggunakan Setting WiFi. Cara ini anda gunakan pada saat perangkat HP anda tersambung dengan jaringan WiFi. Selanjutnya akan tertera informasi singkat mengenai koneksi.

Baca Juga : Mengatasi HP Konslet dengan Cara Tepat, Minimalkan Kerusakan Ponsel

Salah satunya termasuk IP Address yang anda peroleh pada perangkat HP. Informasi tersebut dapat anda cek melalui setelan HP Android.

Masing-masing ponsel mungkin memiliki tata letak pengaturan yang sedikit berbeda. Hal ini sesuai dengan merk serta versi Android yang anda gunakan.

  1. Sebagai contoh, cara cek IP HP dengan menggunakan setelan HP atau jaringan WiFi adalah buka setelan HP Android yang anda gunakan.
  2. Lalu buka menu WiFi dan hubungkan HP ke jaringan WiFi.
  3. Langkah berikutnya masuk ke dalam menu pengaturan. Dalam halaman WiFi anda akan memperoleh informasi alamat IP yang sedang anda gunakan.

Perlu anda ingat, cara ini hanya dapat anda gunakan bagi ponsel yang menggunakan jaringan WiFi. Pasalnya, IP WiFi dengan alamat provider seluler memiliki cara pengecekan yang berbeda.

Demikianlah beberapa cara cek IP HP yang dapat anda lakukan secara mudah. Waktu yang anda perlukan dalam menggunakan cara tersebut pun tidak terlalu lama hanya dalam beberapa menit saja. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru