Cemilan Sehat untuk Anak dan Bayi yang Enak dan Bergizi

cemilan sehat untuk anak
Pilihan cemilan sehat untuk anak. Foto: Ist/Net

Cemilan sehat untuk anak dan bayi bisa menjadi solusi praktis untuk para orang tua. Apalagi saat anak sulit makan sayur atau yang kita suruh. Banyak jenis cemilan sehat, seperti buah-buahan, sereal, biskuit, dan lainnya.

Anak-anak dan bayi yang sedang dalam masa pertumbuhan sangat membutuhkan asupan makanan yang bergizi. Baik untuk menguatkan tulang, menjaga kesehatan pencernaan, hingga mengembangkan kecerdasan anak.

Memberikan asupan makanan terbaik pada periode balita alias bawah lima tahun merupakan sangat strategis. Karena itu para orang tua perlu memperhatikan menu makanan yang kita berikan untuk anak-anak.

Ragam Cemilan Sehat untuk Anak dan Bayi

Memberikan asupan makanan yang kaya nutrisi sangat penting untuk tumbuh kembang anak. Namun agar pertumbuhan anak optimal orang tua bisa membuat variasi makanan atau cemilan untuk mereka.

Ada banyak jenis camilan yang bisa Anda bikin sendiri sesuai kebutuhan tubuh anak. Berikut beberapa jenis snack atau cemilan sehat untuk anak yang bisa Anda berikan untuk putra-putri Anda.

Buah-buahan

Makanan terbaik untuk bayi dan anak yang sedang tumbuh adalah buah-buahan segar. Selain sehat, buah juga kaya nutrisi yang menjadi kebutuhan anak. Baik untuk kesehatannya, optimalisasi fungsi gerak, hingga kecerdasannya.

Ada banyak jenis buah yang sangat cocok dan baik untuk anak dan bayi. Seperti buah apel, pisang, stroberi, jeruk lemon, dan lainnya. Variasikan buah yang Anda berikan agar tubuh anak mendapat nutrisi yang lebih lengkap dan beragam.

Begitu juga untuk mencegah anak menjadi bosan terhadap buah tertentu sebaiknya variasikan penyajiannya. Seperti dalam bentuk es buah, jus, smoothy, es krim, dan lainnya.

Sayuran

Makanan dari sayuran juga sangat baik sebagai cemilan sehat untuk anak. Anda bisa mengolah sayuran menjadi aneka makanan atau cemilan yang enak sesuai selera anak-anak.

Sayuran termasuk makanan yang kaya dengan serat yang baik untuk menjaga pencernaan anak. Beragam jenis sayuran bisa anda pilih secara bergantian, seperti tomat, wortel, seledri, kentang, atau brokoli rebus.

Anda perlu mencari berbagai resep membuat cemilan dengan bahan sayuran. Seperti dengan membuat jus sayuran, keripik, atau e krm dengan campuran sayuran. Ada banyak kreasi yang bisa Anda bikin.

Telur Rebus

Alternatif lainnya adalah telur rebus yang juga bisa menjadi cemilan sehat untuk anak dan balita. Telur ayam sangat kaya protein yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan tubuh anak.

Memberikan telur rebus untuk anak mampu memenuhi sekitar sepertiga kebutuhan tubuh anak balita. Selain enak, makanan ini juga bisa Anda berikan saat jalan-jalan bareng anak.

Produk Olahan Susu

Keju, yoghurt, susu segar juga merupakan makanan yang sangat baik untuk anak-anak balita. Anda juga bisa membuat aneka makanan lainnya dari hasil produk olahan susu ini.

Namun akan nutrisi produk susu ini baik untuk anak sebaiknya pilih yang rendah lemak. Hindari juga menambahkan gula kecuali sedikit saja. Anda bisa menyediakan cemilan sehat untuk anak setiap saat.

Mengonsumsi makanan dari susu akan membuat tubuh anak berkembang lebih optimal. Susu dan produk olahannya juga penting untuk menguatkan tulang anak-anak dan membuat anak tumbuh lebih cepat dan sehat.

Oatmeal dan Biskuit

Memilih makanan untuk balita memang penting yang sesuai kesukaan anak. Namun orang tua juga bisa memasukkan bahan tambahan yang bernutrisi untuk memenuhi kebutuhan tubuh anak.

Biskuit termasuk salah satu cemilan sehat untuk anak favorit mereka. Bahkan untuk bayi yang kurang dari satu tahun juga bisa belajar makan sendiri dengan memegang biskuit kesukaan mereka.

Anda juga bisa membuat sendiri biskuit yang kaya nutrisi. Selain itu Anda juga bisa membuat campuran makanan seperti oatmeal dengan menambahkan biskuit yang kaya gizi. Bisa juga Anda menambahkan buah atau sayuran.

Sereal Bayi

Untuk anak Anda yang masih bayi dan mulai membutuhkan makanan tambahan Anda bisa memberikan makanan sereal bayi. Sereal umumnya terbuat dari gandum, namun rendah garam dan rendah gula.

Memberikan sereal untuk bayi selain bisa memberikan energi juga penting untuk melatih pencernaan anak. Anda juga bisa membuatkan sereal dengan bahan dari campuran roti untuk memperkenalkan lidah anak.

Itulah beberapa contoh cemilan sehat untuk anak dan bayi yang bisa Anda berikan. Ada banyak jenis makanan lainnya yang juga bisa Anda siapkan sendiri sesuai kebutuhan anak. Yang penting, variasikan menu camilan ini agar anak tidak bosan. (R11/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara